Ngeblog Membuka Jalanku Menjadi Penulis Buku

Halo temans, selamat hari blogger nasional :)

Iya, tanggal 27 Oktober ditetapkan sebgai hari blogger nasional. Lha kok bisa. Saya juga kepo gimana sih asal mulanya, akhirnya googling lah saya. Ternyata, Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu.


Ngeblog membuka jalanku menjadi penulis buku. Kayaknya udah beberapa kali saya ceritakan di blog ini tapi hanya sepintas lalu. Kali ini saya cerita yang lebih detail ya tentang ini seklaian ikut meramaikan posting serentak Blogger Gandjel Rel, yang temanya "Ngapain Sih Ngeblog?"

Saya sudah lama bercita-cita jadi penulis. Semenjak SD. Semenjak itulah saya coba juga kirim-kirim tulisan ke media. tapi ga pernah dimuat. Pas kuliah bahkan pernah kirim naskah novel dan sukses ditolak.

Di sebuah buku harian saya tulis, cita-cita saya ingin jadi penyiar radio dan penulis buku. Jadi penyiar radio sudah kesampaian di tahun 2006, sementara menjadi penulis akankah tercapai juga? Saya sangsi, sungguh meragukan, saya saja ngga tahu jalan apa lagi yang hars ditempuh untuk bisa mewujudkan impian menjadi penulis.

Saya bilang sama Ayah, bahkan saya ngga tahu pintu mana yang harus saya buka untuk menuju ke sana. Haaaampir tiap malam saya curhat kaya gitu. Disamping itu saya juga cerita kalo saya bosan ngga ada aktivitas di rumah selain umbah-umbah dan mantau IG @lambe_turah, eh dulu belum ada ding ya hihihi.

"Kamu ngeblog aja!" kata si Ayah. "Tulis aja semua cerita-ceritamu di blog!"

Mulai dari situlah saya ngeblog.

Dan Alhamdulillah ngeblog benar-benar membuka jalanu menjadi penulis. Cita-cita saya pengen punya buku sendiri yang di sampulnya bertuliskan sebuah nama "Rahmi Aziza" pelan-pelan terwujud.

Dimulai dari bertemu komunitas blogger di facebook, kemudian gabung dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis Semarang yang akhirnya membuka kesempatan menulis di buku antologi "Anak Kos Dodol Bareng Konco" dan "Inspirasi Untaian Nama Bayi".

Komik Mak Irits pun asal mulanya diterbitkan di blog, yang membuat tertarik editor kemudian meminangnya untuk dicetak. Dan sekarang episode terbarunya bisa kamu nikmati gratis di Webtoon Challenge kategori komedi. Saat ini komik Mak Irits saya ikutkan lagi di challenge, doakan menang ya temans. Ujung-ujuya promosi huahahaha.

Itulah sekelumit cerita tentang awal mula saya ngeblog dan bagaimana ngeblog membuka jalan menjadi penulis buku. Tapi berkah dari ngeblog yang saya rasakan tentu masih banyak lagi. 

Sekali lagi selamat hari blogger nasional, keep sharing and inspiring yaaa.... :)

NB: Maaf ga ada poto karena kuota internetnya kritis kali yaa jadi susah mau upload photo lewat HP 😁😁

Komentar

  1. Kerenn.. Lewat blog cita-cita tercapai ya Mak.
    Semoga menang challengenya! ^^

    BalasHapus
  2. Hihi no photo = hoax buu..Happy Blogger day ya ibu Ketua Gandjel Rel, keep inspiring!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa kusertakan foto smua pasti sudah tau xixi, *soktenar

      Hapus
  3. Kalau begitu sama mbak awalnya juga waktu saya belum ngeblog mikir buat bikin tulisan itu susah banget tapi setelah lama main blog jadi bisa deh ngarang kata kata.

    BalasHapus
  4. Wah udah 3 ya bukunya mbak Rahmi, mak irits bikin ku ngekek mbak 😀

    BalasHapus
  5. Wah, ayahnya sudah nyaranin ngeblog Mbak Rahmi?
    Jadi makin mantab ya Mbak. MAkin sukses ya blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa daripada denger bojone sambat ae :D :D

      Hapus
    2. Eh ayah di sini maksudnya ayahnya anak2 loh, bukan ayah saya hihihi

      Hapus
  6. Lewat blog, mbak Rahmi ngebranding diri jadi Mak Irits, hehe..

    Sukses selalu ya mbak!
    Happy national blogger day 2016!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuh kok aku jadi mak irits harusnya mak elit >.<

      Hapus
  7. Keren mak irits euy, jd nothing is impossible ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbaa ga kebayang waktu itu kaya gini jalannya :D

      Hapus
  8. Hallo Mak Irits, hehehe selamat kewujud akhirnya jadi penulis buku.
    Selamat hari blogger nasional ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ngikutin jejak nyi hehehe

      Hapus
  9. Alhamdulillah ya mba, cita cita mb terkabul..selalu ada jalan bagi setiap yg berusaha yaa mb. Berarti blog sangat berjasa buat mb rahmi yaa..aku pun pengen seperti itu mb. Aamiin.. Keep Inspiring mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa Alhamdulillah, jasanya tiada tara :D

      Hapus
  10. Alhamdulillah ya mbak Rahmi dwngan kerja keras dan tekun akhirnya semua keinginan bisa terwujud. Pengalaman yang sangat menginspirasi dan patut jadi contoh bagi generasi muda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa untung saya ngga keburu menyerah ya waktu itu

      Hapus
  11. Barakallah Mak Irits, eh Mba Rahmi :D

    Pengen juga ih dari blogging bisa nelor buku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arina juga uda banyak kan antologinya

      Hapus
  12. selamat hari blogger mba semoga makin produktif

    BalasHapus
  13. Idolaku pokoknya ...mak Irits!

    BalasHapus
  14. Selamat Hari Blogger Nasional Mak Rahmi. mak satu ini mah jempol pokoknya..

    BalasHapus
  15. Toss mak..kalo bukan karena ngeblog impian nulis buku kayanya ga akan kesampaian deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kesempatan datang bekat blog ya mak

      Hapus
  16. Hai Mba Rahmi...salam kenal yaa, baru kmrn Kamis gabung sama GRes biar ketularan semangat ngeblog dan dpt pencerahan buat bikin blog ga lumutan lagi..selamat hari blogger, Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nia salam kenal juga, kapan2 kut kopdar GRes yaaa

      Hapus
  17. Sukses selalu ya Mak Irits.. eh.. Mak Rahmi.. :)

    BalasHapus
  18. Nama kita sama y mba. Beda dihuruf belakang doank. Semoga nanti aku bisa ngikutin jejaknya mbak rahmi y. Pengen banget bisa sekeren dan sekece badai kek mba rahmi ini...aammin. *salim*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iyaa Rahma malah nama kakakku mbaa

      Hapus
  19. Mak Iriiiiiitssss...
    Ah, siapa sih yang nggak kenal sama Mbak Rahmi. Mbak kapan-kapan kaish tips dong soal branding diri. Mbak Rahmi jos banget brandinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiiih lebay deh Ikaaa, aku juga ntar minta tips menang lomba blognya yaa

      Hapus
  20. Aku terinspirasi dirimu juga, pengen ada editor yang baca kisah hajiku, aamiin. Hihiii, moga kerennya nular ke aku ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa dijadikan buku kaya Pakdhe bikin buku tentang haji juga kan. Tawarkan mba jangan nunggu

      Hapus
  21. Ditunggu tips2 irit berikutnya Mi :) Mantabs banget lah mamak blogger satu ini :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah nanti kalo dirimu ketularan irits mesakke Vivi dan Faris hahaha

      Hapus
  22. Habis umbah2 ngeblog jangam sambil umbah2 ya mbak nnti hpnya nyemplung hihihi....

    Senang berkenalan dengan mbak rahmi ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngeblognya pakai laptop mba, belum sanggup pakai hape hihi

      Hapus
  23. alhamdulilah ya mbak cita2nya bisa terkabul semua mbak...aku salah satu penggemar mak irits juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba ningrum, kapan2 main ke rumahku, deket kan dgn rumahmuu?

      Hapus
  24. Mbak Rahmi kereen...ditunggu karya-karya selanjutnya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaaa pantengin aja di webtoon :)

      Hapus
  25. Selamat hari bloger nasional

    BalasHapus
  26. Semoga Mak Irits masuk webtoon utama, aku juga penikmat mak irits kalo bisa juga jadi irits hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin, ayo kerahkan teman2mu buat dukung Mak Irits hihihi

      Hapus
  27. Sebaliknya dengan saya, penulis buku yang juga sambil jadi blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penulis bukunya yang utama ya Pak :)

      Hapus
  28. Selamat Hari Blogger Nasional Mbak Rahmi cantik. Aku kalau gak ngeblog gak sekaya ini kali. Kaya teman dan pengalaman then ya materi ada lah ;)

    BalasHapus
  29. Mak Irits mah kereeeen! Semoga menang challenge nya yah.

    BalasHapus
  30. Pokoknya, Mak Irits udah branding banget ma Rahmi Aziza :D

    BalasHapus
  31. mak iriiiiitsss.. Memang ya, ngeblog nih banyak manfaatnya. ALhamdulillah

    BalasHapus
  32. alhamdulillah itu saya juga pengen jadi penulis buku biar terkenal seperti Andrea Hirata yang karyanya paling saya sukai yaitu Novel Laskar Pelangi yang sangat menginspirasi banget :-)

    BalasHapus
  33. seoga aku bisa mengikuti jejakmu ya mbak, sukses selalu

    BalasHapus
  34. Sama mak saya juga punya cita-cita jadi penulis buku, semoga bisa cepat kesampaian seperti mak...

    BalasHapus
  35. haii mba Rahmi, aku langsung meluncur ke webtoon nih hehe mak irits keren :D

    BalasHapus
  36. wah baru tau komik mak irits bermula dr blog :)

    BalasHapus
  37. senengnyaaa cita-cita udah tercapai dan terus berkembang,, ikut seneng lho mbak baca kisahnya. Salam kenal ya

    BalasHapus
  38. Aku kebalik malah, mbak. Nulis buku dulu baru ngeblog. Pas nulis buku udah susah, karena emang punya balita bikin susah kejar dedlen dan susah nulis banyak, aku beralih ke ngeblog. Yang penting, masih tetap nulis, gitu pikir saya. Semoga semakin produktif nulis bukunya. :)

    BalasHapus
  39. Bener banget. Ngeblog emg pintu gerbang buat yang pengen jasi penulis

    BalasHapus
  40. Mak Iritsss pancen warbiyasak. Sukses terus ya, Mak :*

    BalasHapus
  41. kalau aku dulu ketika sma malah paling gak suka sama yang namanya nulis, apalagi mengarang. tapi anehnya sekarang jadi ngeblog dan sedikit suka menulis. hehe

    terus berkarya dengan tulisan :D

    BalasHapus
  42. Aku juga lagi belajar nulis yg bener nih di Jepang, pengen bikin buku juga nanti kalo pulang ke Indo

    BalasHapus
  43. asik, ada mba rahmi yang bisa saya jadikan role model nih...saya juga blogger pemula mba

    BalasHapus
  44. Semoga caareernya kakak sebagai penulis lebih barokah dan bermanfaat.

    BalasHapus
  45. Wah keren mbak :-)
    Semoga lancar mimpi dan usahanya..

    BalasHapus
  46. Dengan menulis dan membaca memang akan menambah wawasan menjadi luas

    BalasHapus
  47. Ngeblog memang membuka banyak peluang yaaa

    BalasHapus
  48. Dengan menulis dan membaca dapat menambah wawasan kita .

    BalasHapus
  49. gimana sih tipsnya agar bisa menjadi penulis buku soalnya saya ingin jadi penulis yang hebat

    BalasHapus
  50. Thank bnget infonya.. Baca-baca terus blog bnyak manfaatnya juga ya:)

    BalasHapus

Posting Komentar