Kemeja Batik, Untuk Acara Resmi Maupun Santai

Dulu, kalo orang pakai baju batik, biasanya yang ditanyain, "Mau kondangan ke mana?".

Iyes batik emang identik dengan acara resmi dan formal, salah satunya ya kondangan. Yamasa mau ke undangan pernikahan pakai kaos oblong, meski ada sih teman saya yang super cuek kaya gitu, kaosan ke kondangan.

Tapi sekarang beda, batik bisa digunakan untuk segala macam acara baik yang resmi maupun santai. Tinggal kita pintar-pintar pilih model bajunya kalo untuk perempuan. Tapi kalo kemeja batik untuk pria sih gitu-gitu aja biaanya ya, ngga bermodel aneh-aneh. Nah kalo ini kita harus pandai memilih padu padannya.

Baju Batik Untuk Resmi

Kalau baju batik untuk resmi mah pasti udah pada fasih yaa. Padu padannya ya celana kain sama sepatu pantofel. Tapi bisa juga nih, kalo pengen tetep casual meski di acara resmi, kemeja batik dipadupadankan dengan celana jeans, sepatunya bisa menggunakan sepatu kets boots. Andalan si Ayah nih kalo ke kondangan, karena di ngga terlalu suka pakai celana kain.

Batik sarimbit di acara pernikahan


Kemeja Batik Untuk Santai

Pakai kemeja batik untuk jalan-jalan ke mall, atau main ke rumah teman, kenapa ngga?

Waktu si ayah ke Singapura mau nonton pameran komik, ibunya membelikan kemeja batik, katanya untuk dipakai di sana, memperkenalkan batik ke warga Singapura. Padahal acara pameran komik itu kan bukan acara resmi ya, acaranya santai banget, rata-rata orang ke sana ya busananya casual, pakai celana jeans sama kaos. Dan emang ngga ada acara lain selain ke pameran komik selain jalan-jalan keliling kota.

kemeja batik dipadupadankan dengan celana pendek

Tapi yamasa udah dibeliin ngga dipakai, akhirnya si ayah memadupadankan kemeja batik dengan celana pendek. Kalo mau dipadu padankan dengan celana panjang jeans juga cocok kok. Untuk acara santai pilih kemeja batik yang lengan pendek, bahannya juga yang katun saja, jangan yang kainnya gilap-gilap kaya sutra ya, biar lebih nyaman dipakainya.

Kemeja batik, beli atau bikin?

Kalo pas pengen kemeja batik, lebih enak beli jadi atau bikin alias menjahitkan? Saya pernah sekali menjahitkan kemeja batik. Pas pernikahannya kakak yang kedua. Jadi ceritanya kita pengen kembaran gitu tiga bersaudara plus pasangan maisng-masing.

Lumayan ribet ya cyint! Cari bahannya dulu, diskusi sama sodara-sodara, pada suka ngga sama motifnya. Habis itu ke tukang jahit, pilih model baju, ngukur, dll. Ngoyak-ngoyak tukang jahit kalo bajunya belum jadi. Huaaaa.

Di rumah masih ada nih kain batik belum dijahit, mau jahitin ke tetangga yang bisa, eh waiting lisnya lama banget, mau ke tukang jahit lainnya belum sempat.

Sekarang sih saya lebih suka beli aja, terutama untuk kemeja batik cowok ya. Karena kalo cowok kan modelnya ngga neko-neko. Beda dengan cewek yang mungkin pengen ada rumbainya lah, lengan model terompet, kerah sabrina, dll.

Cari kemeja batik pria di sini aja, di Matahari Mall. Pilihan motifnya banyak. Mau lengan panjang, lengan pendek, warna cerah, atau warna kalem tinggal pilih.

salah satu koleksi kemeja batik di mataharimall.com


Biasanya sih saya kalo mau beliin baju online gitu, tinggal klik linknya ntar kirim ke si Ayah suka ngga motifya trus tanya ukuran. Kalo udah, tinggal beli, lebih praktis sih.

Gimana dengan kamu, suka pakai kemeja batik juga untuk acara resmi maupun santai?

Komentar

  1. Sekarang ini batik memang sudah bisa untuk santai dan juga formal ya. Saya suka batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bahkan motif kaospun ada yang batik bagi yang ga suka pakai kemeja

      Hapus
  2. Hihi. Bener banget.. :D

    Sayangnya ayah hasna klo beli baju jadi susah...lengan pas badan kedodoran. Klo badanya pas lengannya sering kekecilan :D jd harus sabar sama antrian di penjahit.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa gapapa rejeki tukang jahit berarti

      Hapus
  3. Batik emang enak divariasikan...dulu saya malah punya batik partai dan batik klub sepakbola :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batik partainya dipakai kondangan juga ngga? hihihi

      Hapus
  4. jadi punya inspirasi buat bikin baju keluarga warna ungu seperti gambar di atas tuh mbak... :D
    BAtik emang idola, dah pokoknya ^_^

    BalasHapus
  5. Aku batik dipakai buat kondangan, kerja, tapi jalan jalan juga pakai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti banyak ya mba koleksi batiknyaa

      Hapus
  6. Aku batik dipakai buat kondangan, kerja, tapi jalan jalan juga pakai...

    BalasHapus
  7. kami juga suka pakai kemeja batik mba, bisa santai, bisa formal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti sarimbitan ya mbaa, kembar ma Panda batiknya

      Hapus
  8. Sekarang batik udah banyak dipakai org krn desain baju batik pun gak kuno2 lg kyk dulu ya Mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess betuul mengikuti perkembangan jaman

      Hapus
  9. saya juga mulai suka pakai baju batik mbak, walau koleksi masih dikit, hehe...

    BalasHapus
  10. batik memang ajaib ya, bisa dibuat dan dipakai untuk acara apa aja, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bahkan ngga cuma baju, sepre, taplak meja, dll banyak yang motif batik

      Hapus
  11. wow batik sarimbit keren banget ya, apalgi warnanya heheh jadi pengen nih : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarimbit juga sekarang banyak yang jual cakep2

      Hapus
  12. Baju dari bahan batik itu enak Mie, adem dipakenya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa dan yang make jadi terlihat anggun yah, meski namanya uniek hihi

      Hapus
  13. Aku selalu pakai batik sepanjang ngg dingin.. Seain adem memang motif dan warnanya baguuus banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah mama Boo perkenalkan batik Indonesia ke NY nih

      Hapus
  14. Aku belum pernah pakai dress pantai batik. Kayaknya pingin beli kalo ada yg jual. Buat foto2 cantik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Rien pakai apa aja sih cantiik

      Hapus

Posting Komentar