Rabu, 08 Juni 2016

Resep Masakan, Salah Satu Yang Paling Banyak Dicari di Internet

Beberapa hari lalu saat sedang mantengin twitter, saya baca livetwit seorang teman yang menghadiri sebuah acara. Katanya ada beberapa tema yang paling banyak dicari saat Ramadhan ini di internet Salah satunya resep masakan.

Hem, saya rasa pendapat itu benar adanya, di hari pertama kemarin saya ditugaskan ibu mertua bikin opor, dan resepnya saya cari di internet. Maklumlah selama ini kalo masak opor pakai bumbu instan #emakmales, jadi begitu titahnya masak dengan meracik bumbu yang ada, buru-buru cari resepnya di internet demi pencitraan, huahaha.

Sebenarnya kalo resep masakan sih mau bulan puasa atau ngga tetep aja yah banyak yang nyari. Temen saya yang memang isi blognya resep masak aja viewer sehari sampai puluhan ribu!!! Sementara saya? Ah sudahlah jangan dibahas.

Beberapa teman juga ada yang menyatakan blognya gado-gado, maksudnya ngga berniche tertentu, tapi suka juga menulis tetang resep makanan, salah satunya Mba Lianny.

Caterpillar Killer Soft Bread
Killer Soft Bread-nya Mba Lianny, persis yang dijual di toko roti
Mba Lianny ini emang hobby masak sih, jadi sering banget saya lihat posting resep makanan. Bahkan pernah diendorse salah satu produk alat masak. Jadi pihak brand meminta dia memasak sesuatu dengan peralatan masak yang diberi.

Yang saya suka juga dari blog Mba Lianny, tiap kali menulis resep selalu ada cerita pengantarnya, jadi ngga ngebosenin,

Sempat kepikiran, nulis resep masakan juga apa ya kaya Mba Lianny, biar rame blognya, sukur-sukur dapet endorse juga, dan biar rajin masak juga tentunya.

Tapi , masih belum bisa fokus ke situ nih. Menurut saya cukup banyak hal yang harus dimiliki blogger resep. Satu harus bisa masak, atau bisa juga sih kita bayar chef aja untuk masak ntar kita tinggal poto-poto, tulis resepnya terus publish. Ada yang tau honor chef juna ngga sekali masak? >.<

Yang kedua harus pinter food fotografi. Ya soalnya ni kan bukan hanya sekedar masak terus dimakan. Harus difoto yang kece biar kalo dipasang di blog, orang tertarik, trus mau nyobain bikin.

Spanish Omelet With Corned Beef, Sajian Sarapan Praktis dalam Sekejap
Mba Lianny bikin Spanish Omelet, tuh penyajiannya cantik kan

Yang ketiga harus sabar dan telaten. Habis dimasak jangan langsung dicomot masuk mulut ya bu, sabaaar, diatur dulu tata letaknya, difoto dulu dengan berbagai pose dan beckround. Sebelumnya jangan lua dapur dibersihin, dirapikan. Pas masih jadi adonan difoto, dicemplungin ke minyak di foto. Jangan sampai salah, kamera masuk ke minyak, eh adonan yang dibuat motret *aqua mana aqua?*

Pernah sih beberapa kali saya nulis resep, ada yang buat lomba ada juga yang karena emang pas kebetulan suatu keajaiban terjadi, saya masak sesuatu yang beda dari biasanya.

Masaknya cepet, foto-fotonya cyiint yang lama. Sampe duo bocah bete, emaknya dari tadi moto melulu, kapan makannya nih.

Tapiii, belajar masak adalah salah satu hal yang emang pengen banget saya pelajari. Saya sampai udah niat banget cari-cari resep di internet, yang sekiranya cucok, udah saya save, tinggal mau diprint sama ditempel di dapur.

Motivasi masak paling utama sih anak ya. Saya pengen bisa bikinin macem-macem buat anak, suapaya menu makanan mereka setiap harinya bervariasi dan sehat. Yah semoga kesampaian. Doakan ya temans.

26 komentar:

  1. Masak itu seruuuu lho mba :)... Aku juga kecanduan walaupun ngg parah-parah amat hehehehe. Killer sof breadnya memang mengundang sekali tuh mbaaa.. Pengen coba buat berbuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa aku juga kalo liat orang masak, pengen juga pinter masak

      Hapus
  2. Saya juga sering cari resep masakan di internet. Kalau bulan puasa, biasanya postingan tentang makanan jadi banyak yang nge-klik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa banyak yang mendadak chef di bulan Ramadhan yaa

      Hapus
  3. Iya mba suka ngiler liat blog teman yg isinya resep kayak punya mba lianny. Selain ngiler gambarnya juga ngiler trafficnya. Tapi sayanya ga ahlu buat resep dam foto... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoo sekalian ngesave resep biar kalo lupa bisa dibuka2 lagi ya

      Hapus
  4. Masak sudah jadi keharusan untuk ibu rumah tangga. Selain ibadah juga supaya anak tidak sering jajan di luar yg kesehatannya tidak terjaga. Memasak jadi niche ngeblog lebih hebat lagi, ya ibadah, ya hobi, ya jadi profesi 😊

    Saya kadang aja publish resep, pas ada foto rada kinclong, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itulah aku masih susah dapet foto makanan yang kinclong, hikshiks

      Hapus
  5. wkwkwk.. kamera masuk ke minyak iki piye?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kali gara2 tanggal tua gagal fokus jadi salah masukkin hahaha

      Hapus
  6. aku juga kalau mau masak pasti nyari resep di internet, ke food blogger terutama, karena pasti mereka sudah praktek, terus tergoda lihat foto-foto kecenya, jadi ngiler dan pengen bikin deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa aku suka ke resep yang bener-bener dipraktekkan bukan yang copas majalah atau web lain. Makanya suka yang ada cerita pengantarnya.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Main aja ke blognya Mba Liannya ntar disuguhi makanan enyak-enyak... berupa foto hahaha

      Hapus
  8. Emang yang ribet tuh acara foto2nya. Apalagi kalo tiap step difoto, tangan masih penuh adonan, maksain pegang hp untuk jepret hahaha. Acara masak jadi lamaaaa :D
    Nah, betul juga tuh resep di print, aku suka liat resep langsung di hp, jadilah tiap mau baca harus bolak-balik buka hp, nggak praktis ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Lianny bikin cerita dibalik layarnya dong, keriwehan dll, pasti seruuu

      Hapus
  9. Saya juga pengen bisa bikin macem2 biar anak n suami terbiasa dengan masakan saya tentunya dengan variasi masakan yang sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip istri dan ibu yang baik ^_^

      Hapus
  10. aku banget ini mak mii.. biar menunya gak itu2 aja, biar lebih variatif apalagi menu sahur dan buka cari yang praktis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee mariana sekarang rajin masak nih yeee

      Hapus
  11. Iya nih, baca blogpostnya mbak lianny yang makanan, bikin lapar melulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakep2 yaa foto makanannya bikin ngiler

      Hapus
  12. Aku ga bakat jd food blogger deh bukan karena ga bisa masak tp tiap x masakan/rotinya jadi udh langsung comot aja hehhehe....

    BalasHapus
  13. wah , ini mah bikin ngiler semuanya

    BalasHapus
  14. huaa aku jadi laparr *puasa puasa puasa*

    BalasHapus