Selasa, 08 Maret 2016

Quality Time dengan Mencoba Resep Makanan

Salah satu cara untuk quality time bersama duo bocahku adalah dengan mencoba resep makanan.

Iyah, mereka dan saya emang tukang makan, tapi pengennya ngirits hahaha. Si kakak, bisa loh, tiba-tiba bangun tengah malam dan bilang, "Mah, lapar, makan" atau baruuu aja setengah jam yang lalu makan siang, udah buka kulkas dan nyari cemilan.

Dan di usia seperti mereka ini, nampaknya lebih suka keribetan daripada kepraktisan ya. Kalo pengen suatu makanan dan saya bilang, "Iya nanti kita beli di warung." Jawaban Thifa, "Bikin aja mah, ayok kita bikin." Aduh nak, kita kan harus berbagi rejeki dengan orang lain" *modus malas masak* hahaha.

Tapi saya pikir ada baiknya juga sih kalo masak sendiri, selain lebih yakin akan kebersihan dan kesehatannya juga lebih irits, dan anak-anak hepi karena bisa ikut mbantuin ibunya menambah noda di baju dan di lantai dapur.

Berhubung saya ngga punya banyak buku resep, kalo mau masak sesuatu yang ga kaya biasanya saya sukanya googling resep makanan.

resep makanan menggugah selera dari breaktime.co.id

Resep makanan di internet bejibun yaaah. Pilih yang mana? Saya pilih yang praktis sajalah, yang step-stepnya mudah diikuti, berhubung saya ini masih koki amatiran. Selain itu saya juga lebih suka dengan web atau blog yang resepnya sudah diuji coba di dapurnya sendiri bukan hasil kopas dari tempat lain.

Saya juga suka mengunjungi bog resep makanan yang potonya cakep-cakep atau kalo orang sekarang bilang instagramable. Bisa jadi inspirasi saya buat belajar food fotografi secara otodidak nih.

Ada cerita lucu nih, tentang quality time dengan mencoba resep makanan ini. Jadi saya berniat mau bikin kue bandung mini buat anak-anak. Awalnya sih reesepnya berdasar ingatan belaka, dulu ibu mertua pernah bikin ini di rumah. Jadinya ngga karu-karuan, tapi anak-anak suka loh!

Belajar dari kegagalan, sayapun mencari resep makanan di internet sajah. Ketemulah resep kue bandung mini, dan saya jadi tahu apa yang salah tadi sehingga hasilnya kurang baik. Sayapun mencoba megikuti seusai resep yang ada, tapi ya tetep sih ada beberapa bahan yang diganti, dan alat masaknyapun ga sesuai yang ada di resep karena saya ngga punya. Saya cuma masak pakai panci stainless steel yang bentuknya kaya teflon.

Hasilnya adonan lengket dan jadi hancur. 

Tapi anak-anak excited begitu tahu saya selesai masak. Pada saat itu ada temen-temennya pulak. "Eh ayok kita makan, masakannya mamaku," kata Thifa pede. Belum lihat dia hasilnya sehancur apa hahaha.

Awalnya saya menyembunyikan hasil masakan itu. Kalo kelihatan temennya, trus temennya cerita ke ibunya, kan malu hahaha. Tapi karena Thifa memaksa akhirnya saya berikan juga padanya, sambil deg-degan menunggu responnya dan teman-temannya.

"Hm.. enak.." kata mereka. Hah enak? Saya setengah ga percaya, tapi syukurlah mereka suka. Sejak saat itu, saya jadi semangat deh pengen bisa masak macam-macam buat duo bocah. Yang hasilnya ancur aja mereka suka, apalagi kalau saya serius belajar masak ya, mudah-mudahan mereka akan tambah suka. Ya siapa tahu juga bisa bikin blog resep masak yang keren dan bisa buka resto suatu saat nanti. Aamiin :)

Masak mie titi bareng Thifa. Enak, kata Thifa :')

17 komentar:

  1. Kelihatan deh dari postur tubuh Kak Thifa..wkwkwkwk...hobi laper ya dia.

    BalasHapus
  2. Diposting dunk mak resepnya di mari

    BalasHapus
  3. Thifaaa bagi dong makanannyaaa pengen nyobain juga nih

    BalasHapus
  4. Jiwo juga seneng nyemil, dan sering minta makanan yang aneh-aneh. Untung suamiku rajin masak, jadi kemalasanku tertolong hahahahaha

    BalasHapus
  5. Anakku semua laki-laki, tapi nggak jarang aku ajak bantuin masak mak. Selain dapet quality time, juga mengajarkan anak kemandirian sejak dini.

    BalasHapus
  6. Jadi pengen ngicipi mie titi ala mamanya Thifa

    BalasHapus
  7. Ya sukalaah, makanan Mama kan dibuat dengan penuh rasa cintaaah ;)

    BalasHapus
  8. Samaaa banget dengan aku hehehe.. Kalau quality time biasanya jajaaan hihihi

    BalasHapus
  9. Bakso disemur mbak? :D

    BalasHapus
  10. Aaaah, Thifa bikon Ibu hepi aja deh. wkwkwkw

    BalasHapus
  11. resepnya dibagi2 donk mba. pengen juga bisa masak kaya itu.

    BalasHapus
  12. Seneng ya kalau yang dimasakin semangat begitu, kalau Ifa semangat waktu bikinnya... tapi pas udah jadi tetep aja nggak disentuh, bikin malas masak daah... alasan banget bundanya :D :D

    BalasHapus
  13. Hii..sama mbak. Aku sering banget. Niatnya bikin apa...jadinya malah apaa....alias hancur. Yang tersisa adalah piring2 bekas adonan yang antri untuk dicuci.. :-D

    BalasHapus
  14. mb rahmi bagi resep mi titi yang dimakan thifa donk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resepnya ada di sini http://www.rahmiaziza.com/2015/05/curhatanrasa-thifa-masakan-kita-enak.html

      Hapus
  15. Thifa mauuuuuu dong mie titinya

    BalasHapus