Rabu, 30 November 2016

Berenang Saat Menstruasi, Bukan Masalah

Berenang saat menstruasi? Hiiiy tidak bisa saya bayangkan, pasti warna air kolam akan berubah merah karena darah menstruasi mengalir keluar. Begitu bayangan saya selama ini. Pasti kebanyakan dari kamu juga berpikir demikian kan?


Ternyata hal ini tidak benar loh, orang yang sedang mengalami menstruasi tetap bisa berenang. Di beberapa literatur saya baca, berenang di kolam pada masa haid, tidak akan membuat darah mengalir keluar karena adanya perbedaan tekanan udara di luar dan di dalam lubang miss V. Saat berada di kolam renang, darah tetap mengalir dan masih tertampung di dalam rahim. 

Tetapi ada beberapa hal yang harus tetap kita perhatikan sebelum berenang saat menstruasi supaya lebih nyaman, antara lain :

1. Pakai Menstrual Cup atau Tampon

Walaupun saat berenang darah tidak mengalir, dianjurkan menggunakan tampon sebaga pengaman agar lebih nyaman. Tampon merupakan massa slinder yang berfungsi sebagai alat serap. Saat ini, tampon dirancang untuk dapat disisipkan dengan mudah ke dalam vagina saat menstruasi dan mampu menyerap aliran darah menstruasi. Dengan menggunakan tampon kita tidak perlu khawatir akan kebocoran. Tapi kalo di Indonesia penggunaan tampon ngga umum yaa. Mungkin agak sulit ditemukan di toko biasa, tapi ada kok dijual di toko-toko online. Tapi ingat ya penggunaan tampon tidak boleh lebih dari delapan jam. Bagaimana jika menggunakan pembalut saja? Saat berenang tidak dianjurkan menggunakan pembalut, karena saat basah pembalut tidak bisa menyerap jika ada kebocoran.

Ini yang namanya tampon. Gbr: kawankumagz.com

2. Pakai Celana Untuk Berenang

Saat berenang menggunakan tampon mungkin anda tidak akan nyaman bila hanya menggunakan bikini. Karena pada tampon ada benang yang akan menjulur keluar. Jadi lebih baik kenakan celana agar memberikan perlindungan yang ekstra dan lebih syar'i tentunya yaa.

3. Pakai Baju Renang Warna Gelap.

Saat berenang sedang menstruasi usahakan menggunakan baju renang warna gelap. Supaya kita lebih tenang aja sih. Dalam pikiran kita kalo misalkan bocorpun kan ngga begitu kelihatan di pakaianan renang warna gelap.

4. Berenang Dengan Tenang

Berenanglah dengan tenang, jangan khawatir ataupun takut jika anda mengalami kebocoran, dan jangan memeriksa bagian belakang anda setiap 10 menit sekali. Mintalah teman untuk mengingatkan kalau memang ada masalah.

Sebenarnya berenang dalam kondisi menstruasi ada manfaatnya juga lho untuk kesehatan. Dari yang pernah saya baca katanya berenang dapat meminimalisir kram perut atau sakit perut dan sakit pinggang karena menstruasi.

45 komentar:

  1. Aku ga berani mba blm pernah pas haid berenang :) dlu pas sekolah ada rutin renang dan ketika dtg bulang aku selalu diam nonton tmn2 berenang paling banter jagain tas temen hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya agak syerem ya mba mau renang pas mens

      Hapus
  2. tapi aku kok merasa tetap agak ngeri ya mbak? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama hahaha belum pernah nyoba juga aku

      Hapus
  3. aku gak berani deh mbak nyemplung air kalo pas mens... takut airnya jd merah semua :D keparnoan yg tanpa alasan yaa

    BalasHapus
  4. Jadi nggak masalah ya pas mens pun tetep oke berenang yo Mbak. Masalahku, aku nggak bisa renang huhuhu.
    Temenku dulu kuliah di FPOK/olahraga, juga santai aja kalo renang walau pas datang bulan, malah sehat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah kita sama, ngga bisa renang hahaha. Pakai pelampung aja mbaaa

      Hapus
  5. Hiiihh.. Semoga orang sekeliling gak tahu kalau lagi mens. Bisa kabur semua.
    Oh ya, tampon itu apa gak nyerap air kolam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dirimu pasti langsung kabur ya mas begitu tahu ada yang lagi mens renang hihihi. Aku juga kurang paham ttg tampon ini, cuma ya denger saran dari orang2 aja lebih nyaman pakai tampon kalo renang.

      Hapus
  6. kalau di kolam renang yang ikut renang jadi gimana gitu dong bu :(

    BalasHapus
  7. Wiiiihh asyikkkk, walo haid msh tetap bisa renang yaa... Thanks mba rahmi

    BalasHapus
  8. Saya pernah membatalkan acara snorkeling gara-gara mens, padahal udah jauh-jauh datang. Sebetulnya, pihak pariwisatanya bilang gak masalah tapi gimana ya, parno akut sayanya. Hehehe. Eh, mbk tali yang ditampon itu buat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya itu buat ganti nanti tinggal tarik.

      Hapus
  9. Tetap nggak berani Mba', mending duduk aja di samping kolam atau main-main air, nggak nyemplung, hehe.
    Nice info Mba'.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa akupun belum pernah nyobain siih

      Hapus
  10. Ooh...pantes anak gadisku tetep suka renang biar lagi datang bulan. Tapi memang gak pas deras2nya sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiih ternyata anaknya Mba lebih duluan tahunya yaa

      Hapus
  11. aku pernah coba pake tampon. tp gak nyaman.
    tetep milih pembalut...makanya menahan diri gak main air klo lg dapet

    BalasHapus
  12. agak masih ragu dan sungkan mbak,, tau2 bocor gitu,, OMG
    hahaha,, jadi belum pernah sih nyemplung kalo pas lagi datang bulan ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya kalo nyemplung pas mens pasti resah dan gelisah

      Hapus
  13. ga ngerti Cup atau Tampon itu apa mbak..
    mending ga usah berenang aja sich,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di negara2 barat banyak yang pakai itu mba. Di kita kan pakainya pembalut biasanya ya

      Hapus
  14. Aku baru tahu ada tampon yang ini Mbak. Setahuku tampon memang bahasa Perancis untuk pembalut, sih. Hihihi... jadi bukan tak pernah dengar atau sebut. hanya baru tahu wujud yg seperti itu.

    Makasih share-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun baru tahu detil bentuknya tadi googling hehe

      Hapus
  15. hahaha ... yang penting pembalutnya nggak bocor ..:)

    BalasHapus
  16. wah aku tetap gak berani mbak, rasanya gak nyaman aja gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kalo naik gunung sih gapapa aman ya ev :D

      Hapus
  17. HH... Kolam renangnya jadi M. Menstruasi gk kakak ???


    http://alimpolos.blogspot.co.id/2016/12/tips-cara-mengembalikan-file-terhapus.html

    BalasHapus
  18. it does help...saya pernah walaupun jarang :). Sebisa mungkin bersih saat berenang biar tenang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah nyoba ya mbaa, meski aman tetep ngga nyaman yaa

      Hapus
  19. Baru tahu kalo mens boleh berenang. Soanya biasa kalo ada temen yg lagi mens suka ga mau kalo diajak renang. Btw thanks informasinya.

    BalasHapus
  20. Dulu saya ngiranya bakalan bocor. Tapi suatu hari pas kepepet terpaksa berenang, eh ternyata enggak ya ^^

    BalasHapus
  21. Baru tahu bentuk tampon mbak...

    BalasHapus
  22. Dulu pas masih sekolah saya suka ikut pertandingan renang, walaupun mens bukan jadi alasan untuk ngga latihan dan tanding. Kalo di dalem air darah ngga akan keluar jadi kaya beku gitu. hehehe

    BalasHapus
  23. yg belum nyoba pasti banyak yg masih ragu :D

    BalasHapus
  24. Wah..beneran tuh bisa ngilangin kram perut sewaktu mens xixi, tapi belum pede mau nyemplung kalo masih mens wkwkwkkwk

    BalasHapus
  25. saya baru tau sama yang namanya tampon, biasanya sih kalo lagi datang bulan tuh syaa paling takut smaa yang namnya renang karena takut bocor

    BalasHapus
  26. waktu gadis pernah beli tampon. pas baca cara pakainya yg 'horor' jadilah tampon itu buat percobaan dan langsung dibuang. aku celupin ke air dan langsung mengembang. emejing liatnya :D

    BalasHapus