Ngobrol Bareng Blogger Semarang: Dari Makanan Sampai Sakuku BCA, Seruu!


Halo temans, hari Rabu kemarin sekitar 50 blogger berkumpul nest.cology resto n cafe. Meski judul acaranya Ngobrol Bareng Blogger Semarang” tapi yang hadir banyak juga dari luar Semarang. Ada yang dari Demak, Ungaran, Pati, Jepara, Purwodadi, sampai Surabaya loh!

50 blogger??? Sebelum hari H saya udah bayangin gimana heboh dan serunya 50 blogger berkumpul. Kita yang biasa kopdar paling banter 20 orang aja udah heboh apalagi 50 orang ya…

Saya sampai di Nestcology sekitar pukul 5 sore, naik taxi bareng dengan Alley, adik ipar saya, dan Ade yang rumahnya deket sama rumah mertua. Kebetulan saya berangkatnya emang dari rumah mertua di Ngaliyan. Untuk ongkos taxi ke nest habis sekitar 47ribu. Penting gitu ya disebut? Yaa kali aja ada yang butuh referensi tarif taxi, hihihi.

Ternyata udah ada beberapa blogger yang datang lebih dulu. Ada Ika dari Demak, Cheila dari Purwodadi, Mba Relita, Mba Vita, Mba Dian Nafi, dll. Setelah cipika-cipiki kami masuk ke Nestcology. Begitu masuk disuguhi pemandangan cafe yang instagramable. Jadi poto-poto dululah sebelum make up luntur.



Setelah daftar ulang dan mengambil kupon doorprize, kami naik ke lantai dua, tempat yang sudah dipersiapkan untuk acara #Ngobrolbloggersmg ini. Mumpung belum rame, poto-poto lagi dong..

Sekitar pukul 18.15 duo MC super kocak membuka acara. Tapi acara belum dimulai kok, mereka mempersilakan hadirin yang muslim untuk menunaikan sholat Maghrib, karena adzan sudah berkumandang. Di lantai bawah Nestcology dekat parkiran tersedia mushola yang dilengkapi pelengkapan sholat.

15 menit setelahnya baru acara dimulai. Duo MC terlebih dulu beramah tamah dengan para blogger yang hadir, ditanyain blognya apa, biasanya nulis apa di blog, rumahnya dimana, nomor sepatunya berapa. Eh yang terakhir ngarang siih.

Suasana menjadi cair, hangat, dan lapar hahaha. Duo MC mempersilakan kami untuk menyantap hidangan makan malam. Ada menu buffe berupa nasi, sayur, lauk pauk, dan salad buah. Sampai di ujung eh ternyata ada menu pasta dan spaghetti juga. Untung tadi ngambil nasi hanya dikit, jadi ronde kedua masih bisa lah yaa…

Pict by @_masjo

Kami menikmati hidangan santap malam sambil ditemani hiburan musik dari The Fatty. Katanya grup musik ini tiap Jumat emang manggung di Nestcology. Suaranya apiik, lagu-lagu yang dibawakan juga saya suka.

Ronde kedua, saya beneran ambil pasta. Pas banget, pasta saya udah matang, Nuno naik ke panggung. Udah mulai nih acara #NgobrolbloggerSMG , sayapun kembali ke tempat duduk saya.



Tema obrolan di acara malam itu adalah tentang FOOD ENTHUSIAST. Saya mengenal Nuno memang sebagai food blogger. Selain sebagai penyiar radio tentunya. Nuno banyak mengulas makanan di blognya, meskipun ada juga sih tulisan dengan tema lain seperti review film, dll. Kalo instagram, full fotonya makanan semua. Jadi foto-foto lain, misalnya foto kopdar gitu dia ngga pernah pajang di IG, tapi di facebook. Kayaknya bisa juga nih ditiru cara Nuno, bagaimana membuat social media yang dia miliki kontennya beda.

Food enthusiast, apa itu? Food entuasiast adalah orang yang berantusiasme tinggi terhadap makanan, yag kalo lihat makanan langsung girang, poto-poto, trus upload di socmed.

Food enthusiast ini hobi yang lagi naik daun. Hobi yang dibayar, karena banyak resto yang menjadikannya agen promosi.

Tips paling utama kalo kamu mau jadi food enthusiat, adalah suka makan dan jangan takut gendut!! Kaya hestek andalan Nuno nih, #MakanGendutGaMakanLemes sama #ManganLemuRaManganRaKuruKuru jadi mending makan saja hahaha.

Bagaimana cara mereview makanan? Ngga cuma bilang enak atau ngga enak, rasanya manis, asin, ato asem, tapi usahakan tau juga komposisi makananannya apa. Food enthusiast harus mereview makanan dengan jujur dan objektif. Kalau rasanya ngga enak gimana? Sampaikan dengan bahasa yang halus dan mudah dipahami. Karena kita bukan kritikus makanan. Ngga enak bagi kita juga belum tentu ngga enak bagi orang loh. Selera bisa beda kaan.

Food enthusiast juga harus belajar fotografi, biar tampilan poto makanannya apik-apik, mengundang orang lain untuk pengen ikut mencicipi.

Tapi gimana nih kalo suka lupa motret? Begitu salah satu pertanyaan dari peserta. Hahaha ini mewakili saya banget. Yang biasanya baru keinget pas makanan udah separo dan berantakan, udah ngga instagramable lagiih.

Kata Nuno ya jangan sampai lupa, kalo namanya food enthusiast pasti naluri aja sih liat makanan yang kepikiran di awal adalah motret. Potret dulu aja yang banyak, upload nanti, ga harus saat itu juga. Kasian maak sama anak-anak yang udah keburu lapar hahaha.

Mau jadi food enthusiast, ga hanya nunggu undangan resto yaa. Harus mau keluar modal juga, tapi ngga mesti mahal. Mau hemat bisa ngajak banyak temen hang out bareng ke tempat makan, tanggung renteng, pilih menu yang beda, biar bisa saling icip-icip, bahan reviewnya jadi banyak deh!

Eh ngomong-ngomong soal hangout, Nuno kemudian memperkenalkan salah satu produk BCA yang bikin hang out makin all out, yaitu Sakuku.  Nuno menjelaskan sepintas tentang sakuku, yang kemudian dilanjutkan oleh Mas Amin Laurent yang menjelaskan lebih detail mengenai produk ini.

Jadi, apa itu BCA Sakuku?



Sakuku adalah dompet elektronik yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi smartphone dalam melakukan bayar belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya.

Caranya gampang hanya perlu download aplikasinya di Play Store (Android) ataupun App Store (iPhone) dan gunakan nomor HP sebagai nomor kepemilikan Sakuku. Jadi siapapun bisa daftar Sakuku, bahkan yang bukan nasabah BCA sekalipun.

Mau mendapatkan fungsi yang lebih dari sakuku, bisa daftar menjadi Sakuku Plus, biar nanti bisa transfer uang ke sesama pengguna sakuku, bisa request minta dikirimin uang, berbagi tagihan alias split bill, dan tarik tunai di ATM BCA bertanda Tarik Tunai Sakuku di sini.

Emang merchant mana aja, yang bisa bayar pakai Sakuku? Banyaaak. Untuk merchant online ada Bhinneka.Com, Bibli.com, dinomarket, Kaskus,Perkakasku.com, dan rajagame.co.id.

Untuk toko biasa, lebih banyak lagi. Karena saya tinggalnya di Semarang jadi saya tertarik memperhatikan merchant yang di Semarang ajah. Ada pesta kebun, Som-six Resto Garden, Tekodeko, Mr.Pancake, dan masih banyak lagi. Bisa dicek aja yah di 
http://www.bca.co.id/merchantsakuku.

Biayanya gimana?

Tenaaang… layanan ini bebas biaya administrasi bulanan kok. Keluar biaya cuma sekali pas registrasi Sakuku aja, 1x SMS (Rp 250 - Rp 350,- tergantung jenis operator).

Mas Amin Laurent selesai menjelaskan tentang sakuku, hayooo pada mudeng ngga nih, ntar keluar di ujian lho, hahaha…

Tapi beneran, pada sesi kuis MC melontarkan pertanyaan tentang apa itu Sakuku. Mara ngacung, menjawab, dan benar, horeee dapat hadiah.

Sesi bagi-bagi hadiah belum berakhir. Masih ada hadiah bagi penanya terbaik, postingan socmed terbaik, dan yang beruntung nomornya keluar di doorprize. Sayang nama dan nomorku ngga keluar hiks.

Untungnya udah dihibur sama Stand Up Comedy Semarang ada mas @gondrongg dan @yogayayugo. Akhirnya looh kesampaian juga nonton live stand up comedy. Udah lama rasan-rasan pengen nonton stand up comedy, eh keturutan di acara ini, hihi.

Terakhir foto bareng, tuker gudibek, dan pulaaang. Duuh maapkeun ya sama temen-temen yang terlewat ga kusapa malam itu. Buru-buru pulang karena udah malem, sampe rumah baru teringat, ya ampuun ada si ini, si itu, kenapa ngga sempet ngobrol ya, kenapa ngga kelihatan ya tadi, hiks, nyesel banget. Next time ketemu lagi ya InsyaAlloh, bakal salim satu persatu deh :D

Komentar

  1. Kemarin salim nggak ya sama aku? haha

    BalasHapus
  2. Seru ya mba acaranya..
    Sakuku memang canggih ya. Kalo pas makan2 bs langsung bayar pake aplikasi. Jadi lebih mudah dan praktis. Selain itu jg bnyk manfaat yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nyobain ya Hanan, traktir dong pakai sakuku hihi

      Hapus
  3. Wah saya dulu pernah mau jadi blogger traveller dan food blogger, tapi gagal wkwkkw... Jadi BCA sakuku itu sejenis ecash kayak bank sebelah yak? :D

    BalasHapus
  4. Karena udah malem banget ya mbak rahmi, jadi kita pengen cepetan pulang, mudah2an besok2 maksimal jam 6 sore acaranya biar lebih seru dan tidak kemalamam 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikir anak yang rewel di rumah hahaha

      Hapus
  5. Si aku sempat diajak ngobrol ga maaaak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lali mbaa, saking akehe menungso hihihi

      Hapus
  6. Sekarang semarang sering ada event juga ya. Asyiknyaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa, yuk gabung dengan blogger semarang

      Hapus
  7. Wah enaknya ya ngumpul blogger, saya dulu pernah diundang tapi belum kesampean ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan ya kak :D hhi biar nambah temen juga

      Hapus
  8. enak banget ya gathering ada promosinya hoho :D fasilitasnya enak enak jadinya

    BalasHapus

Posting Komentar