Rabu, 24 Mei 2017

Masa Tua Bebas Gerak Demi Impian Keliling Dunia

“Ibu di bawah aja ya, ngga ke atas,” kata ibu mertua saat bertandang ke rumah saya yang berlantai dua.

Anak-anak tampak kecewa, karena mereka lebih suka mainan di lantai atas yang ada AC nya.

“Lutut nenek sakit, ngga kuat naik tangga.”

Ibu mertua memang sudah cukup lama merasakan nyeri sendi di lututnya. Rasa nyeri itu timbul tenggelam sih. Kadang kumat kadang juga ngga. Waktu diperiksakan ke dokter katanya ada pengapuran. Menurut literatur yang pernah saya baca, pengapuran merupakan tumbuhnya tulang baru pada permukaan sendi yang sudah aus, yang merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk menjadikan sendi kembali stabil. Tapi ini justru membuat sendi menjadi kaku.




Senangnya kalo di hari tua bisa bebas bergerak, bergembira bersama anak cucu 
Bukan hanya ibu mertua, Papa saya juga ternyata kerap kali merasakan kaku dan nyeri pada tulang. Perkiraan saya sih karena penyakit asam uratnya. Saya ingat banget dulu waktu Papa menjelang pensiun dan dinas di Semarang, ngekos sendirian, sementara ibu tinggal di Kudus bersama mbah. Saya dapat kabar kalo lutut papa sakit, sampai sholat aja bisanya sambil duduk. Duuh sediiih banget. Saya yang waktu itu masih tinggal di Makassar jadi kepikiran banget. Sekarang Alhamdulillah udah ngga separah dulu, kadang-kadang aja terasanya. Sehat-sehat ya Pa...

Sejak itu saya cukup sering mencari info tentang nyeri sendi, penyebab, pengobatan, maupun pencegahannya. Selain buat orang tua, tapi buat saya sendiri juga. Saya ingin di usia tua nanti saya tetep bebas gerak tanpa kaku. Bisa bebas main sama cucu, selain itu, saya dan suami punya impian, nanti kalo anak-anak sudah besar, sudah berumah tangga gitu, kami pengen jalan-jalan keliling dunia berdua. Ya kan daripada kesepian di rumah ngelangut berdua, kalo misal anak-anak udah punya tempat tinggal masing-masing*duh berasa nenek-nenek deh hihii.

Gangguan tulang rawan sendi biasanya dialami oleh manula, tapi semakin berkembangnya waktu penipisan tulang rawan sendi disebut-sebut mulai dialami oleh sebagian masyarakat yang memasuki usia 40an. Syerem yaaa..

Bagi yang belum kena kaya saya ini penting banget melakukan upaya pencegahan agar penyakit sendi tidak menghampiri.

Untuk tahu bagaimana mencegah tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa yang menimbulkan penyakit nyeri sendi ini sendiri. Ada banyak sih penyebabnya diantaranya penyakit asam urat, patah tulang, dan peyakit Osgood-Schlatter.

Nyeri di bagian sendi lutut


Nah kalo sudah tahu, kita bisa menghindari faktor-faktor pencetusnya. Misal karena salah satu penyebab nyeri sendi adalah asam urat, maka kita harus menghindari makanan pencetus asam urat, seperti jeroan, makanan laut, dan daging merah. Selain itu juga dianjurkan untuk olahraga teratur agar sendi tetap sehat dan tidak mengalami penurunan fungsi. Disarankan minum air putih yang cukup. Karena sendi akan berfungsi dengan baik apabila tubuh tidak dehidrasi. Menjaga berat badan ideal juga penting, supaya sendi dan tulang tidak terlalu berat menopang berat tubuh. Dan satu lagi, memastikan tubuh mendapatkan cukup zat glukosamin.

Glukosamin merupakan senyawa penting yang digunakan untuk membangun sendi. Glukosamin sebenarnya bisa ditemukan alami dalam tubuh. Tapi terkadang tubuh kita juga dapat mengalami kendala dalam memproduksi glukosamin yang cukup. Oleh karenanya, kita juga perlu memperoleh suplay glukosamin melalui  suplemen.  Salah satu suplemen untuk sendi yang bisa dengan mudah kita temukan di pasaran adalah Viostin DS. Viostin DS mengandung glukosamin 500mg dan kondroitin 400mg yang menstimulasi pembentukan tulang rawan sendi juga dapat mengatasi kaku dan nyeri sendi akibat penipisan/rusaknya tulang rawan sendi (Osteoarthritis).




Mengapa Viostin DS?

  1. Recommended. Beberapa teman yang sudah menggunakan suplemen ini baik untuk diri sendiri ataupun orang tua, merekomendasikan Visotin DS. Pengalaman teman yang Ayahnya yang berusia 60 tahun mengalami gangguan sendi dan mengkonsumsi Viostin DS, dalam jangka waktu dua bulan rasa sakit di sendinya berangsur-angsur menghilang. 
  2. Viostin DS dengan double strength alias kekuatan ganda mengandung kombinasi Glukosamin dan Kondroitin LEBIH BESAR daripada sumplemen sejenis pada umumnya, sehingga LEBIH CEPAT dan EFEKTIF dalam menstimulasi pembentukan tulang rawan sendi.
  3. Viostin DS aman di konsumsi bahkan untuk penderita diabetes, karena tidak meningkatkan kadar gula darah dan resistensi insulin. Teman saya yang orang tuanya mengkonsumsi Viostin DS juga mempunyai penyakit diabetes. Alhamdulillah aman. Wah jadi semakin yakin kan sama Viostin DS. Kamu itu ibarat Nutrisi yang selalu ngisi sendi-sendi tulang aku. #NutrisiTulangRawanSendi.

Selain untuk pengobatan nyeri sendi, Viostin DS juga bisa digunakan untuk pencegahan lho, bagi kamu yang berusia 35 tahun ke atas. Ingat kan pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk pencegahan minumnya cukup 1 kaplet sehari, sementara untuk pengobatan 2-3 kali 1 kaplet perhari. Dikonsumsi dalam jangka pendek saja ya teman-teman, tidak lebih dari tiga bulan berturut-turut. Setelah itu kalau mau mengonsumsi lagi harus ada jedanya. Untuk lebih amannya sih konsultasi dulu dengan dokter.





Viostin DS banyak dijual di apotik atau buat yang malas pergi ke apotik, Viostin DS dapat diorder secara online melalui solusisendi.com. Di sana suka ada diskon lho!

Semoga tulang dan sendi kita senantiasa sehat ya teman-teman supaya bebas gerak sampai tua dan tetap bahagia. Aamiin.


86 komentar:

  1. Ya, beberapa kali saya juga melihat kalau sesepuh di keluarga saya udah cukup sulit naik turun tangga. Dan biasanya gak bisa duduk lesehan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lututnya sakit buat nekuk2 😢😢

      Hapus
  2. Aku dah persiapan masa tua nih. Ogah duduk2 dirumah aja. Kudu beredar terus. Hahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa iya duduk2 di rumah malah bikin pegel yo mak 😁😁

      Hapus
  3. Sehat-sehat selalu ya ibu dan Papa. Eh btw, jangankan mereka, aku pun kudu mulai siap selalu Viostin DS nih di rumah. Masuk 40 tahun ini ternyata udah ada keluhan nyeri lutut. Huhuhu... Sakit banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sekarang udah banyak yg di bawah 40 kena nyeri sendi ya 😓

      Hapus
  4. Suamiku minum viostin ds mak. Dulu pernah ceder lutut dan klo kecapekan suka kambuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah banyak yg konsumsi ya ternyata

      Hapus
  5. Mau ngak mau otot dan sendi menua seiiring umur, untung ada viostin yg bisa melumas sendi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa pengen tetep bebas bergerak smpai tua 😊😊

      Hapus
  6. Waduh, aku malah ingetin sama lututku, Mbak. Jangan2 emang kena asam urat. Yang pasti ini ku rasakan setelah ikutan KB. Kalau capek jalan gitu, malemnya langsung cekut2, sakite puol. Ini viostin berarti bisa ku minum ya? Nggak harus nunggu usia 35 tahun ke atas kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang Viostin DS katanya sih buat 35 ke atas. DI bawah itu mungkin Viostin Com, tapi tanyain duu aja ke dokter atau apotekernya.

      Hapus
    2. Asam urat biasanya bukan penyebab nyeri pada orang berumur di bawah 50 tahun ya.

      Hapus
  7. Iya keluhan radang sendi ternyata ngga hanya pada orangtua tapi sekarang yang mudaan juga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa jadi parno. Moga kita sehat terus yaaa

      Hapus
  8. Saya pernah merasakan sekali mbak, rasanya menusuk2 banget

    BalasHapus
  9. Aku aja usia 35 mau 36, suamiku 37 mau 38, piknik terus2an kaya seminggu ini, yogya, semarang, sukorejo, kopeng langsung pegal2 dan oles2 krim pereda nyeri dan minum analgetik 😁

    BalasHapus
  10. Dan aku merasa aku sudah berumur karene sering pegel-pegel mba ._. boleh buat seumuran aku mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum 35 kan, ngga dianjurkan, mungkin varian viostin yang lain

      Hapus
  11. Baik-baik menjaga sendi jangan sampai menyesal kemudian

    BalasHapus
  12. Aamiin. Semoga selalu sehat buat bapak dan ibunya mbak :)

    BalasHapus
  13. Waah, kudu siap2*nih. Sekarang aja udah mulai sering sakit.. Kebanyakan mager keknya :D

    BalasHapus
  14. sepertinya aku perlu rekomen ke bapakku deh mbak..kemarin beliau ngeluh kalau persendiannya agak nyeri gitu terutama di bagian lutut.

    BalasHapus
  15. Ma kasih buat rekomendasinya Kak :-)

    BalasHapus
  16. makin sehat hidup dan banyak olah raga makin menyenangkan masa tua kita ya mba, insya Allah..

    BalasHapus
  17. Iya, ibuku juga pakai Viostin DS ini Mi utk nyeri sendinya. Aku pun mulai sedia ini utk atasi rasa nyeri di sendi.

    BalasHapus
  18. Ibu Mertua juga mengalami nyeri sendi, udah susah jalan jauh kalau naik kendaraan. Aku mau mudik ini mau siapkan Viostin DS ah buat Mamak mertua.

    BalasHapus
  19. Duh..kudu waspada yaa mb,apalagi perempuan katanya kalau udah menopause rawan kena penyakit tulang, smg bisa terhindar Aamiin

    BalasHapus
  20. Smoga impian untuk bisa berkelling bisa terwujud ya mba. Amin

    BalasHapus
  21. Berolahraga juga penting ternyata untuk kesehatan otot Sendi agar tetp fit dimasa tua mendatang

    BalasHapus
  22. mama saya perlu Viostin nih kayaknya, makasih yaa rekomendasinya..

    BalasHapus
  23. Aku kurang banget olahraga, paling cuman beberes rumah dan naik turun tangga santai aja.. Semoga Papanya mba sehat2 selalu :)

    BalasHapus
  24. semoga ortunya sehat selaluuuu mbaa

    BalasHapus
  25. Kemarin juga suamiku kena nyeri sendi, minum teratur suplemen ini akhirnya sembuh. Emang mesti berjaga-jaga juga ya mak biar terhindar dari nyeri sendi, pengapuran ini

    BalasHapus
  26. Selagi masih punya orang tua, kita memang harus sepenuh hati berbakti dan berusaha membahagiakannya. Karena begitu mereka tiada, hidup kita terasa hampa. setidaknya itulah yang saya rasakan. Sukses lombanya Mba :)

    BalasHapus
  27. waaa... ternyata viostin ini solusi tepat y a buat radang sendi

    BalasHapus
  28. Bapakku juga rutin mengonsumsi Viostin DS sekarang

    BalasHapus
  29. Umur emang gak bisa menipu, semakin tua usia semakin rapuh tulangnya. Suplemen seperti viostin ini selalu dibutuhkan

    BalasHapus
  30. Andalan keluargaku neh Viostin DS

    BalasHapus
  31. Aku udah ngalami nyeri, tapi karena terbentur di lutut sebelah kanan. Suka aku minumin viostin krn enak kalo rutin minumnya

    BalasHapus
  32. Wah udah harus minum nih,umurku udahn35 ke atas hehehe

    BalasHapus
  33. harus bgt waspada nih. karena rentannya pengapuran tulang sendi, terlebih bg yg berusia lanjut. harus ditunjang sama suplement yg tepat pastinya

    BalasHapus
  34. amiiin, saya suka minum kopi katanya kopi bisa berpengaruh ke tulang ya?

    BalasHapus
  35. Coba ah...
    Aku biasanya cemepak vitamin nggo boyok pas banyak aktivitas yang mengaktifkan semua anggota tubuh.

    Setuju dengan caption salah satu foto, salah satu kebahagiaan masa tua, bisa bercengkerama dengan anak cucu.

    Ish, jadi punya impian, soft trekking bareng cucu.
    Seru mesti yaaaa...
    *trusmapanngimpisik :p

    BalasHapus
  36. Aku punya keluhan lutut seingatku dari mulai SD. Takut juga nih kalo sendi2 jadi bermasalah seiring dengan nambah usia. Semoga aja enggak ya. Tapi thanks infonya mbak. Seenggak2nya udah tahu ada Viostin DS.

    BalasHapus
  37. Viostin ini jadi kayak semacam vitamin untuk tulang ya. Terkadang walau masih di bawah usia 35 pun kalau aktifitas banyak mengandalkan tenaga, jadi ngilu2 juga ya badan. Perlu vitamin juga memang untuk jaga biar tetap sehat.

    BalasHapus
  38. Aku pernah denger nih nama Viostin ini, dulu mama mertuaku pernah minum ini..

    BalasHapus
  39. Mudah-mudahan ayahnya sehat selalu ya, Mbak Rahmi. Pasti sedih ya kalau beliau kurang sehat. Memang nikmat buat kita juga kalau orang tua sehat di usia sepuhnya.

    BalasHapus
  40. Ini memang rata2 yg mengidap nyeri kyk gitu yg sudah berusia lanjut..thanks tipsnya

    BalasHapus
  41. Rekomen ke budhe ku ah... Udah sering bermasalah itu lututnya

    BalasHapus
  42. mumpung masi muda, mau rajin2 minum susu :)

    BalasHapus
  43. huuuu kalo denger penyakit teh suka atut, moga kita dijauhkan dari nyeri sendi yaa.
    Noted nama obatnya, siapa tahu ada yang membutuhkan

    BalasHapus
  44. Mertua konsumsi ini.. Tapi penting nih punya buat di rumah.. Kadang mulai ngilu jugaa huhu

    BalasHapus
  45. Waaa... aq jg mau saranin ibuk minum viostin ds ah,,,

    BalasHapus
  46. aku masih mudah juga udah punya keluhan sendi neh mbak. Kayaknya mau coba sarannmu ini deh

    BalasHapus
  47. aku udah 5 tahunan ini sakit lutut jadi selalu minum glucosamin condrotin

    BalasHapus
  48. Semoga masa tua bebas daei nyeri sendi ini ya mak semuanya. aamiin. Kan ada viostin saiki

    BalasHapus
  49. Ibu mertuaku juga minum Viostin DS ini mbak. Cocok sih menurut beliau buat linu dan nyeri. :)

    BalasHapus
  50. Semoga seiring bertambah usia tetap sehat dan diberi umur yang berkah

    BalasHapus
  51. ASyiknya bisa beli secara online

    BalasHapus
  52. Duuuh nyeri sendi ini memang bisa menyerang siapa saja
    Semoga kita semua dijauhkan ya
    Sehat selaluuuuu

    BalasHapus
  53. Ibuku juga nyetok ini, samaaakkk

    BalasHapus
  54. banyak yg cocok ternyata ya. ibuku jiga minum ini wktu sendinya nyeri mbak...alhamdulillah cocok juga

    BalasHapus
  55. Hiks. Denger nyeri sendi berasa mau tua. #padahalsihemangudahtua :D

    BalasHapus
  56. Untunglah sudah ada solusi untuk nyeri sendi, semoga semua-sehat-sehat ya mbak...

    BalasHapus
  57. Keliling dunia ga ada halangan lagi ya dgn nyeri sendi

    BalasHapus
  58. Waaahh pentingg nii bookmark info Viostin, secara sendi lutut ini sudah butuh di Viostin. Makasih makmi..

    BalasHapus
  59. Idem sama bapakku nih, nyeri sendi bahkan smpai bengkak. Viostin DS buat diminum sehari2, tapi kalau nyeri ttp pakai antinyeri.

    BalasHapus
  60. Kalo ibuku itu kayake tulangnya yang keropos karena sekarang beliau bungkuk :-(
    Moga kita tetep fit hingga tua nanti ya Mbak, aamiin.

    BalasHapus
  61. Nah iya, aku sering kerasa nyeri lututnya kalo habis jongkok, mau cobain viostin ah.

    BalasHapus
  62. Mamaku juga minum ini mbak karena biasa nyeri sendi di bagian lutut.

    BalasHapus
  63. nice info. bisa saya sarankan nanti ke Bunda kalau lututnya kumat :)

    BalasHapus
  64. Aku juga kadang minum itu, Mbak. Nyeri berkurang. Faktor usia mungkin, ya? :(

    BalasHapus
  65. Coba viostin ah. Belakangan ini lututku suka nyeri kalau abis dibuat aktifitas. :(

    BalasHapus
  66. Ibukupun, kalau ke rumahku jarang banget kuat ke lantai 2. Sholatpun beliau bisanya duduk pakai kursi. Semoga kita semua tetap sehat sampai tua :)

    BalasHapus
  67. Ini penyakit yg sering dialami ortu ya mbak. Moga sehat2 terus neneknya anak2 aamiin

    BalasHapus
  68. Bagian lututku kadang juga pegel2..hiks

    BalasHapus
  69. Ini ga harus nunggu tua kan minum suplemen ini :-D

    BalasHapus
  70. ibu mertua juga minum viostin DS katanya nyeri di lutut pun berkurang

    BalasHapus
  71. viostin ds bisa untuk orang yang lebih muda jugakah?

    BalasHapus
  72. Baru tau suplemen yang satu ini. Aah...kalau mau beli online aja lebih mudah ya, Thifa. Hihihi

    BalasHapus
  73. Ibuku nih mba kena pengapuran juga. Tapi di tangan. Dulu aku sering nemenin ibu ke RS utk rutin diinfus tangannya. Aku juga sempwt beliin ibuku viostin. Alhamdulillah skrg udh mendingan.

    BalasHapus
  74. Harus mulai rajin olahraga & makan makanan berkalsium nih,,,

    BalasHapus