Jumat, 30 Juni 2017

Prive Uri-cran: Nikmat Beribadah di Bulan Ramadhan Tanpa Anyang-anyangan

Bulan Ramadhan nanti aku pengen rajin tarawih, tadarus, nambah hapalan Al-Quran

Yes, tiap kali bulan Ramadhan datang tiap kali itu pula saya punya target mau apa di bulan Ramadhan ini. Ya meski berdasar pengalaman yang lalu-lalu, hasil selalu jauuuh dari target yang ditentukan. Merasa kurang maksimal dalam beribadah dan tidak bisa menepati apa yang sudah direncanaan, tapi tak apalah, saya merasa mempunyai target tetap perlu. Punya target saja melenceng jauh apalagi kalo tidak punya target kan. Pelan-pelan, saya pengen selalu bisa lebih baik dari tahun-ke tahun dalam memenuhi target itu.

Kenapa sih kok selalu target tak terpenuhi? Ya gangguannya macem-macem mulai dari rasa malas, godaan gadget, sampai gangguan kesehatan seperti anyang-anyangan yang dapat menganggu kenikmatan beribadah selama bulan Ramadhan.

Jaman masih kuliah dulu saya pernah terkena anyang-anyangan, yaitu semacam perasaaan ingin buang air kecil (BAK) terus. Tiap kali BAK, urine yang keluar hanya sedikit, jadi BAK nya berasa ngga tuntas. Pada kondisi yang lebih parah, anyang-anyangan ini bisa menimbulkan rasa sakit buang air kecil, urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah, sampai demam.


Parahnya anyang-anyangan yang saya alamai ketika itu datang pada saat bulan Ramadhan. Saat itu saya sudah bertekad pengen rajin datang ke masjid untuk sholat tarawih. Alhamdulillah di dekat kos ada masjid, cuma ynag membuat saya ngga nyaman ya anyang-anyangan itu tadi.
Apalagi jamaah perempuan menempati bagian atas masjid. Kebayang dong, lagi sholat tiba-tiba rasa ingin pipis datang. Saya harus bolak-balik naik turun tangga melewati jamaah yag lain untuk menuju kamar mandi. Ughhh ngga nyaman banget.

Waktu itu saya kurang info juga mengenai anyang-anyangan, pikir saya udahlah dibanyakin minum air putih aja terutama sebelum ke kamar mandi, supaya buang air kecilnya lancar, ngga terasa pengen pipis terus.

Saya ngga tahu, kalo anyang-anyangan merupakan salah satu gejala awal dari infeksi saluran kemih (ISK) yang jika dibiarkan berlarut-larut tanpa diobati, bisa menimbulkan komplikasi yang tergolong serius, misalnya gangguan pada ginjal dan sepsis, naudzubillahimindzaliik.

Jaman belum nikah kan semuanya serba digantungkan ke orang tua ya, sakit tinggal ngeluh ke orang tua mereka yang akan cari cara untuk ngobati. Kita mah santai-santai aja. Sekarang Alhamdulillah saya sudah lebih sadar kesehatan. Karena menyadari saat ini bukan hanya kesehatan saya yang harus dijaga, melainkan juga kesehatan anak-anak, suami, dan orang tua.

Saya ngga mau kejadian anyang-anyangan itu datang lagi, atau menimpa anggota keluarga yang lain. Karena asli rasanya ngga nyaman banget.

PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi kalo anyang-anyangan merupakan salah satu gejala dari infeksi saluran kemih (ISK). Siapapun bisa terkena infeksi saluran kemih. Baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Laki-laki maupun perempuan. Namun, dibanding pria, wanita lebih rentan terkena ISK.

Penyebab sakit saat buang air kecil dan anyang-anyangan ini ternyata dekat sekali dengan kehidupan keseharian kita yaitu:

  • Toilet yang tidak bersih. Toilet rumah sendiri sih InsyaAlloh terjaga kebersihannya ya, gimana dengan toilet umum saat kita bepergian? Siapa yang menjamin kalo toilet tersebut bebas kuman. Sementara ada ribuan bahkan jutaan orang yang sudah menggunakannya? Saya sih berusaha meminimalisir resiko dengan menyiram dulu toilet sebelum hendak menggunakannya, tidak bersentuhan kulit dengan kloset, jadi meski toilet duduk saya tetap jongkok. 
  • Air untuk membasuh yang tidak bersih. Nah ini juga rentan di toilet yang digunakan oleh banyak orang yang ntah siapa. Seklapun air yang mengalir dari kran bersih namun karena toilet menjadi sarang kuman, kumannya bisa berpindah ke air. Saya meminimalsir resiko dengan menggunakan air yang langsung mengalir dari kran. Saya tidak mau menggunakan air yang ada di dalam ember, kecuali hanya untuk menyiram toilet. 
  • Sering menahan buang air kecil. Seringkali saat sedang asyik dengan sesuatu kita malas diinterupsi rasa ingin pipis. Akhirnya ditahan sampai apa yang kita kerjakan selesai. Apalagi anak-anak nih yang belum tahu bahayanya. Karena asik main, bisa dari pagi sampai menjelang sore ngga BAK sama sekali. Kita sebagai ortu yangv harus rajin mengajak ke kamar mandi. Meski katanya ngga terasa BAK, kalo saya sih tetep saya paksa jongkok, coba dulu, nanti kalo ngga keluar yaudah gapapa. Ternyata keluar juga, banyak, tuh terbukti kan anak-anak suka nahan-nahan BAK. Harus perhatian ya bapak, ibu!
  • Arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar. Siapa yang kalo membasuh kemaluan habis BAB, mulai dari belakang lalu ke depan? Saya dulu begitu, karena gayungnya dari depan, membasuhnya ynag paling gampang ya begitu. Padahal itu salah besar lo. Karena dengan begitu bakteri e-coli yang ada dalam tinja bisa lalu menempel pada vagina lantas masuk dan menempel pada dinding saluran kemih/saluran kencing. Cara yang seharusnya adalah, dari depan ke belakang, atau bersihkan yang bagian depan dulu, nanti setelah itu baru bagian belakang tempat keluarnya tinja. Jangan sampai salah ya! 

Bagaimana jika sudah terkena anyang-anyangan?

Apakah air putih saja cukup untuk mengobati? Minum air putih mungkin cukup membantu namun ternyata tidak bisa menyelesaikan masalah dengan tuntas. Mium air putih juga tidak dapat mencegah anyang-anyangan datang lagi. Saya beruntung aja, waktu itu anyang-anyangan belum begitu parah jadi digelontorin air putih akhirnya bisa sembuh juga dalam jangka waktu beberapa hari.

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, untuk mengobati anyang-anyangan kita juga disarankan mengkonsumsi jus buah CRANBERRY. Buah cranberry sudah lama diteliti dan digunakan di Amerika, efektif mencegah infeksi saluran kemih, karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih



TENTANG BUAH CRANBERRY

Cranberry merupakan buah yang dijadikan sebagai pelengkap hidangan di hari-hari perayaan tertentu di Amerika. Biasanya digunakan dalam beragam saus, pai dan jus. Banyak juga yang menjadikannya hidangan bersama selada dan dimakan kering sebagai camilan. Buah ini mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, lutein, folate, potassium magnesium, dan anti oksidan yang tinggi yang disebut proantocyanidin.

Dari sejak jaman dahulu, cranberry sudah digunakan untuk berbagai macam pengobatan. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Sekarang ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Sayangnya, di Indonesia, buah cranberry dalam keadaan segar jarang ditemui karena pengemasan dan pengepakannya melalui impor negara lain. Sekalipun ada, harganya lumayan mahal.

Untungnya sekarang ada PRIVE URI-CRAN dengan kandungan ekstrak buah Cranberry. Dapat mengatasi Anyang-anyangan yang merupakan gejala awal Infeksi Saluran Kemih dan mencegah Anyang-anyangan yang berulang.



Saya sendiri sudah coba mengkonsumsi Prive Uri-cran, meski saat ini sedang dalam kondisi yang insyaAlloh sehat, tidak terkena anyang-anyangan. Karena uri-cran ini bukan obat melainkan suplemen makanan yang fungsinya selain mengatasai anyang-anyangan dan mencegah infeksi saluran kemih, juga membantu memelihara kesehatan secara umum.

KENAPA PRIVE URI-CRAN?

1. Praktis. Prive uri-cran tersedia dalam bentuk kapsul maupun powder sachet yang praktis, mudah dibawa dan diminum kapan saja, dimana saja.

2. Mengandung ekstrak buah cranberry, yang selain mencegah infeksi saluran kemih, mengatasi susah buang air kecil, dan anyang-anyangan, juga menjaga kesehatan tubuh. Bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Terpercaya. Prive Uri-Cran diproduksi oleh Combiphar, yang merupakan perusahaan produsen obat-obatan Indonesia. Didirikan pada tahun 1971 dan saat ini telah memproduksi serta memasarkan sekitar 200 merek obat-obatan resep dan bebas, salah satunya obat batuk hitam OBH Combi. Selain pengobatan kuratif, Combiphar juga fokus pada pengembangan pengobatan kesehatan preventif. salah satunya prive uri-cran ini.

4. Rasanya enak. Rasa dari minuman kesehatan prive uri-cran ini enak, kecut-kecut segar. Dan ternyata anak-anak saya pun suka.

minum uricran

InsyaAlloh dengan Prive Uri-Cran tidak ada lagi anyang-anyangan datang menyerang. jadi lebih nikmat beribadah di bulan Ramadhan tanpa anyang-anyangan.

4 komentar:

  1. Nek dinyang ndang dikekke mbak... hihihi...

    BalasHapus
  2. Banyak minum biar gak kena anyang-anyangan

    BalasHapus
  3. anyang-anyangan tuh memang bikin sengsara bangeeet yaaah..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillaah ya zaman sekarang ada multivitamin uricran ini jadi ga perlu khawatir kalau anyang-anyangan. Mesti banyak minum air mineral dan ga boleh nahan pipis nih.

    BalasHapus