Rabu, 08 Juni 2016

Penulis Buku Anak Wannabe

Beberapa waktu lalu, di salah satu grup FB membuka pendaftaran untuk penulis buku anak ikutan workshop yang diadakan salah satu lembaga. Mupeng banget pengen daftar, tapiii, emang saya penulis buku anak? Hahahaha. Soalnya salah satu syaratnya udah ada karya yang diterbitkan baik dalam bentuk buku maupun diterbitkan di media. Kalo saya sih masih penulis buku anak wannabe.

Sebenarnya saya pernah juga bikin cerita anak loh, dalam bentuk komik. Publishnya online sama diprint sendiri. Waktu itu sama si Ayah mau ikutan lomba komik anak islami, tapi ngga menang. Terus beberapa tahun kemudian, karya itu diikutkan lagi untuk lomba yang lain, Alhamdulillah menang juara tiga.

Komik yang saya bikin bareng suami dan adik ipar


Nah saya sempet kepikiran bikin lanjutannya, jadi macam serial gitu. Tapi karena lagi mau fokus sama komik Mak Irits, akhirnya proyek bikin buku anak saya hentikan dulu sementara waktu.

Tapi sebenarnya komik Mak Irits kalo dipaksa-paksain bisa juga loh dikategorikan buku anak. Lah yang banyak baca ternyata anak-anak. Jadi saya tuh suka staking-stalking akun yang sering komen di IG @emakirits, pengen tahu aja karakter pembaca komik Mak Irits. Ternyata banyak diantara mereka yang masih SMP bahkan SD.

Saya sendiri cukup takjub, karena guyonan-guyonan yang saya buat di Mak Irits, yang pada awalnya saya tujukan untuk mamah-mamah muda, kok ya nyambung juga sama mereka ya.

Beberapa teman sesama ibu-ibu yang beli komik sayapun bilang kalau anaknya yang masih SD suka baca komik Mak Irits.

Di salah satu Gramedia, bahkan komik Mak Irits diletakkan di rak buku anak lho!

Tapi saya sih akhirnya ngga daftar workshop penulis buku anak, menyadari konsentrasi saya yang utuh belum di situ.

Keinginan nulis cerita anak tetep ada, *kayaknya saya kok banyak keinginan ya, hihi*. Tapi masih pengen belajar banyak dulu dari para senior. Alhamdulillah punya banyak temen penulis buku anak, salah satunya Mba Fita Chakra.

Beberapa buku yang ditulis mba Fita

Mba Fita emang spesialisasinya bikin cerita anak. Buku anak yang terbit udah banyak. Ada juga sih karyanya mba fita berupa cerpen remaja. Selain itu Mba Fita juga suka bikin kelas nulis untuk anak.

Mba Fita udah pernah ke rumah saya loh. Di acara kopdar rutin Ibu-ibu Doyan Nulis Semarang. Di sana kami menodong Mba Fita dengan berbagai pertanyaan seputar penulisan. Bisa dibaca di blog Ibu-ibu Doyan Nulis Semarang ini yah.

Udah ada beberapa draf cerita anak nih di kepala, doakan ya semoga bisa terealisasi. Ya paing ngga bisalah bikin cerita anak diterbitkan di media Aamiin.

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

8 komentar:

  1. Aamiin, mudah-mudahan bu segera terbit bukunya, mau dikirim ke penerbit mana tuh kira-kira?

    BalasHapus
  2. Aamiin. Moga-moga keturutan mbak

    BalasHapus
  3. Kenapa anak-anak suka baca komik mak irits? :D

    BalasHapus
  4. Dirimu keren mbak, semoga makin banyak buku yg ditulis ya.

    BalasHapus
  5. ditunggu komik terbarunya mak irit

    BalasHapus
  6. Mungkin krn gambarnya menarik, jd anak2 jd tertrik bca Mak Irits. Alhamdulillah dah pernah kopdaran sama Mbak Fita krn kebetulan rmhnya deketan. Lg nungguin kpn ya Mbak Fitany bikin pelatihan menulis buat emak2 hehehe

    BalasHapus
  7. Bukunya sudah terbit belum ya mba ?
    saya jadi pengin beli tuh, soalnya cocok buat bacaan anak saya
    terima kasih mohon diajwab ya mba dan salm kenal

    BalasHapus