Selasa, 17 Mei 2016

Booking Tiket Pesawat untuk Balita dibantu Customer Service Traveloka

"Ma.. aku mau naik pesawat," kata Thifa.

"Iya doain Mama ada rejeki ya, biar bisa ngajak Thifa naik pesawat."

Pada waktu saya dapat hadiah tiket PP ke Singapura untuk dua orang plus uang saku, dari menang lomba blog, saya kepikiran, apa tiket PP itu saya pakai bareng Thifa ya? Ntar nyampe Singapur, poto-poto di bandara terus balik lagi Semarang. Yang penting kan Thifa uah ngerasain naik pesawat dan saya udah menginjakkan kaki di Singapur, hahaha.

Diih gitu banget ya. Tapi emang sikon ngga memungkinkan ketika itu, kalo saya mau jalan-jalan berdua doang ma Thifa ke Singapur. Ngga berani lah saya, di tempat baru cuma berdua doang, mana saya itu kan susah banget memahami arah dan peta. Apalagi ninggalin Hana sampai lebih sehari, mana tega. Waktu itu Hana baru setahun lebih dikit. Mau berangkat rame-rame berempat bareng ayahnya sekalian kayaknya kok berat diongkos. Berarti kan paling ngga saya harus nambah tiket PP untuk satu orang kan. Cicilan masih banyak cyiiin! Akhirnya tiket itu saya hibahkan untuk adik ipar beserta istrinya Untung boleh dipindah tangankan hadiahnya.

Menjelang akhir tahun kemarin beberapa teman merencanakan traveling bareng ke Belitong. Saya kok tertarik ikutan ya. Apalagi itung-itung ya lumayan terjangkau lah. Cuma ayahnya ngga bisa ikut nih. Saya pikir ngga masalah lah saya pergi bareng duo bocah tanpa ayahnya, toh banyak temen-temen yang bisa diminta bantuan nanti, *udah berniat ngerepotin orang dari awal* hahaha.

Berdasarkan petuah dari temen-temen yang udah pengalaman traveling, tiket pesawat sebaiknya sudah disiapkan jauh-jauh hari supaya dapat harga promo. Baiklahh..
Saya pun udah mulai ngintip-ngintip harga tiket di bulan Desember, tapi baru beneran nyari di bulan Januari, bandingin harga antara beberapa maskapai di beberapa situs booking online yang ada.

Pilihan saya jatuh ke pesawat Citilink, pertama karena jamnya cocok, yang kedua harga paling murah dan untuk balita ada potongan harga lagi 25%. Ngga dapet makan sih, tapi saya pikir kan tujuan utamanya kan biar anak-anak ngerasain naik pesawat. Makanan mah ntar aja dibeliin di warung sebelah hehe.

Anak-anak dapat diskon dari Citilink plus diskon tambahan dari Traveloka

Tempat bookingnya saya pilih Traveloka, karena pada saat itu ada potongan harga lagi sebesar Rp.60.000,- kalau pesennya melalui aplikasi. Lumayan kannn.

Tapiii, booking tiket pesawat untuk balita itu ngga sesimple pergi sendiri atau pergi bareng orang dewasa ya...

Saya kepikiran bagaimana dengan kursinya? Saya lupa nih pesawat itu kursinya dua-dua apa tiga-tiga sih ya. Udah lama banget soalnya ngga naik pesawat. Terakhir naik pesawat itu tahun 2008.

Kalo dua-dua ribet lah saya, anak dua ini kan pasti pengennya duduk sama emaknya. Kalau udah beli tiket tiga yang satu terus dipangku, kan eman tiketnya yak, bisa ngga kalo Hana ngga usah dibelikan tiket aja jadi duduknya saya pangku *modus biar irit* hihi.

Satu lagi nih, bisa ngga kita pilih posisi tempat duduk. Karena pernah kejadian, saya pergi berdua sama temen. Booking tiket pesawat barengan, cek in barengan, tapi duduknya agak jauhan. Kalo besok saya mengalami yang kaya gitu kan ribet. Mana mau anak-anak sebelahan sama orang ngga dikenal.

Sayapun mengurungkan niat beli tiket saat itu, nantilah kalau udah jawaban dari pertanyaan saya tadi baru saya putuskan. Tapi tanya kemana ya?

Tiba-tiba saya melihat di sebelah kanan bawah web traveloka tersedia kolom chat, dengan kalimat pembuka "Perlu bantan?" Wih pas banget.


Saya pun menyampaikan pertanyaan kepada customer service. Waktu itu kira-kira jam setengah 6 pagi. Eh langsung dijawab, kirain dibalesnya nunggu masuk jam kantor. Ternyata layanan live chat customer service Traveloka ini merupakan layanan 24 jam. Jadi kapan saja kita tanya bisa dan langsung dijawab oleh customer service yang sedang online pada saat itu.

Customer service Traveloka mengatakan kalau anak usia dua tahun keatas sudah harus beli tiket sendiri. Mengenai kursi jika ingin pilih bisa katanya, dengan melakukan web check in. Web Check-in untuk pesawat Citilink dapat dilakukan 7 hari hingga 45 menit sebelum waktu keberangkatan.  Oya untuk tempat duduk pesawat tiga-tiga, jadi kami bertiga bisa duduk jejeran. Alhamdulillah.

Setelah mendapat kepastian yang melegakan, agak siangan saya pesen tiket dengan aplikasi Traveloka, bayarnya pakai kartu kredit. Sempet ada sedikit kendala juga, yang kemudian saya tanyakan ke customer service Traveloka via twitter @traveloka. Alhamdulillah fast respon juga, dan semuanya clear. Yeaayyy naik pesawat kita anak-anak!!!

Nah untuk kamu yang mengalami kendala juga pas booking tiket pesawat atau booking kamar hotel via Traveloka, jangan ragu untuk menghubungi customer servicenya ya. Selain via live chat atau twitter yang sudah saya sebutkan di atas, bisa juga melalui email cs@traveloka.com atau call center 24 jam 0804-1500-308 (untuk Indonesia).


Enjoy this flight darliings! :)


@rahmiaziza

12 komentar:

  1. whoaaa,
    asyik banget nih kalo booking via traveloka ternyata bisa dibantu buat duduk barengan yah!

    Okeh fix, ntat bakalan pake traveloka aja walopun belum tahu mau pergi kemana hehehe...

    BalasHapus
  2. waah... seneng ya, apalagi ada potongan harga, lumyaan... :)

    BalasHapus
  3. nice informasinya kawan.. kunjungi kami balik donk
    info obat ginjal bocor dari ace maxs

    http://obatginjalbocor.apotekgumilar.com
    http://obatginjalbocorterampuh.blogspot.com
    http://goo.gl/CvwbRS

    BalasHapus
  4. Anak saya juga pengin naik pesawat ke Jakarta, mbak Rahmi. Tetapi selain belum ada biaya, mau ngapain juga ke Jkt ya? Banyak sih tujuan wisata tapi kan nambah ongkos lagi hehe. Apa terbang ke Jakarta terus balik lagi ke Smg seperti cerita mbak Rahmi tadi?

    In shaa Allah kalau sudah punya sangu ntar cek traveloka dulu deh :)

    BalasHapus
  5. Saya juga langganan di Traveloka mbak, kadang agak miring harganya dibandingkan beli di maskapainya langsung :)

    BalasHapus
  6. Wah.. Baru kemarin tanya dah dapet jawaban lengkap.di tulisan ini. Makasih mbak rahmi

    BalasHapus
  7. Wah...asik ya...bisa ditiru nih caranya. Aku juga mau ngajak baby ku jalan2...

    BalasHapus
  8. Wah akhirnya naek pesawat yaaa. Aku kalau booking tiket juga selalu pakai traveloka. :D

    BalasHapus
  9. wuih oke punya ya Traveloka
    jadi andalan juga nih kalo beli tiket

    BalasHapus
  10. Saya kalau lago urgent pakai Traveloka biasanya sih suami yg urus. Jalan berdua saja sama anak yang setahun lebih dikit itu emang ribeeeett banget Mbak...untung saat itu kau gak jadi hehehe
    Aku udah nyoba dan rasanya kaki mau copot apalagi pakai delay :D

    BalasHapus
  11. Aku selalu web checkin biar nggak buru2 berangkatnya. Tapi kalau pergi sendiri dg 2 anak tanpa suami atau pembantu cuma bbrp kali waktu anak2 sdh remaja. Seusia Thifa aku nggak mau, hahahaaa, rempong banget. Aku panikan kalau ada yg rewel.

    BalasHapus
  12. Traveloka, salah satu andalanku klo cari tiket pesawat selain AA nih ;)

    BalasHapus