Sabtu, 31 Desember 2016

Tentang Perjalanan Ngeblog 2016

Bismillahirrohmanirrohim, assalamualaikum temans :)

Melihat beberapa postingan teman yang bercerita tentang perjalanan blogging 2016, saya kok jadi kepikiran untuk bikin juga. *dasar kere-atif!* >.<



Apalagi saya merasa perjalanan ngeblog 2016 saya ini cukup berwarna. Ngga melulu cuma nulis, bikin postingan berbayar terus dapet duit, tapi ada jalan-jalannya, dan tantangan baru juga.

Tahun 2016 awal sebenarnya saya mendapat kabar yang kurang menyenangkan, kontrak blog rahmiaziza.com dengan salah satu brand akan berakhir di bulan Februari 2016. Tentu saja saya sedih, ada sedikit perasaaan, terus selanjutnya penghasilan saya dari mana? Tapi buru-buru saya tepis perasaan itu. Rejeki datangnya dari Alloh, bukan dari perusahaan anu, atau brand itu.

Tapi dibalik satu kesedihan ada banyak kebahagiaan yang Alloh berikan.


Tahun 2016, di Semarang lumayan banyak acara yang mengundang blogger. Senang doong bisa kopdar hore-hore ma teman-teman, menambah wawasan, networking, dan jadi ada bahan buat nulis juga :)

Tahun 2016 beberapa kali saya juga berbagi tentang ilmu nulis dan ngeblog. Pernah jadi pemateri tunggal, sering juga yang bareng dengan komunitas blogger perempuan Semarang Gandjel Rel. Komunitas kami memang punya program roadshow pelatihan blog gratis. Program ini kami canangkan karena banyaknya teman yang pengen belajar ngeblog, tapi kami seringkali terbatas dalam hal waktu dan tenaga. Maklum lah ya cyin emak-emak, yang diurus banyak, mulai dari bocah-bocah, sampai asah-asah. Akhirnya kami putuskan untuk ambil jalan tengah, jika ada yang mau belajar ngeblog, silakan koordinasikan acara, cari tempat kondusif, dan kumpulkan minimal peserta 10 orang, nanti kami tinggal datang mengisi pelatihan blognya, gratis.


Tahun 2016 lumayan banyak jalan-jalan keluar kota berkat ngeblog. Cuma tiga kali sih, tapi menurut saya itu juga udah banyak. Sebelumnya tiap ada event luar kota kan gabisa hadir karena Hana masih terlalu kecil untuk ditinggal. Alhamdulillah sejak umur dua tahunan Hana udah mulai bisa saya tinggal-tinggal. Saya ingat pertama kali ninggalin Hana pas ngasih pelatihan socmed di Kendal. Ngga lama sih, paling tiga sampai empat jam aja. Tapi deg-degan juga, karena belum pernah saya ninggalin Hana selama itu. E ternyata Hananya anteng, malah kakaknya yang rewel nyariin mamah.

Bulan April 2016, pertama kalinya saya tinggal anak-anak untuk menghadiri undangan blogger ke Jakarta dari Sari Husada. Ini semacam the dream come true banget. Saya ingat, saya pernah bilang ke suami kalo nanti setelah lair Hana, jangan buru-buru kita program anak ketiga, karena saya pengen menikmati jalan-jalan dulu kalo Hana udah agak gedean. Saya juga selalu sounding ke anak-anak, sesekali kalian sama ayah, siapa tahu bulan April mama diundang ke Jakarta. Sebenarnya omongan itu hanya iseng dan buat lucu-lucuan aja sih, eh tapi terwujud beneran. Bulan April saya ke Jakarta, meski menghadiri undangan yang beda, bukan brand yang saya bayangkan waktu itu.

Semacam mini kopdar nusantara :)

Bulan September 2016, tiba-tiba jagad Facebook ramai dengan status blogger yang diundang ke Bali menghadiri launching produk ASUS. Waktu itu terbersit sedikit perasaan sedih karena ngga diundang. Tapi kemudian harapan baru muncul ketika ASUS membuka lagi pendaftaran blogger yang akan diundang melalui proses seleksi. Ya ngga ngarep-ngarep banget sih waktu itu, sadar juga masih banyak lah blogger yang lebih oke, lebih tenar. Tapi tiba-tiba beberapa hari setelah daftar, saya dapat email kalo saya LOLOS SELEKSI sebagai blogger yang akan turut diundang dalam lauching produk terbaru ASUS. Aaaakkkk, bener-bener BAHAGIA. Udah lama saya mengidam-idamkan HP berkamera bagus, akhirnya kesampean juga, karena di event itu kami dihadiahi smartphone Zenfone 3.



Sebenarnya mupeng setengah mati sama laptop terbarunya. Tapi kalo yang itu kami disuruh langsung menghubungi toko jual laptop. Alias beli, hihiihi.

Bulan Desember 2016, baru saja, saya kembali ke Bali lagi, tapi kali ini ke Nusa Lembongan. Yang ngajak JNE karena terpilih sebagai blogger top contributor. MasyaAlloh… Fabiayyi Aala I robbikuma tukadzdzibaan, maka nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?


Alhamdulillah perjalanan blogging saya di 2016 ini begitu berwarna dan membahagiakan, ya meski adalah pahit-pahitnya tapi anggap itu pemanis dalam kehidupan ngeblog saya. Semoga tahun 2017 perjalanan ngeblog lebih membahagiakan lagi, aamiin.

18 komentar:

  1. Alhamdulillah, rejeki mah adaa aja yaa..barakallah mi, semoga 2017 lebih banyak keberkahan buat rahmi dan keluarga aamiin..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...turut bahagia bacanya..dan smoga di 2017 & th2 selanjutnya makin bersinar ya mba... Aamiin..

    BalasHapus
  3. Emang rejeki nggak dari si anu, ana atau ani yo Mbak. Allah lah sang penentu rejeki. Makin sukses blognya, makin sukses jalan2nya berkah ngeblog. Dan sukses semuanya, amin :)

    BalasHapus
  4. perjalanan yg terakhir seru bangettt

    BalasHapus
  5. wahh seruu yaa mak satu ini, adalah salah satu orang yg mengispirasi buat saya...jaya terus yaa mak....Merdekaaaaa!!!

    BalasHapus
  6. Bener ya memang kalo omongan itu doa kesampean juga jalan2 berkat ngeblog :)

    BalasHapus
  7. Enak banget ternyata jadi blogger... aku jadi kepengen jadi blogger, Bund... :)

    BalasHapus
  8. Berkat ngeblog bisa jalan jalan ya mbk
    Semoga di tahun 2017 lebih banyak jalan jalannya

    BalasHapus
  9. Rajin berbagi ilmu... Indah cerita perjalanan blogmu mbak

    BalasHapus
  10. Jadi terinspirasi buat ngeblog yang 'beneran' tahun ini nih, Mbak. Kebetulan tahun kemarin hectic di kuliah (alasan) jadi sempat missing in action hihihi. Salam kenal, Mbak :))

    BalasHapus
  11. Perjalanan blogging tahun 2016 nya seru banget mba. Semoga tahun 2017 lebih banyak keseruan yang dijalani ya mbaaa :)

    BalasHapus
  12. mbak sih sudah hebat negblognya, bsia jalan2 , bsia seagal amcam yg belum dimiliki bloggre lainnya

    BalasHapus
  13. Kereeen..berkah ngeblog banyak pintu yang kebuka ya mbak..nambah kenalan, jaringan sama pengetahuan..plus plus deeeh...

    BalasHapus
  14. mantaaaap perjalanan ngeblognya mba..makin eksis yaaa :)

    BalasHapus
  15. inspiratif banget artikelnya mbak, jadi makin semangat buat ngeblog biar g kalah sama situ, ^.-v hehe

    BalasHapus
  16. Semakin sering nulis di blog, semakin banyak teman baru. Itu salah satu kebaikan ngeblog yang saya rasakan. Jika berkenan main aja ke www.anwariz.com tempat dimana saya belajar berbagi pengetahuan. Terimakasih

    BalasHapus