Persiapan Mudik

H-5 lebaran, siapa yang sudah mudik?

Saya sih belum, baru ntar H-2 mudiknya, deket ini, kalo hari biasa jarak rumah saya ke rumah ortu ditempuh hanya 1,5 jam. Moga ntar pas harinya mudikpun tetep lancar jaya deh. Aamiin.

Bagi yang mau mudik, gimana persiapannya? Saya biasa mempersiapkan mudik paling tidak dua hari sebelumnya. Kalau mudiknya jauh, jaman waktu ortu masih di pulau seberang yaa biasanya sebelum itu udah prepare. Apa saja yang disiapkan?

1. Persiapan yang mau dibawa

Mudik ke kampung halaman tentunya membawa sesuatu dong. Selain membawa diri, ada pakaian ganti, bekal makanan dan minuman, obat-obatan, maupun oleh-oleh. Saran saya jauh-jauh hari bikin list apa yang sekiranya perlu dibawa. Soalnya kalo ngga biasanya adaaaa aja yang ketinggalan. Apalagi yang mudiknya bawa anak kecil. Bagi yang bawa kendaraan pribadi, jangan lupa kondisi kendaraan yang dibawa mudik harus dipastikan dalam keadaan fit, supaya nyaman dan tidak merepotkan kita di perjalanan nantinya.



2. Persiapan yang mau ditinggal

Selain menyiapkan apa-apa yang mau dibawa, kita juga harus mempersiapkan apa yang mau ditinggal. Seperti rumah. Tinggalkan rumah dalam kondisi bersih. Karena kalo ngga kita sendiri yang puyeng ntar pas balik dari mudik. Udah capek di jalan, mau istirahat eh mendapati rumah kotor dan berantakan. Yang paling utama biasanya saya membersihkan dapur dan ruang makan. Jangan sampai ada makanan tertinggal dan basi yang akan mengakibatkan bau tak sedap, semut, dan jamur. Selain itu saya juga biasanya membersihkan kulkas. Karena kalo pas mudik, biasanya kulkas saya matikan. Selain hemat listrik, antisipasi kalau pas selama saya pergi sering mati lampu, elektronik cepat rusak, jadi saya matikan aja sekalian. Tapi ingat kulkas harus dalam keadaan bersih, tidak ada sisa makanan yang terbuka di sana, dan jangan ditutup rapat, buka sedikit buat sirkulasi udara.

Selain itu yang punya binatang peliharaan, kalo binatangnya mau ditinggal jangan lupa juga pikirin nasib tu binatang ya. Mau dibiarkan aja di luar cari makan sendiri atau dititipkan ke tempat penitpan hewan. Jangan sampai lupa binatangnya ada di dalam, sementara rumah sudah kita tinggalkan da tertutup rapat. Selain kasian binatanya ngga bisa cari makan ntar pasti bakalah buang air di rumah juga. Udah pernah kejadian soalnya, hehe.

Tinggalkan rumah dalam keadaan bersih. Pic by: desain-minimalis.com

3. Mempersiapkan Asuransi Kecelakaan

Tahun 2015 angka kecelakaan mudik mencapai 3.049 kasus (kompas.com). Mudah-mudahan sih di tahun ini perjalanan mudik aman terkendali ya. Sehat selamat sampai balik lagi ke tempat tinggal usai lebaran nantinya. Aamiin.

Akan tetapi ada baiknya juga kalau kita mempersiapkan asuransi kecelakaan. Apalagi saat ini PasarPolis.com bekerja sama dengan PT Zurich Topas Life membagikan 1.000.000 asuransi kecelakaan GRATIS bagi para pemudik. Asuransi ini  memberikan perlindungan dari risiko meninggal dunia karena kecelakaan bagi pemudik dan keluarganya dengan nilai tanggungan hingga Rp 25.000.000 dalam rangka kampanye “Mudik Aman” sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap berhati-hati selama perjalanan mudik.


asuransi mudik gratis

Ini merupakan tahun kedua bagi PasarPolis.com untuk memberikan asuransi kecelakaan gratis selama masa mudik. Dari 1.000.000 asuransi tersebut, 200.000 polis diberikan kepada para pengemudi GOJEK yang akan melakukan perjalanan mudik.

Untuk mendapatkan polis asuransi kecelakaan dari PasarPolis.com dan Zurich Topas Life, kunjungi website www.mudik.pasarpolis.com. Masukkan data diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, kota, tanggal lahir, nomer handphone dan alamat e-mail pada kolom yang sudah tersedia. Setelahnya, PasarPolis.com akan mengirimkan polis asuransi dari Zurich Topas Life langsung ke alamat e-mail yang didaftarkan. Polis asuransi ini akan berlaku selama 30 hari sejak kita mendaftarkan diri. Yuk tunggu apa lagi, daftar segera sekarang!


Komentar

  1. aku tiap kali mau pergi pasti beresin rumah dulu, jadi pas pulang ga bete liat rumah berantakan dan berdebu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa aku pernah pulang mudik rumah berantakan, capeknya jadi dobel, hiks

      Hapus
  2. Duuuh, banyak yang harus dipersiapkan ya mbak saat mudik nanti :) hihi yang terpenting, semoga mudiknya aman dan selamat sampai tujuan deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa harus dicicil jauh-jauh hari

      Hapus
  3. Selamat mudik ya mbak, semoga perjalanannya lancar~ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih. *baru balas setelah pulang mudik hihi*

      Hapus
  4. aku juag udah beresin rumah nanti pulang paling tinggal nyapu ngepel aja karene debu beberapa hari ditinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaa biar nyampe rumah bisa leyeh-leyeh yah

      Hapus
  5. Aku gak mudik ke mana-mana. Di rumah aja, nginem bahahaha. Selamat Lebaran, Mak irits! <3

    BalasHapus
  6. Semua kudu dipersiapkan dengan baik supaya mudiknya lancar jaya. Pulang mudik juga berharap tidak terjadi apa-apa dengan rumah yang ditinggalkan. Semoga mudiknya aman dan lancar. Kalo mudik sih, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ALhamdulillah mudik saya kemarin lancar, ngga kena macet juga :)

      Hapus
  7. yang penting sebelum mudik rumah beres semua.. jadi kalau pulang, capek bisa langsung istirahat

    BalasHapus

Posting Komentar