5 Wisata Populer di Surabaya




Halo temaans, sudah pernah mengunjungi Surabaya? Selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga dikenal memiliki destinasi-destinasi wisata yang menarik. Kota kedua terbesar di Indonesia ini mengundang banyak wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah, serta menikmati beragam hiburan yang ditawarkan di Surabaya.

Kalau kamu berasal dari luar kota Surabaya, bisa berkunjung dengan pesawat udara menuju Bandara Internasional Juanda yang kini sudah diperbaharui penampilannya, dan untuk mendapat tiket pesawat murah ke Surabaya, pesanlah tiket dari jauh hari sebelumnya, atau memeriksa promo tiket yang ditawarkan oleh travel online seperti Reservasi. Setiba di Surabaya, bisa lanjut menggunakan jasa taksi bandara Prima atau mobil carteran ke tempat yang dtuju uintuk pilihan yang lebih nyaman. Kalau mau pilihan yang lebih irits, paksa temen-temen kamu yang tinggal di Surabaya untuk menemani dengan kendaraan mereka. Hahaha..


Berdasarkan info dari beberapa teman juga internet, ini dia 5 wisata populer di Surabaya.

1.       Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun binatang ini dulu merupakan yang terlengkap di Asia Tenggara. Ada sekitar 2.806 jenis hewan menghuni tempat ini, termasuk satwa langka yang dilindungi. Kita bisa berkunjung antara pukul 08.00 hingga 17.00 Wib, dengan membayar tiket masuk Rp. 15.000. Lokasinya di depan patung “Suroboyo”, yaitu Suro (Hiu) dan Boyo (Buaya) di Jl. Setail No. 1, dan dekat Terminal Joyoboyo. Yaa meskipun sekarang banyak yang bilang sekarang KBS ini kurang terawat tapi saya baca di salah satu situs berita online, pada libur lebaran kemarin KBS tetap ramai dikunjungi wisatawan.

2.       Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah wahana wisata air terbesar di Surabaya. Area wisata seluas kurang lebih 5 hektar ini bertema dongeng Petualangan Sinbad untuk memikat anak-anak. Kedalaman kolam-kolamnya hanya sekitar satu meter, sehingga cukup aman untuk anak-anak bermain air. Wahana kolam juga disesuaikan dengan kelompok usia pengunjung. Untuk dapat masuk ke Waterpark ini kita harus membayar tiket masuk Rp. 110.000 per orang, atau Rp. 130.000 kalau akhir pekan.

pic: ciputrawaterparksurabaya.com
3.       Suroboyo Carnival Night Market

Taman hiburan berkonsep pasar malam ini menawarkan aneka hiburan yang sangat menarik, terutama bagi anak-anak. Ada berbagai wahana permainan, toko-toko, panggung hiburan, dan restoran di dalam area Suroboyo Carnival. Kalau Jakarta punya Dunia Fantasi (Dufan), Surabaya punya Suroboyo Carnival, kira-kira mirip versi mini Dufan dengan lebih dari 20 wahana permainan. Khusus akhir pekan, ada pawai carnival yang meriah, dan bisa berfoto ria bersama para penghibur pawai dengan dandanan-dandanan uniknya.

Lokasi Suroboyo Carnival berada di Jl. Ahmad Yani No. 333, dekat Markas Komando Resort Militer di daerah Waru. Anda sudah bisa melihat gemerlap lampu-lampunya pada saat melintasi jalan tol bandara ketika menjelang malam. Tempat ini buka mulai pukul 17.00 hingga 11 malam dengan harga tiket masuk pengunjung Rp. 60.000 per orang, dan Rp. 80.000 per orang ketika weekend.
4.       Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Salah satu wisata alam favorit di Surabaya, cocok untuk yang mencari tempat tenang namun masih dekat dengan kota. Di sini kita bisa jalan-jalan menyusuri jembatan bambu yang diapit oleh rindangnya tanaman-tanaman bakau, atau bisa juga menggunakan perahu menyusuri sungai untuk menikmati pemandangan hutan mangrove ini. Lokasinya masih dekat dengan Bandara Juanda Surabaya di Desa Wonorejo.
5.       House of Sampoerna

Museum bergaya kolonial ini menjadi salah satu icon di Surabaya. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1862 ini dulunya dipakai sebagai panti asuhan oleh Pemerintah Belanda, lalu dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee untuk ruang produksi rokok Sampoerna.
Di sini kita bisa menyaksikan langsung proses pembuatan rokok, dan tak hanya mengisahkan perusahaan rokok terbesar di Indonesia, museum ini juga menonjolkan semangat jiwa pendirinya, serta sejarah perjalanan usahanya. Pengunjung bisa datang tanpa dipungut biaya sepersen pun, tapi anak-anak di bawah usia 17 tahun tidak diperbolehkan masuk. Kalau kelaparan, tenaaang ada kafe yang cukup oke di area museum ini. Sebelah barat bangunan museum menjadi tempat tinggal keluarga keturunan pendiri museum, dan tampak sebuah galeri seni yang biasa digunakan untuk pameran atau pagelaran seni.

Cafe House of Sampoerna pic: houseofsampoerna.museum

Setelah puas berwisata di Surabaya, jangan lewatkan juga menikmati kuliner khas Jawa Timur yang enak, lihat foto-fotonya di instagram aja udah bikin ngilerrr.

Sayang tahun lalu pas saya dan keluarga jalan-jalan ke Surabaya, belum sempat mengunjungi 5 wisata populer di Surabaya ini, karena waktu yang tidak memungkinkan. Kami hanya sempat jalan-jalan di Taman Bungkul yang juga cukup ngehits. Tamannya bersiiih banget dan nyaman buat nongkrong-nonkrong tsantik bareng keluarga atau teman.

Komentar

  1. Ke Ciputra waterpark keknya seruuu..
    Aku beberapa kali ke Sby cuma kerumah sodara ga jalan2 😅

    BalasHapus
  2. Hmmm, bagus2 kayaknya tempatnya y, mbak. Kalo ke jatim identiknya ke malang. Kapan2 deh nyempetin ke surabaya dan nyambangi tempat2 diatas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kemarin ke Jawa Timur aku juga lebih banyak mengeksplore Malang drpada Sby

      Hapus
  3. Nomer 2 dan 3 belum. Biasanya aku jalan2 ke tempat gratis ato murah hahaha

    BalasHapus
  4. ke KBS sudah pernah, kayaknya pengen yang Suroboyo Carnival Night Market sama House of Sampoerna aja deh

    BalasHapus
  5. wah..pengeen :)
    walau dulu kaka pernah tinggal di surabaya, saya belum sempet keliling2 obyek wisata nya..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa sayang ya mbaa, ayuk ke Surabaya lagii

      Hapus
  6. Wah belum pernah kesana smua
    Kalau ke Surabaya hanya lewat saja.
    Smg bisa jalan2 ke Surabaya suatu hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba mampir bentar, eh lama ding objek wisatanya banyak hihi

      Hapus
  7. Selama ini cm lewat aja ke surabaya , semoga lain kali kesana buat liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya liburan anak2 kan dah agak gedee

      Hapus
  8. Aku juga belum ke 5 tempat itu, mba. Jadi pengin main ke surabaya lagi :D

    BalasHapus
  9. Tambah 1 lg mak harusnya museum kapal selam. Deketan de KBS

    BalasHapus
  10. Masih penasaran sama House of Sampoerna, belum ada kesempatan pas ke Surabaya dulu. Waktunya cuma dua hari dan takut ketinggalan kereta, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok2 ke Surabaya seminggu ya mbaa

      Hapus
  11. aku jadi kangeeen Surabayaaa mbaa...tambah banyak tempat asyik yah :)

    BalasHapus
  12. Wah menarik mba, lumayan buat referensi kali jalan-jalan ke surabaya
    ngomong-ngomong House of Sampoerna letaknya di mana ya, apakah terbuka untuk umum?

    Salam
    http://kelilingdesa.com

    BalasHapus
  13. wah menarik tuh dan kayanya seru tempat wisata nya

    BalasHapus
  14. Dari dulu saya pengen banget ke ciputra water park huhu u,u

    BalasHapus
  15. Wah, bisa jadi Pilihan wisata yang bagus nih pas liburan ke kota pahlawan. makasih ya mba sarannya.

    BalasHapus

Posting Komentar