Mengisi Kelas Pelatihan Ngeblog untuk Pemula

Yuhuu temans... udah pada baca postingan teman saya Dewi Rieka tentang Mengisi Kelas Cara Bikin Blog Bersama Gandjel Rel?

Meski udah diceritain di sana, saya mau cerita juga di sini, baca yaa, ceritanya ada yang beda kok hihihi.

Iya jadi Sabtu kemarin itu saya, Dedew, dan Taro ngisi pelatihan blog untuk pemula di gedung Telkom. Acara ini merupakan program roadshow Gandjel Rel (komunitas blogger perempuan di Semarang) bekerjasama dengan Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang yang kami gagas sejak September tahun lalu.

Pada kelas kemarin, saya memberi pengantar sedikit tentang apa itu blog, manfaat blog, dan hal-hal yang harus dilakukan sebelum ngeblog. Habis itu, action, langsung ngeblog!

Sebelumnya peserta sudah saya minta membuat akun gmail supaya lebih cepat saat pelatihan. Saya, Dedew, dan Taro berkeliling untuk membantu mengatasi kesulitan para peserta. Ada yang tanya bagaimana membuat header, label, readmore, melink dengan socmed dll.

Setelah kami rasa cukup tentang mendandani blog, mereka kami minta untuk langsung menulis dan publish, kemudian tulisan dievaluasi bareng-bareng.



Kenapa kepikiran bikin program ini?


Jadi, cukup banyak yang tanya ke kami kapan bikin pelatihan blog, minta diajarin buat blog, pasang header, dll. Nah daripada ngajarin satu-satu, kami kepikiran untuk bikin pelatihan bareng saja. Jadi dalam satu kelas ada minimal 10 orang lah yang ikut pelatihan, biar efisien, ntar tenaga pengajarnya disesuaikan dengan jumlah peserta.

Tapi, untuk mengkoordinir acara kami belum sanggup. Maklumlah emak-emak ya cyiin, urusannya banyak, mulai dapur hingga mall, hahaha. Ada yang lajang, tapi ngantor juga. Ngerangkap baby sitter, baby sitter anak-anak kami saat kopdar maksudnya haha.

Jadilah kami kepikiran win-win sollution. Bagi yang pengen dapet pelatihan, silakan koordinir acara sendiri. Kumpulkan orang, cari tempat yang sarana prasarana mendukung (seperti wifi dan lebih bagus kalau ada proyektor).

pelatihan nulis dan blog semarang
klik untuk memperbesar ya

Karena kerjasama dengan IIDN, pelatihan kami bukan cuma blogging aja tapi nulis juga. Jadi yang mau belajar bikin cerpen, cerita anak, personal literatur, dll bisa mengundang kami. GRATIS untuk Semarang dan sekitarnya.

Semenjak dilaunching, program roadshow nulis ini udah banyak yang nge whats app saya, tanya-tanya. Mereka pengen ikut pelatihan, tapi begitu saya bilang, acara koordinir sendiri, kami tinggal datang mengisi, ngga ada tindak lanjut lagi. Mungkin bayangannya bikin acara itu macam event organizer pernikahan harus sewa gedung, catering, dll hahaha. Padahal ngga lah. Yang penting sarana-prasarana memadai aja buat belajar.

Kedepannya sih saya kepengen bisa memberikan pelatihan di sekolah-sekolah.

Di sekolah mungkin banyak yang punya bakat atau minat menulis tapi bisa aja banyak juga yang belum tersalurkan, bingung apa yang harus dilakukan, dll. Mungkin loh ya, saya ngga tau juga kehidupan anak sekolah jaman sekarang. Tapi kayaknya anak jaman sekarang lebih kreatif dan iniasiatif kok ya... Apalagi sekarang udah banyak kegiatan sharing ilmu seperti akademi berbagi, kelas inspirasi, dll.

Ngga seperti saya dulu, jaman sekolah belum punya bayangan masa depan. Masa SMA yaudah ikutin pelajaran yang ada di sekolahan, sambil mikir ntar kuliah di mana. Habis kuliah cari kerja. Jadi penulis dan blogger baru setelah jadi emak-emak beranak satu, telat banget >.< Tapi gapapa lah yaa lebih baik telat daripada tidak sama sekali hehe.

Dengan memberikan pelatihan ke anak sekolah, saya ingin mengajak para remaja mengembangkan kreativitas, bakat, maupun minat, sehingga meningkatkan kepercayaan diri. Waktu luang tidak terbuang sia-sia karena digunakan untuk mengembangkan skill yang dimiliki. Setelah lulus mereka juga sudah punya bekal jadi ngga melulu mindsetnya lulus ngelamar kerja ke perusahaan. Mereka bisa jadi penulis maupun blogger produktif dan menghasilkan dari itu.

Doain ya temans moga bisa terwujud ;)

Sabtu besok kami bakal ngisi lagi di tempat yang sama, pesertanya beda sih. Thanks to Ibu Rinas yang udah mau mengkoordinir acara ini. Senang bisa berbagi, meski ilmu saya mengenai blogging yaa seadanya, masih pas-pasan juga. Klao ada peserta yang tanya-tanya, saya ngaku deh kadang juga maish gugling buat cari jawabannya haha. Tapi prinsip saya adalah berbagi apa yang dimiliki. Bagi kita barangkali kecil, bagi yang membutuhkan InsyaAlloh tetap berarti. Semoga ;)


Foto bersama usai belajar

Komentar

  1. Salut sekali sama komunitas Gandjel Rel ini. Berbagi ilmu untuk sesama. Gak kebayang mak gimana mengajari mereka semua, butuh kesabaran ;)
    Dukung banget niat untuk pelatihan di sekolah-sekolah, anak-anak bisa memiliki kegiatan yang positif lagi.
    Semoga bisa terwujud secepatnya ya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak supportnya :)

      Hapus
    2. mantap memang harus seperti ini biar kualitas konten di indonesia makin berkualitas ... khususnya untuk page one google

      Hapus
  2. Pesertanya beragam yak? Aku pengen ikutan juga Mi. Secara ilmu mengelola blognya cetek. Bikin header? Minta bikinin teman hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah sini kong ke Semarang. EH bikin pelatihan di Kudus coba.

      Hapus
  3. aamiin, aamiin, semoga keinginan mbak terwujud. karena anak-anak sma kreatif.

    BalasHapus
  4. Amiin mbak, semoga sukses untuk kedepannya dan lebih maju.

    BalasHapus
  5. mi.. ak melu jd peserta to. rada males nulis saiki :D

    BalasHapus
  6. Mbak Rahmi saya mau dong ikutan les kayak gini, saya belum pernah ikut latihan menulis/ngeblog sama sekali :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mba merapat sinih, dirimu mah bantuin aku kasih pelatihan, bukan jadi peserta hehe

      Hapus
  7. keren mbah Rahmi, kapan2 ajarin saya ya..

    BalasHapus
  8. Luar biasa! Ibu-ibunya masih semangat-semangat banget..

    BalasHapus
  9. wah keren, ini dimana tempatnya? kapan ada lagi?

    BalasHapus
  10. Wah keren deh Mbak. Aku juga pingin banget bisa jadi pemateri biar ilmuku bermanfaat dipraktekkan banyak orang. :D Sukses selalu ya Mbak! ^^

    BalasHapus
  11. mak mieeee ajarin aku ngeblog mak mii :p

    BalasHapus
  12. Ih kemarin aku gak jadi gabung, kapan-kapan mau deh kalo pas waktunya ya
    Sukses pokoknya, semangat terus berbagi ya Mi ^^

    BalasHapus
  13. "berbagi apa yang dimiliki" sekecil apapun kalau punya ilmu dibagi ya mbak,InsyaAllah berbuah. Saya bisa ngeblog juga dari ikut pelatihan semacam ini

    BalasHapus
  14. Wah.. Enaknya yang tinggal di sekitar Semarang, bisa dapat ilmu yang bermanfaat.
    Salut buat Gandjel Rel dan IIDN Semarang, yang terus semangat untuk berbagi. Semoga kegiatannya terus berlanjut dan dapat memberi banyak manfaat untuk sekitar, ya...

    BalasHapus
  15. oma-oma gaul yang masih mau belajar, hebat nih

    BalasHapus
  16. mungkin bisa bikin pelatihan utk anak2 SD juga mbak. sekarang kan banyak tuh anak2 SD yg punya bakat nulis....

    BalasHapus
  17. Go..go... GR. Moga2 makin jaya dan menginspirasi banyak orang ya :)

    BalasHapus
  18. Aaah seru bangeeet. Gandjel Rel memang mantaaap ya. Banyak manfaat sekali kegiatannya :)

    BalasHapus
  19. Kapan nih bisa ngisi pelatihan di bengkulu?

    BalasHapus
  20. keren mba :D jadi pengen ikut belajar nih

    BalasHapus

Posting Komentar