Sabtu, 11 Juni 2016

Berita Hari Ini Sebagai Inspirasi Cerita Komik


Dulu, pada saat menggarap komik Mak Irits, saya ada semacam ketakutan, "kehabisan ide".

Selama sekitar dua bulan (DL yang disepakati, yang dijalani sih akhirnya lebih, hihi) proses pembuatan komik Mak Irits, saya masih harus update fanpage untuk menambah jumlah follower. Dan kata editornya, komik yang di buku jangan sama yang uda publish, kecuali ya beberapa buat teaser buku.

"OMG!!! bikin 100 lebih cerita komik Mak Irits selama dua bulan? Apakah saya bisa???"

Apalagi selama dua bulan itu kan termausk proses gambar ya. Jadi bisa dibilang kurang dari waktu itu saya harus menyelesaikan naskah. Itugan kasar saya, paling ngga sehari harus jadi tiga cerita. Kalau udah jadi langsung setor ke ilustratornya.

Setelah digambar ilustrator menyerahkan lagi ke saya, saya cek dulu udah bener atau masih ada revisi. Kalau udah bener baru saya serahkan ke editor. Sampai di editor masih direview lagi kalayu ada yang sekiranya kurang, pihak editor akan minta revisi. 

Saya sampai menghitung mundur loh, misal udah jadi 10 halaman komik, saya pasti membatin, "OMG... 90 komik lagiii. Saya harus nyertain apaaa?"

Saya lantas berkaca pada komik-komik lain. Sinchan, Doraemon, SI Botak Hagemaru, Miiko, serialnya banyak aja tuh, idenya kok ngga habis-habis ya, berati komik Mak Irits pun seharusnya bisa begitu.

Alhamdulillah jadi juga 100 cerita komik, dan sampai sekarang komik Mak Irits masih lanjut terus update minimal seminggu sekali secara online. Royalti bukupun maish mengalir dengan nominal yang lumayan, berarti meski udah terbit online, bsa dibaca gratis, masih ada yang mau beli. Duh aku terharu, makasih ya iriters :')

Salah satu tema yang cukup sering diangkat dalam ide pembuatan komik Mak Irits adalah berita hari ini. Si ayah, selalu mengingatkan saya untuk update mengenai apa yang sedang tren, apa yang tengah jadi headline media saat ini. Kemudian mengolahnya menjadi cerita komik.

Cerita komik yang bertema dengan berita hari ini terbukti cukup viral. Kenapa? Ya karena sedang hangat diperbincangkan.

komik ini publish pas Pemilu


Ada beberapa tips yang saya catat ketika kita mau mengolah berita hari ini sebagai inspirasi cerita komik.

1. Pilih berita yang paling fenomenal, ciri-cirinya, di surat kabar berita itu jadi headline, di socmed banyak yang memperbincangkan
2. Tantangan mengolah berita hari ini jadi cerita komik adalah bagaimana menyesuaikan tema. Misal berita yang lagi hot-hotnya tentang politik. Berarti buat tema politik tersebut masuk ke dunia ibu-ibu dan ada sisi komedinya (karena untuk komik Mak Irits). Sebagai referensi saya baca komik-komik lain yang juga sering mengangkat topik tentang berita hari ini, misalnya si Juki.
3. Cepat dan cerdas dalam proses pembuatannya, karena berita hot hari ini bisa jadi besok udah adem, bahkan udah basi.
4. Pastikan berita hari ini yang kamu jadikan ide, adalah yang benar-benar hari ini. Jangan berita hari ini-nya koran seminggu yang lalu yah!


Berita hari ini bisa dicek di okezone.com

Selain jadi inspirasi cerita komik, berita hari ini juga bagus tuh buat ide postingan di blog. Ada yang sudah pernah mencoba?

4 komentar:

  1. Patut dicoba nih, makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  2. hati2 banyak berita hoax. harus pintar2 pilih berita

    BalasHapus
  3. Waah pantes dikau gk ornah kehabisan ie cerita ya mbaa

    BalasHapus