Tentang Sejarah Ngeblog, Melly, dan Blogdetik

Kalo bicara tentang sejarah ngeblog, saya pasti akan menyebut dua hal: Blogdetik dan Melly.

Sebenarnya sudah cukup lama saya ngeblog, sekitar tahun 2009 lah, eh malah sebelum itu kalo blog Friendster keitung. Tapi ngeblognya ya gitu deh, suka-suka, kadang setahun sekali baru update hehehe. Waktu itu blog yang saya punya Multiply sama blogspot.

Tahun 2011, kala saya bingung mau ngapain karena baru punya baby Thifa. Pengen jadi penulis namun tak tahu kemana harus melangkah, tiba-tiba saya melihat secercah sinar cerah #apasih.

Hobby saya waktu itu ya buka-buka facebook, scroll temlen, komen-komen, kepo wall to wall orang sambi nyinyir dalam hati kalo ada yang aneh *cemen*. 

Nah ketika scroll temlen itulah saya melihat statusnya Melly. Tahu Melly? Kayaknya blogger bernama Melly hanya satu-satunya deh, di komunitas yang saya ikut sih, tapi kalo di dunia itu yang nama Melly bejibun, hehe piss Melll. Melly yang saya bicarakan disini adalah Mellyana Feyadin.


Tentang Melly

Ini Melly :)
Pertama kali saya mengenal Melly, nama lengkapnya adalah Melly Margareye.  Waktu itu saya siaran di radio online IDWS yang kemudian berganti nama jadi AMPM radio. Tiap penyiar kan wajib join chat room kalo sedang siaran, karena pendengar bisa request lagu melalui chat room itu. Tapi Melly sendiri kayaknya lupa kalo kami suka ngobrol di sana.

Ohya note, si Melly ini bukan penyiar tapi pendengar hehe. Merasa perlu mengklarifikasi setelah mbaca komennya Mba Ety hihihi.

Melly emang lebih senior sih dibanding saya di chat room itu, saya masih terbilang penyiar baru. Sementara dia pendengar radio dari lama yang udah sering chit-chat di sono. Selain saya dan Melly ada alm.Aldy, Abenx, Hatake, Cataku, Deddy_top, emanah, ember, X_O, echa, Ranerz, Syntic (eh bener ga sih tulisannya), trus siapa lagi ya Mel. Kamu masih inget mereka kan Mel, bahkan beberapa kali obrolan kita di room ada yang aku save loh Mel. Masih ada sampai sekarang. Mau lihat? Hehehe.

Semua pasti tahu kalo Melly terkenal sebagai detik blogger. Bahkan pada saat event blogger Nusantara tahun 2013 di Jogja, Blogdetik ngadain kuis berburu tanda tangan seleb blogdetik, yang mana Melly termasuk salah satunya.

Tahun 2011 itu, status Melly yang menarik perhatian saya adalah saat dia datang ke acara apaa gitu yang ngadain blogdetik, kemudian bawa hadiah macem-macem. Saya langsung ngebatin, "Enak juga ya, ngeblog di blogdetik." Kemudian saya pun buat blog di blogdetik. Makasih ya Mel, statusmu bisa jadi bagi sebagian orang adalah pamer, tapi bagiku itu inspirasi :')

Bukan hanya sampai situ saja jasa Melly dalam sejarah ngeblog saya. Ngga berapa lama, Melly memasukkan saya dalam grup dblogger di facebook. Dari situ saya baru tahu, ternyata blogger punya komunitas juga toh. Kemudian saya coba-coba cari komunitas blogger lain yang ada, ternyata banyak ya. Ada Emak2 Blogger, Warung Blogger, Food Blogger, Kompasiana, Fun Blogging, yaudah ikutin aja semua hahaha. Dan belakangan saya malah ikut buat komunitas blog bersama beberapa teman, Khusus blogger perempuan Semarang sih, namnya Gandjel Rel.

Tentang Blogdetik

Sama kaya teh Ani Berta. Saya selalu menyebut Blogdetik sebagai rumah pertama saya. Padahal blog pertama saya bukan blogdetik. Tapi di blogdetik lah yang membuat saya kemudian semangat menulis biar tulisannya masuk headline. Apalagi programnya juga keren-keren. Banyak ngadain lomba blog. Ada Ngablogburit pas bulan puasa, ada 30hari Non Stop Ngeblog, dan lain-lain. Selain itupula terasaaa banget kekeluargaannya sesama pengguna blogdetik. Menurut saya sih begitu.

Senangnya tulisanku masuk headline di Blogdetik :D

Terus kenapa jarang ngeblog lagi di blogdetik? Hmm kalo ini sih karena kendala teknis. Jadi waktu itu sekitar tahun 2012 ketika mau posting saya mengalami kendala. Blogdetik ngga bisa dibuka di rumah. Tapi anehnya kalau dibuka di tempat lain bisa. Kaya di studio tempat kerja suami, itu bisa. Waktu saya hubungi bagian IT nya pun katanya ngga ada masalah. Saya coba clear chache, pakai browser lain pun ngga bisa. Akhirnya tiap kali posting selalu ke kantor suami dulu. Tapi udah di draf memang sih dari rumah. Sampai pada suatu titik saya nyerah, karena lumayan rempong ya cyiint! Kemudian mengaktifkan lagi blog yang sekarang ini.

Tapi tetap saya ngga pernah melupakan jasa-jasa blogdetik Blog saya di sana masih ada. Saya juga masih ngerasa keluarga besar dblogger, moga masih diterima hihii.

JAS MERAH. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Jadi kalau saya ditanya siapa yang berjasa membuat saya menjadi blogger yang seperti sekarang ini *seperti apa emangnya yah*, saya akan menjawab karena Alloh (pastinya yaaa), Melly, dan Blogdetik :)

Komentar

  1. Baru tahu kalau Melly penyiar radio. Pernah serumah sama dia pas kopdar blogger nusantara di Tembi.

    BalasHapus
  2. Wah keren dari 2009 ya ngeblognya, saya sendiri dari 2011.

    Mudah-mudahan tambah eksis jadi bloggernya biar pendapatan juga mengalir.

    Ternyata mbak melly manis juga ya, jadi penasaran saya langsung kunjungi blognya ye hehe

    BalasHapus
  3. Melly stylist banget ya di foto itu..

    BalasHapus
  4. Wah dah mau 7taun ya mbak rahmi ngeblognya, dah banyak pengalamannya

    BalasHapus
  5. oalah udahkenal lama juga ya sama Melly. Aku kenal di blogdetik tapi aku ga punya blogdetuk dulu

    BalasHapus
  6. wah, udah kenal mba Melly lama ya, mba? Aku ngeblog di detik tahun kapan ya, lupa. Di sana atmosfirnya kerasa nyaman, cuma karena kendala teknis aja akhirnya lebih suka nulis di rumah yg skrg.

    BalasHapus
  7. Ternyata melly berjasa ya ^^

    BalasHapus
  8. Rahmiiiii,...
    Aku pun gak bakalan pernah bisa lupain blogdetik deh Miii, blog itulah yang udah membawaku ke Korea.

    Dan waktu itu Melly juga yang ngasih tahu aku ttg kontes Touch Korea Tour lhoooo...

    Kompak banget yah kita iniiih, awal ngeblog-nya di detik dan Melly berjasa besar buat kita :))

    BalasHapus
  9. Usia ngeblognya sama seperti saya, cuma baru dipertemukan Allah pada tahun 2012 ketika ikutan lomba menulis blog DPD RI. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk bertemu salah seorang blogger yang manis kayak gula, eh salah maksudnye kayak Melly. Salam kenal dari #BloggerKalimantan... :-)

    BalasHapus
  10. Tahun aktif ngeblognya sama kayak tahun aku buat wordpress Mba', semoga bisa ikutan nulis buku kayak Mak irits.. 😊

    BalasHapus
  11. Jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kereen, deh!

    BalasHapus
  12. Saya dulu juga sempat punya Blogdetik, tapi semenjak ganti jeroan dan platform (dulu kan pake WP Multiuser mereka), saya nggak nyaman. Sekarang sampingannya di Kompasiana aja, lebih asyik dan lebih rame.

    BalasHapus
  13. Lama juga ya, mba. Pengalaman nya beda jauh banget nih sama aku pasti. Hmm..

    BalasHapus
  14. Ah..ternyata kita sama-sama bersejarah dengan Blogdetik ya.. *toss dulu..
    Ini untuk GA ya Rahmi? Semoga sukses yaa...

    BalasHapus
  15. Senangnya punya org yg menginspirasi :)

    BalasHapus
  16. Kenal melly pas ngejar2 ttdnya di blognus hihi

    BalasHapus
  17. Ini sejarah yang mengesankan. Salut.

    BalasHapus

Posting Komentar