Jumat, 22 September 2017

3 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Family Traveling ke Jakarta

Family traveling ke Jakarta? Hmm terus terang sih saya tidak pernah secara khusus menjadikan Jakarta sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Bukan karena Jakarta tak menarik. Sangat menarik. Banyak tempat yang ingin saya kunjungi di Jakarta. Tapi membayangkan macetnya saya ngga sanggup. Nanti bukannya refreshing yang saya dapat, tapi malah stres. Soalnya saya ini tipikal orang ngga sabaran.

Family traveling naik kereta api ke Jakarta

Biasanya agenda family traveling ke Jakarta ini saya sisipkan kalau saya ada keperluan penting yang mengharuskan mengunjungi kota Jakarta, misalnya kondangan nikah kerabat dekat. Ya masa tiap kami ada hajatan, keluarga Jakarta selalu datang, giliran mereka punya acara kami ngga mau menghadiri, ngga sopan kan.

Tahun lalu ketika ada kerabat dari ibu yang menikahkan anaknya dan mengundang kami, saya lantas membuat planning untuk seklian family traveling. Destinasi yang saya tuju Kidzania. Nah tahun depan sepertinya udah ada agenda mau ke Jakarta lagi nih. Makanya saya lagi cari-cari tempat mana yang menarik dikunjungi di Jakarta, dan ketemulah 3 tempat ini.

1. Dunia Fantasi

Terakhir kali saya ke Dufan, sekitar kelas 2 SD. Waktu itu ada piknik keluarga dari kantor Papa ke Dufan. Terakhir kali sekaligus yang pertamakalinya sih hahaha. Saking lamanya saya sampai udah lupa gmana rasanya, ya hanya potongan-potongan kenangan aja yang tersisa, itupun karena saya sering liat fotonya. Kenapa saya pengen ke Dufan lagi, tentunya buat nyenengin anak-anak lah. Dimana-mana orang tua kalo family traveling pasti yang pertama dipikir anaknya kan.

Dufan punya banyak wahana permainan yang saya rasa pastilah semua anak-anak suka. Ada bianglala, tornado, ontang-anting, arung jeram, kora-kora, dan masih banyak lagi. 

Salah satu wahana di Dufan
Selain menjadi pusat hiburan outdoor, Dufan juga merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia yang mengajak pengunjuk Fantasi Keliling Dunia, melalui wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 9 kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila dan Fantasy Lights.

Pada tahun 2013, Dufan menambah satu kawasan lagi yaitu kawasan dalam ruang (Indoor Dufan) yang dilengkapi dengan wahana Ice Age dan Kontiki & pada tahun 2014 dan tahun 2015 dufan menambahkan wahana hello kitty adventure dan Dufan Glow. Waah pasti udah banyak perubahan lah, dari jaman saya SD ke sana dulu.


Untuk harga resmi tiket masuk terusaan Dufan 2017 terbaru, weekday Rp.200.000 sementara weekend Rp.295.000. Tapi kita bisa dapat tiket dufan promo dengan harga lebih murah di beberapa tempat penjualan online, misalnya Tokopedia.

2. Sea World

Sea World lokasinya masih jadi satu dengan Dufan yaitu di Ancol. SeaWorld Ancol merupakan sebuah kawasan yang memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut.  Berisi berbagai macam akuarium, lorong Antasena (lorong bawah air), perpustakaan, museum, terapi ikan dokter, glow theatre, komputer edukatif layar sentuh berisi informasi berbagai spesies di Seaworld dan bermacam fasilitas pelengkap untuk pengunjung seperti tempat makan, toko suvenir, dan ruang serba guna.

SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

Seaword. Pic: detikNews
Anak-anak pasti seneng banget bisa melihat hewan laut dnegan lebih dekat. Soalnya mereka kan belum berani nyelam, jadi kalo pengen bisa lihat biota laut secara nyata dan lebih dekat ya Seaworld ini tempatnya.

Tiket mausk Seaworld, weekday Rp.85.000,- sementara weekend agak lebih mahal yaitu Rp.100.000,-

3. Kidzania

Tahun lalu saya sekeluarga memang sudah mengunjungi Kidzania. Tapi belum puas, soalnya ada beberapa peran yang belum bisa dimainkan Thifa karena tingginya kurang. Thifa juga udah ribut aja bilang pngen ke Kidzania lagi. Jadi kalo memang bisa libur agak lamaan, selain ke Dufan, saya juga pengen family traveling dengan mengunjungi Kidzania lagi.

Mau bikin donat di Kidzania

KidZania Jakarta merupakan ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi.

Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.

Untuk yang mau melakukan family traveling ke Jakarta ada beberapa tips supaya liburannya menyenangkan:

Pertama untuk penginapan, jika memungkinkan cari yang lebih dekat dengan tempat tujuan wisata. Soalnya kalo kejauhan, udah gtu terjebak macet lagi, pasti udah lelah duluan sebelum ke tempat tujuan wisata, apalagi bawa anak-anak. Kalo tidak memungkinkan, jauh hari sebelum berangkat suda dupikirkan dan diperhitungkan baik-baik moda transportasi yang paling nyaman menuju ke lokasi.

Kedua bawa perbekalan, setidaknya buat di jalan. Siapa tahu terjebak macet, kita ngga bete-bete amat. Selain perbekalan makanan, bawa juga sesuatu yang mungkin bisa mengatasi kejenuhan selama di jalan. Anak-anak biasanya rewel dan bosan kan kalo lama di perjalanan. Kalo anak-anak saya sih biasanya mengatasi kejenuhan dengan bermain game. Ada baiknya juga punya saldo di Google Play jadi kalo jenuh dengan yang gratisan bisa mengunduh game yang berbayar. Untuk mengisi saldo Google Play bisa dengan cara membeli voucher Google Play.

Ketiga, lakukan family traveling pada saat weekday. Selain lebih murah tiket masuk tempat wisata, juga biasanya tidak seramai pada saat week end, jadi kita bisa leluasa mencoba wahana yang ada.

Itu dari 3 tempat yang wajib dikunjungi saat family traveling ke Jakarta, versi saya. Kamu mau nambahin tempat lain yang rekomended dikunjungi di Jakarta?

26 komentar:

  1. Hohoho.. Pilihannya jitu banget nih. Ketiganya adalah destinasi impian sekeluarga tapi blm sempat ke sana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa caribyang disukai bocah2 😊😊

      Hapus
  2. sea world itu memang must visit ya mbak...aku juga males macetnya mbak kalau ke jakarta iya bener kalau pas kondangan aja ke jakarta

    BalasHapus
  3. Contekan keren buat yg was-was dengan macetnya Jakarta nih..
    Bekal buat sewaktu-waktu transit Halim lagi, bisa kabur bentar numpang foto ke Masjid At Tin di Kompleks TMII ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket yah Halim ma TMII. Kalo transit cuma beberapa jam di Jakarta aku ga berani ke mana2 takut macet pas baliknya.

      Hapus
  4. Udah lamaaa banget gak ke Dufan.. Jadi pingin pas baca tulisan ini mba.. :D SeaWorld dan Kidzania seru juga apalagi buat anak-anak yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga, udah 20 tahun lebih ga ke Dufan 😭😭

      Hapus
  5. Kebetulan bulan depan rencana mau jalan2 ke jakarta. Terima kasih infonya. Saya tertarik ke seaworld dan kidzania.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiik, dufan juga seru lo mba kayaknya

      Hapus
  6. Asyik niih bisa piknik sekeluargaa...

    BalasHapus
  7. Aku ga pernah ngebayangin gimana liburan ke Jakarta deh :D pikirku apa bisa se-seru itu ya klo liburan ke Jekardah? Mau ke tempat wisata macet, mau pulang macet lagi. Bukannya refresh malah stress hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makanya kalo udah di jakarta manfaatin sekalian buat liburan hehe.

      Hapus
  8. ini semua tempat tempat yang ngangenin ya mbaa.. kapan2 kopdar gandjel rel kedufan yuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaa iya moga gandjel rel diundang family gathering ke dufan 😂😂

      Hapus
  9. Dari ketiganya salah utamain Sea World. Berasa di dunia lain pas lihat ikan ini itu

    BalasHapus
  10. Aku blm pernah ke Jakarta. Emang kalau liburan kudu pas2 sin hari dan nyari promo biar dapat potongan harga. Kan lumaya tuh

    BalasHapus
  11. Baru ka' satu kali ke Jakarta kodong seumur hidup, Kak. Waktu acara yang tempo hari itu ji haha. Waktu itu cuma sempat ke Monas sama Kota Tua. Yah lumayanlah sehari bisa dapat dua dan gratis haha. Dufan sama Sea World di TV ji kuliat iklannya waktu SD tapi nda pernah pa' pergi haha. Nanti pi deh, ada pi anakku baru kubawa ke sana.

    (((ada pi anakku)))

    BalasHapus
  12. itu tempat-tempat seru semuaaa mbaaa...aku pun jadi kangen

    BalasHapus
  13. Ke dufan saat sd dulu, ke seaworld saat smp, belum pernah ke kidznania

    BalasHapus
  14. Pengen banget bawa anak2 ke kidzania mak

    BalasHapus
  15. ketiganya belum aku datangi, cuma sekali saja pernah kejakarta , itupun di uhamka dan di monas setelah itu pulang lagi wkwkkw

    BalasHapus
  16. hiks... dija belom pernah ke jakarta

    BalasHapus
  17. Halo mbak Rahmi pa kabar? Wah aku alhamdulillaah sudah pernah berkunjung ke tempat2 yg disebutkan oleh mbak. Nah kalau Kidzania sih sebaiknya orang berumur/ lansia kudu wanti2, paling duduk manis makan2 di restoran, karena pengalamanku orang lansia kecapean bingits loh hehehe tks ya.

    BalasHapus