Jumat, 26 Agustus 2016

Aplikasi MyJNE, Aplikasi Wajib Bagi Pelaku Jual-Beli Online

Halo temans, kali ini saya mau cerita tentang pengalaman tak terlupakan saat jualan online.

Halo! Ada yang mau beli komik Mak Irits?
Yang namanya penulis yang sudah menerbitkan buku, biasanya ya otomatis akan jadi bakul alias penjual. Minimal njualin buku yang ditulisnya kan. Begitupun yang terjadi dengan dirikuh.

Begitu komik Mak Irits dikabarkan sudah terbit, tentu saja dengan hebohnya saya ngeshare penampakan komiknya di socmed. Fomo doong, biar kekinian.

Tak lupa juga saya menawarkan kepada teman-teman yang mau ikut order dengan iming-iming bonus tanda tangan. Tanda tangannya boleh milih ngga mbak? Tanda tangannya Raditya Dika gitu? *tabok*

Awal-awalnya sih semangat ya, namanya juga euforia penulis baru. Lama-lama letih juga. Balesin inbox satu-satu orang yang pesen komik, nanyain alamatnya dulu, cek ongkir, PM lagi, terus orangnya ngga jadi beli. Apppaah...?

Akhirnya saya terapkan strategi flat ongkir, biar lebih praktis, ngga capek bolak-balik cek ongkir. Jadi dari awal calon pembeli udah tahu berapa nominal yang harus dibayarkannya, dimanapun rumahnya berada ongkirnya tetep sama. Saya pikir yaudah gapapalah untung dari buku diambil sedikit buat subsidi ongkir.

Tapi ternyata... banyak juga yang pesen lokasinya jauh-jauh, ada yang di luar Jawa segala, dan ongkirnya dua kali lipat dari flat ongkir yang udah saya terapkan. Huaaa rugi bandar eykeh. Tapi ya karena di awal udah bilang flat, masa saya mau ubah harganya, ngga mungkin kan. Yaudah iklasin aja, jadi pelajaran untuk ke depannya.

Ternyata kasih tarif flat emang lebih simpel tapi bikin rugi hihihi. Jadi saya harus cari cara gimana biar ngecek tarif ini ngga bikin ribet. Karena selama ini, kalo ngecek tarif saya harus ngidupin laptop, buka web JNE, ketik kota, baru ketahuan tarifnya. Lumayan bikin ribet. Kadang pas calon customer ngejapri, pas lagi di luar rumah ngga bawa laptop. Mau bales nunggu pulang ke rumah dulu kan, dan sampai rumah saya lupa, hahaha.

Solusinya: Download Aplikasi MYJNE

Sabtu, 20 Agustus kemarin, saya dan beberapa teman blogger lainnya diundang mengikuti gathering JNE bersama blogger dan media. Acaranya ngobrol-ngobrol santai aja, sambil makan-makan dan poto-poto. Pada acara itu pihak JNE menyebutkan beberapa inovasi pelayanan JNE salah satunya aplikasi MyJNE.

menghadiri acara gathering bersama JNE
Aplikasi ini bisa didonlot gratis di google playstore. Dengan aplikasi ini kita bisa cek tarif pengiriman barang, mengetahui lokasi kantor JNE terdekat, melacak status pengiriman, langsung melalui smartphone. Jadi melayani pembeli bisa sambil gegoleran di kasur, nungguin anak sekolah, atau sambil pup *ups don't try this at home yak >.<

Bukan hanya itu aja JNE juga menyediakan fasilitas semacam rekening bersama yang disebut MY COD kependekan dari Cash On Digital.

Udah pada donlot belum? Saya udah dooong. Nih saya jelaskan fiturnya satu persatu yaa..



1. Search Air Waybill
Resah dan gelisah nunggu paket ga kunjung dateng atau bolak-balik ditanya sama konsumen paketnya kok belum nyampe. Kamu bisa gunakan fasilitas ini. Tinggal ketik nomor resinya di kolom yang sudah disediakan kemudian klik "search" atau bisa juga dengan mengklik gambar kamera mungil, arahkan ke barcode yang ada di resi.

2. Check Tarif
Sebelum download aplikasi My JNE di smartphone, saya biasa cek ongkos kirim di web JNE. Nah ini yang bikin saya males, karena harus buka laptop seperti yang saya bilang tadi di awal tulisan ini. Padahal ngga setiap saat saya bisa online di depan laptop. Ngga enak juga kalo low respon apalagi saya suka lupa, ntar berhari-hari baru inget kalo kemarin ada yang order komik Mak Irits.

Kok ga buka web JNE di ponsel aja bu? Pernah coba, tapi jadi kurang enak navigasinya. Ya tampilan web kan lebar ya cocoknya untuk layar besar macam laptop atau PC. Kalo dibuka di smartphone, jadinya pusing lihatnya. Lagipula aplikasi My JNE menurut saya lebih cepet loadingnya dibanding via web.




3. JNE Nearby
Mau cari kantor JNE yang terdekat dari rumah? Gunakan fasilitas ini. Pastikan GPS sudah on ya. Nanti otomatis akan muncul gambar joni di lokasi yang ada agen JNE nya. 

4. MY COD
COD singkatan dari Cash on Digital. Jadi ini semacam rekening bersama yang bisa digunakan penjual dan pembeli online supaya transaksi lebih aman dan nyaman.

Alurnya begini. Pertama penjual dan pembeli harus sama-sama sudah punya akun di My COD. Saat penjual dan pembeli sudah deal dengan suatu transaksi, tinggal bayar dan kirim, si penjual membuat form order di My COD. Isilah nama pembeli, nomor HP pembeli (yang didaftarkan di akun My COD), nama barang yang dibeli, lengkap beserta harganya.

Kalau sudah My COD akan mengirimkan itu ke pembeli, baik via SMS maupun email (yang sudah didaftar). Jadi pembeli tahu jumlah yang harus dibayar.

Nanti kalau uang sudah ditransfer, si penjual akan mendapat pemberitahuan dan harus segera mengirim barang. Kalo barang udah dikirim, jangan lupa laporan nomor resi ke My COD ya. Uang yang ditransfer pembeli akan sampai ke Wallet My COD penjual, nanti setelah barang diterima oleh pembeli. Kalo barang ga dikirim-kirim sama penjual? Tenang aja, uang akan balik kok ke wallet My COD pembeli dan bisa ditarik ke rekening. Jadi aman, dan sama-sama enak untuk penjual maupun pembeli. Selain itu juga lebih simpel dan hemat waktu. Ngga perlu ceki-ceki inet banking apalagi lari ke ATM.

5. MY COD Wallet

My COD Wallet semacam profil My COD yang memuat data-data kita. Ada empat fitur di My COD Wallet  yaitu transfer, top up, cah out, dan history.

Kalau kita mau membayar order belanjaan dengan My COD klik "transfer". Tapi tentu saja untuk melakukan transfer kita harus punya deposit di sana. Gimana cara ngisi deposit, silakan baca syarat dan ketentuannya dengan mengklik opsi "top up". Ngisinya ngga harus senilai persis barang yang kita beli, dilebihin gapapa, biar kalo mau belanja lagi ngga bolak-balik ngisi. Tenang aja, kalo kita pengen sisa uangnya balik bisa kok, klik aja opsi "cash out" dan isi data-datanya.




Waw, dengan aplikasi MyJNE jual-beli online jadi lebih mudah dan nyaman ya. Bagi kamu pelaku jual-beli online, aplikasi MyJNE wajib ada di smartphone kamu ;)

8 komentar:

  1. Bisa belanja komik lewat MyJNE dong ya mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbaaa mau order berapa hihihi

      Hapus
  2. kalo ada aplikasi jadi gampang cek tarif ya mbak?
    Ga sah buka web, aku dulu juga suka ribet klo cek ongkir via web

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sambil goler2 di kasur momong anak

      Hapus
  3. aplikasinya praktis dan membantu banget ya
    nggak bakal rugi lagi deh, nggak pakai tarif flat lagi

    BalasHapus
  4. bakal jadi andalan aku juga niiih di tanah air

    BalasHapus