Senin, 23 Oktober 2017

Merencanakan Kumpul Keluarga Besar di Karimunjawa

Di keluarga ayah mertua ada kebiasaan kumpul sekeluarga besar. Jadi mulai ayah mertua dan saudara-saudara kandungnya, sampai seanak cucu. Dulu katanya agenda ini dilakukan tiap setahun sekali, biasanya pas lebaran. Tapi seiring anak-anak udah pada gede, dan banyak juga yang sudah berumah tangga, kumpul pada saat lebaran tentulah sulit. Anak udah ngga selalu bisa ikut ortu, karena ada kewajiban juga mengunjungi keluarga pasangannya.

Terakhir kali kami kumpul keluarga besar pas ada sepupunya suami nikah di Jakarta. Tapi yaa sebenarnya kurang puas sih kalo agenda kumpul keluarganya disisip-sisipin kaya begitu. Karena kan keluarga yang punya gawe juga sibuk ya.

Kalo kumpul keluarga besar yang benar-benar diagendakan itu terakhir kali, sekitar 6 tahun lalu, di Bandungan. Di Bandungan kami menyewa penginapan selama dua malam, jadi kumpul keluarganya puas. Bisa ngobrol, jalan bareng selama dua hari itu.

Beberapa anggota keluarga sempet mengusulkan sih, kalo mau kumpul keluarga besar lagi, gimana kalo ke Karimun Jawa aja.

Bukit Love Karimunjawa. Pic: wikipedia



Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut. Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias.

Beberapa kali saya lihat teman yang mengunjungi Karimun Jawa dan pamer potonya di instagram. Baguuus banget, Bikin mupeng pengen ke sana.

Padahal yaaa dari SMA saya tinggal di Kudus dan sekarang tinggal di Semarang, dekeeet banget lah itu itungannya kalo mau ke Karimun Jawa, tapi sampai detik ini saya belum pernah menginjakkan kaki ke sana. Paling banter cuma sampai pulau Panjang Jepara aja.

Makanya jadi kepikiran kalo mau mengagendakan kumpul keluarga besar, enaknya ke Karimun Jawa aja.

Baca juga: Touring ke Palm Beach Jepara

Apa Yang Bisa Dilakukan Di Karimun Jawa?

Saya sudah merencanakan untuk liburan di Karimun Jawa selama 3 hari dua malam. Emang mau ngapain aja?

1. Main-main di Pantai. Di Pulau Karimun Jawa ada banyak pantai yang kita kunjungi. Diantaranya pantai Nirwana, Ujung Gelam, Batu Topeng, dan Legon Lele. Kalo selama 3 hari dua malam bisa lah ya ngunjungi dua atau tiga pantai. Pasti bocah-bocah bakal hepi bange diajak main air dan main pasir.

Pantai Ujung Gelam Karimunjawa. Pic: wikipedia


2. Kolam Hiu. Wiii ini sepertinya menantang sekali ya. Kalo mendengar nama hiu, pasti yang ada di bayangan kita adalah hewan laut yang buas dan mengerikan. Tapi jangan kuatir kalau di kolam hiu yang ada di Karimun Jawa, karena hiu-hiunya sudah jinak dan tidak membahayakan, meski berjarak begitu dekat dengan kita. Jadi kita bisa berenang dengan tenang bareng hiu.

3. Trekking di Hutan Mangrove. Pagi hari asik banget nih kayaknya kalo jalan rame-rame menyusuri hutan mangrove. Sekalian olahraga, bakar kalori hihii. Berjalan di hutan mangrove Karimun Jawa, kita akan disuguhi oleh hawa sejuk serta pemandangan laut dari sisi yang berbeda. Waaah indahnya...

Hutan Mangrove Karimunjawa. Pic: wikipedia


4. Snorkeling. Meski jujur saya takut nyelam, tapi tetep pengen deh liat alam bawah laut Karimun Jawa. Konon katanya indah banget, makanya jadi pengen membuktikan


Apa saja yang harus dipersiapkan jika mau ke Karimun Jawa?

Kalau ada rencana kumpul keluarga besar gini, biasanya siapa yang paling dekat dengan tempat tujuan wisata, dialah yang harus survei dan ngurus segala macamnya. Keluarga lainnya yang datang dari jauh tinggal datang dan bayar urunan aja. Jadi ya kemungkinan besar kami yang di Semarang yang bakal ngurusin segala macamnya.

Dari Semarang menuju Karimun Jawa bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat maupun kapal laut. Jika menggunakan kapal ke Karimun Jawa, tarifnya sekitar 130ribu, sementara pesawat menuju Karimun Jawa tarifnya sekitar 400ribu.

Setelah memutuskan mau naik apa, cari tahu dulu jadwal keberangkatan maupun kepulangan degan armada yang kita inginkan, barulah booking hotel di Karimun Jawa.

Booking Hotel di Karimun Jawa via Traveloka

Di Karimunjawa cukup banyak penginapan yang bisa dijadikan pilihan. Saya lihat di Traveloka harganya mulai dari 200ribu/malam sampai yang jutaan juga ada. Tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan kita.

Sudah beberapa tahun ini saya langganan booking hotel maupun tiket pesawat di Traveloka.

Mengapa Traveloka?

1. Lebih Murah. Yes hotel yang dibooking di Traveloka lebih murah. Harga yang dicantumkan di Traveloka merupakan harga final, jadi enak kalo kita mau ngecek-ngecek harga untuk membandngkan (maklum emak-emak). Soalnya pernah kejadian ngecek harga hotel di salah satu situs booking, eh murah banget, langsung booking dong. Begitu melewati proses isi data dan segala macam. Lha kok nambahnya banyak bener dari harga yang dicantumin di awal tadi. Pfiuuh rupanya harga yang tertera belum termasuk pajak dan lain-lainnya. Mau lebih murah lagi? Bookingnya via aplikasi ya. Saya udah cek selisih harga antara aplikasi dan web ada yang lebih dari 50 rb lo selisihnya.

2. Ada poin reward. Di Traveloka ada semacam point reward. Jadi tiap kali booking kita mendapatkan poin yang satu pinnya bernilai Rp100,-. Nantinya poin itu bisa dipakai untuk pesen tiket pesawat atau hotel. Sekarang poin yang sudah saya kumpulkan sebanyak 274. Jadi nilainya Rp.27.400,- Mayanlah ya buat beli gorengan hihi.

Poin rewardku, bentar lagi nambah 😁


3. Ada pilihan paket wisata Traveloka, yang mana jadi lebih murah jika pesan tiket pesawat sekaligus booking hotel. Istilah jual belinya harga grosir gitu kali ya hehe. Saya udah coba cek, harga kamar hotel dan tiket pesawat, kemudian coba booking keduanya sekaligus. eh ternyata bener menghemat sampai ratusan ribu. Lebih praktis, bookingnya cukup sekali untuk pesawat PP dan hotel jadi bayarnya juga sekali aja kan. Selain itu, mayan banget kan selisihnya buat beli perbekalan. Jadi ntar buat sodara di Jakarta akan saya sarankan untuk booking paket tiket hotel Traveloka saja biar lebih murah.

Pesen tiket pesawat sekaligus booking hotel, hemat

4. Pembayaran yang mudah. Banyak pilihan pembayaran di Traveloka, ada kartu kredit, ATM transfer, internet banking, dan bisa juga bayar via Indomaret atau AlfaMart

Nah sekarang saya sudah tahu kisaran biaya yang dibutuhkan untuk kumpul keluarga besar di Karimun Jawa. Tinggal ngabarin sodara-sodara lainnya dan menentukan waktu yang tepat untuk liburan bersama. Ada yang mau ikutan?

16 komentar:

  1. Mupeng juga kesana sekeluarga, semoga bisa tahun.depan aja. Tahun ini gak mungkin krn anak2 sibuk dengan pendidikannya dulu

    BalasHapus
  2. Mupeng nih ke KarJaw, secara skrg udah banyak kemudahan di sana yaaa

    BalasHapus
  3. Aku juga penasaran nih sama karimun Jawa, jangan sampai ntar pas udah gak tinggal dipulau Jawa blm kesampean ke karimun. Mesti diagendakan secepatnya nih kayaknya..

    BalasHapus
  4. Pengen kesana, tapi anak pertama lagi ngadepin un. Dipending dulu deh

    BalasHapus
  5. Trip komplit plit nih, dari rencana, pilihan cara pembayaran sampe opsi destinasi.

    Semoga bisa nyontek kalau kapan2 aku berwisata sekeluarga, syukur2 kalau berjodoh dengan Karimun Jawa juga.

    BalasHapus
  6. Jangan ke Karimunjawa mbak,,, ntar ketagihan lho :p

    BalasHapus
  7. Rencana ke karimun jawa tgl. 27-29 oktober ini batal heuheu

    BalasHapus
  8. Pake Traveloka emang lebih praktis ya. Kayaknya musti dijadiin nih pergi ke Karimunjawa nya

    BalasHapus
  9. Mauuu.. Ke karimun jawaaa...

    BalasHapus
  10. Karimun jawa ini yang terkenal kolam hiunya....pengen kesana,penasaran

    BalasHapus
  11. Aku juga mo pake paket Karimunjawa nya traveloka insyaallah kalo jadi kesana akhir tahun ini.

    BalasHapus
  12. Aku jg blm pernah ke Karimun Jawa... :(

    Semoga acaranya keluarganya jadi ya Mba

    BalasHapus
  13. Ya Allah Karimun Jawa salah satu destinasi traveling impian banget semoga someday bisa ajak keluarga jalan-jalan kesana amin...

    BalasHapus
  14. dija pingin bangeeet ke karimunjawa, Tante
    tapi kata Ibu, nungguin dija agak besar dulu

    padahal kan dija sudah besar yaa

    BalasHapus
  15. Pernah sih ngrencanain ke Karimun Jawa tapi batal karena musim hujan. Hahahaa keluarga cemen kami mah

    BalasHapus