Nostalgia #HariPertamaSekolah

Beberapa hari kemarin socmed cukup ramai dengan hashtag #HariPertamaSekolah. Banyak yang upload foto anak-anak mereka di hari pertama sekolah berikut cerita singkatnya.

Nganter Thifa kegiatan sekolah: latihan haji

Saya nggak ikut, bukannya mau anti mainstream, tapi karena emang Thifa belum saya daftarkan sekolah lagi. Dan Hana juga masih 2,5 tahun jadi emang belum sekolah.

Seharusnya sih sekarang Thifa udah masuk TKB, ya ampuun waktu begitu cepat berlalu yah, setahun lagi anak itu pakai seragam putih merah kalau didaftarin sekolah ;')


Meski ngga sekolah, Alhamdulillah Thifa udah bisa baca tulisan-tulisan yang sederhana. Tapi kalau yang sulit misalnya gabungan dua huruf konsonan gitu kaya "ng" sama huruf mati di akhir atau tengah kalimat, dia emang belum begitu bisa. Menulis pun udah lumayanlah bisa, cuma sering lupa dia ngga dikasih spasi antar kata. Jadi nyambuung aja panjang kaya kereta api.

Untuk ngaji Alhamdulillah udah hampir tamat iqro 4. Sementara hapalannya sekarang lagi coba ngapalin surah Al-Adiyat.

Tiap sore, Thifa rutin ngaji di masjid dekat rumah neneknya, karena kami udah dua bulan ini tinggal di neneknya Thifa. Rumah kami sedang di renovasi.

Kalau kemarin pas masih di Sendang Mulyo, masih suka bolong-bolong TPQ nya, mulai Ramadhan kemarin, Thifa saya giatkan lagi ke Masjid, ngga boleh bolos kecuali terpaksaa banget. Alamdulillah dia sudah mulai menikmati sorenya di TPQ. Udah mulai punya temen meski kalau ditanya nama temannya dia ngga tahu :D :D

Sempet mau posting foto #HariPertamaSekolah di TPQ, tapi pas itu batre HP lagi kosong. Hari keempatnya udah niat ambil foto anaknya malah ngga mau difoto. Failed banget lah pokoknya.

Jadi sekarang saya pengen nostalgia aja sama hari pertama sekolah.

Hari pertama sekolah Thifa dulu yaaa. Thifa pertama kali sekolah di SGM Prestasi Center. Hari pertamanya, tiap kali berkegiatan Thifa pasti narik-narik emaknya. Emang sih, waktu itu untuk anak seusia Thifa, harus didampingi orang tua, dan ortu harus ikut masuk dalam kelas.


Lama-lama Thifa mulai berani sendiri, bahkan pentas naik ke atas panggung dia berani meski mukanya masih bingung-bingung di atas panggung. Waktu itu umurnya belum ada tiga tahun, hmm mungkin seumuran lah sama Hana sekarang.

Hari pertama masuk sekolah selanjutnya adalah pada saat PAUD di AL-Mufid. Waktu itu SGM Prestasi Center udah kukutan alias tutup dan Thifa katanya pengen sekolah lagi. Didaftarin lah dia di Al-Mufid. Hari pertama sekolah dia dianter sama ayahnya, ditungguin sampai ayahnya ngantuk-ngantuk. Emaknya di rumah karena dek Hana masih bayi banget waktu itu. Hari keduanya udah mau ditinggal ayahnya, ngga ditungguin, dititip ke budenya (sepupu si ayah) yang anaknya juga sekolah di situ. Eh la kok udah lamaaa sekolah malah mintak ditungguin emaknya terus dalam kelas, habis itu males-malesan sekolahnya.

Nah sekarang hari pertama sekolah saya..

Kalau saya sih hari pertama sekolahnya banyaaak. Karena saya sekolahnya sering pindah. TK sampai SD kelas 3 di Bandung. Kelas 4 SD pindah Makassar. SMP sampai kelas 3 cawu 1 di Makassar. Cawu 2 nya pindah Denpasar. SMA di Kudus, kemudian kuliah di Semarang.

SD di Makassar, udah mau perpisahan nih

Saat perpindahan kota itu lumayan juga adaptasinya. Pertama kali di Makassar saya bingung dengan dialek orang sana. Jauhhh kan ya sama logat Sunda. Begitupun pertama kali di Kudus. Banyak teman saya yang orang Jawa bilang saya kalau ngomong kaya membentak padahal ngga loh, suer bener.

SMA di Kudus

Tapi senengnya pindah-pindah kota itu, kita jadi punya banyak teman, dan kaya bahasa juga budaya. Mau ke Bandung ada teman, ke Makassar ada teman, ke Bali juga ada teman.

Sebenarnya banyak yang mau diceritakan di hari pertama sekolah, tapi sekian dulu aja deh, mau masak nih. Ga enak mertua udah uprek di dapur, mantunya kamarnya masih tutupan haha.



Komentar

  1. Wah Thifa pantaran anakku ya mba soalnya tahun ini masuk TKB dan tahun depan inshallah masuk SD :)

    BalasHapus
  2. Mbak Rahmi seru ya cerita hari pertama sekolahnya banyak.

    BalasHapus
  3. Kalo sekolah sering pindah2, tiap tahun pasti banyak cerita sendiri2 ya mak :)

    BalasHapus
  4. Wuaa. pindah-pindah sekolah
    Seru banget kayaknya, Mbak

    BalasHapus
  5. kmrn si kecil masuk sekolah aku jg ga bisa antein mbak.. bapaknya akhirnya yg cuti sehari demi si kecil :D.. 1-1 nya bpk yg nganterin anaknya ya cuma suamiku pas kmrn itu hihihihi.... pas masuk TK A dulu malah kita berdua sama2 ga bisa nganterin krn kantor memang ga bisa ditinggal. makanya masuk TKB diusahain bgt ama bpknya bisa dateng dan liat suasana pertama sekolah... anak2 barunya dia bilang bermacam tingkah gaya :D..

    BalasHapus
  6. Hihihi jd kembali mengingat ingat hari pertamaku sekolah. Tk aku lupa tp yg kuingat setiap kali mau tahun ajaran baru aku selalu diajak bapak ke rumah sepupuku yg kebetulan satu tingkat kelas diatasku... jd aku lungsurin tuh buku2 diktatnya hehehe kalau skrg enggak yaaa anak anak semua buku baru

    BalasHapus
  7. Hebat Thifa udah bisa bacaa :)

    BalasHapus
  8. Itu foto2 mbak rahmi masih kecil ada mbak? :D lucu hehehe

    BalasHapus
  9. wah aku jg blm jd antar anak sekolah krn mudiknya extend
    btw seru ya pindah2 sekola gtu, jd bnyk cerita ya mbk ttg kenangan masuk sekolah pertama kali :)

    BalasHapus
  10. Haduuuh paling mengesankan waktu anakku pertama TK. Nggak mau ditinggal, jadi aku ikut sekolah didalam kelas, duduk di kursi yg mungil itu selama.... SEBULAN ikut jadi murid TK. Wkwkwwkkk

    BalasHapus
  11. Waa kak tifa hebat sudah hapal Al adiyat.. semangat ya Nak. Eh tapi sekolah baik formal atau tidak intinya kan belajar ya mba..

    BalasHapus
  12. Waa kak tifa hebat sudah hapal Al adiyat.. semangat ya Nak. Eh tapi sekolah baik formal atau tidak intinya kan belajar ya mba..

    BalasHapus
  13. Di Makassar sekolah di mana mba? Kali aja kita satu sekolahan, hehehe

    BalasHapus
  14. Kok gak lanjut TK B mak kak Thifa nya... kenapa?#kepo

    BalasHapus
  15. Rahmiii seriusan dirimu kalo lagi ngomong kayak ngebentak? Parasmu terlihat lembut gitu kok hahaha...

    Ayok bentak aku atuhlaaah hehe...

    BalasHapus

Posting Komentar