Sabtu, 26 Agustus 2017

Alhamdulillah Menang Lomba Komik On The Spot LINE Creativate 2017

Assalamualaikum, halo teman-teman, hari Minggu 20 Agustus 2017 kemarin saya dan suami menghadiri roadshow LINE Creativate 2017 bersama Bekraf.

Alhamdulillah kali ini Semarang juga kebagian disambangi sama roadshow LINE Creativate, tahun lalu pernah juga ikut hadir tapi di Jogja. Pas kebetulan lagi ada acara di sana jadi sekalian saja.

Dalam roadshow kemarin, LINE mengumumkan tentang dibukanya dibukanya kompetisi LINE Creativate 2017 dengan total hadiah 350 juta rupiah.



Kompetisi #UnjukKreasiLokalmu

Di sini, kamu bisa menujukan sesuatu yang “Indonesia Banget”, yang telah menjadi semacam budaya dan kearifan lokal Indonesia. Beberapa contohnya seperti kuliner, kebudayaan, produk lokal, seni grafis, sampai tari-tarian bisa kamu ceritakan ke dalam post foto atau video di Instagram menggunakan tagar #UnjukKreasiLokalmu

Hadiah:

Juara 1 : Tiket Garuda Indonesia ke Raja Ampat (PP) untuk 2 orang + Akomodasi selama 3 hari 2 malam
Juara 2 : Tiket Garuda Indonesia ke Labuan Bajo (PP) untuk 2 orang + Akomodasi selama 3 hari 2 malam
Juara 3 : Tiket Garuda Indonesia ke Belitung (PP) untuk 2 orang + Akomodasi selama 3 hari 2 malam

Kompetisi LINE Sticker

Konsep LINE Sticker kali ini adalah “Muatan Lokal.” Tentunya setiap sticker yang dibuat harus menonjolkan tentang ragam kebudayaan masyarakat Indonesia dan juga semua yang berkaitan dengan konten lokal. Total hadiah mencapai 100 juta rupiah!

Hadiah:
Juara 1 : Rp. 50,000,000
Juara 2 : Rp. 30,000,000
Juara 3 : Rp. 20,000,000
Kompetisi LINE WEBTOON

Kompetisi ini mengajak para komikus kreatif untuk membuat komik menarik bertemakan “Hari Berarti.” Dalam tema ini, cerita yang harus diangkat adalah tentang kejadian penting di hari tersebut, dan menjadi poin utama dari keseluruhan cerita.

Hadiah:

Juara 1: Rp 30.000.000 + Dipublikasikan dalam serial kompilasi di Official Webtoon
Juara 2: Rp 20.000.000 + Dipublikasikan dalam serial kompilasi di Official Webtoon
Juara 3: Rp 10.000.000 + Dipublikasikan dalam serial kompilasi di Official Webtoon
Top 7: @ Rp 5.000.000 + Dipublikasikan dalam serial kompilasi di Official Webtoon

Kompetisi LINE Chatbot

Di sini, adalah kompetisi untuk pengembang Chatbot di LINE menggunakan Messaging API. Kategori yang dilombakan ada dua, yaitu Game dan Utilitas. Mengangkat tema “Indonesia Banget,” tentunya pemenang dari Chatbot ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah secara nasional dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Hadiah:
Juara I
Utilitas: Rp. 30,000,000
Game: Rp. 30,000,000
Juara II
Utilitas: Rp 20,000,000
Game: Rp 20,000,000
Juara III
Utilitas: Rp. 10,000,000
Game: Rp. 10,000,000
Top 50:
2000 Dicoding Points

Info lebih lengkap bisa cek di linecreativate.com


Acara ini didukung juga oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang pada kesempatan ini mengedukasi tentang pentingnya mendaftarkan merk atau produk kita sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Bagi yang mau mendaftarkan HAKI untuk produknya pada hari itu juga digratiskan lho.

Selain pihak LINE dan Bekraf hadir juga dalam acara ini Anggoro Ilhank pemenang lomba LINE Webtoon Tahun lalu dengan komiknya berjudul "Pak Guru Inyong".

Anggoro menceritakan bagaimana proses kreatif membuat komik Pak Guru Inyong dan mengapa karyanya tersebut bisa menang dalam kompetisi LINE Webtoon. Serta memberi tips-tips bagi kita yang mau ikut kompetisi kali ini.

Selain itu acara kemarin banyak kuis-kuisnya, MC nya juga kocak. Salah satu kuisnya, banyak-banyakan temen LINE, saya ngacung dong, temen LINE saya 1400 lebih, eh ternyata ngga ada yang lebih banyak dari saya. Wah ternyata saya gaul juga ya hahaha. Dapat deh, boneka brown kecil.

Saya bilang ke MC nya, anak saya dua lho, masa boneka cuma satu, hihihi, ngarep belas kasihan biar dikasih lagi ternyata ngga boleh. Eh Alhamdulillah malah saya dan suami menang lomba komik on the spot.


Jadi ceritanya sebelum break makan siang, diumumkan adanya lomba webtoon dan lomba stiker on the spot. Untuk webtoon temanya hari berarti, sementara sticker temanya muatan lokal. Suami asalnya ngga mau ikutan lombanya, tapi saya bilang ikut ajalah buat rame-rame. Udah yang terlintas di kepala aja deh apa, ngga perlu bingung-bingung cari cerita lagi. Dalam membuat komik seperti biasa saya bikin secara team dengan suami, saya bagian ide cerita, suami visualnya. Kami buat selama sekitar setengah jam lah.

Juara satu dan dua mendapat hadiah travel grant untuk menghadiri puncak acara LINE creative di Jakarta. Jadi disediakan transportasi dan akomodasinya, plus boneka karakter LINE, juara tiganya dapet boneka aja. Alhamdulillah kami nyantol di juara pertama.


Komik yang kami buat

Acara road show LINE Creativate 2017 di Semarang ditutup, dan masih disediakan waktu bagi yang mau mendaftarkan karyanya untuk mendapatkan HAKI. Sayapun tidak melewatkan kesempatan untuk mendaftarkan karakter komik Mak Irits.

Nah sekarang tinggal cari ide buat ikutan lomba LINE Creativate, pengennya sih ikut lomba webtoon dan sticker, kalo kamu udah kepikiran mau ikut lomba apa?


8 komentar:

  1. Wiih, selamat mbak! Kompak bener yaa hehee

    BalasHapus
  2. wah keren, selamat yaa mak irit hihi

    BalasHapus
  3. Selamat ya mak. Keren banget 💞

    BalasHapus
  4. Jadi puncak acara Line Creativate-nya kapan, Mbak? Nanti cerita-cerita ya di Jakarta ngapain aja :)

    BalasHapus
  5. Waah Selamat Mbak. Mak Irit bisa membawa hadiah juara pertama ke Jakarta.

    BalasHapus
  6. Ih, masih nggak mau ngaku bisa bikin komik ya mak, kzl deh wkwk.. selamat ya mak

    BalasHapus
  7. Wah pinter gambar nih Mbaknya #emangdaridulu ^^

    BalasHapus