Senin, 22 Februari 2016

#1thGandjelRel, Ngeblog Ben Rak Ngganjel

Halo temans,

Alhamdulillah... Hari ini setahun yang lalu saya masih ingat, saya dan empat orang teman, Dedew, Mak Uniek, Wuri, dan Lestari bersepakat untuk mendirikan Gandjel Rel, sebuah komunitas blogger perempuan di Semarang.

meeting founder, uhuks! foto milik Uniek K

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa dikasih nama Gandjel Rel? Bisa dibaca di blog www.gandjelrel.com. Postingan selesai hahaha. Ngga ding.

Jadi... bagi yang belum tahu, gandjel rel itu merupakan makanan khas Semarang yang sudah ada sejak jaman Belanda dulu. Menurut yang saya baca dari Wikipedia, nama asli makanan ini adalah roti gambang--karena bentuknya yang mirip dengan alat musik gambang--tapi masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan nama “ganjel rel”. Kenapa teksturnya yang bantat, dan bentuknya yang seperti ganjel rel (bantalan rel).

Terus kenapa komunitas kami diberi nama Gandjel Rel? Yang pertama karena kami ingin nama komunitas ini ada ciri khas Semarangnya. Namanya juga unik, dan pas dengan tagline yang kami usung, "ngeblog ben rak ngganjel."

Profil GR masuk koran Suara Merdeka

"Ngeblog ben rak Ngganjel" sendiri dari bahasa Jawa. Kalo di Indonesiakan artinya ngeblog biar tidak ada ganjalan di hati. Menurut sebuah penelitian, perempuan bicara bisa sampai 20ribu kata perhari. Hmm itu artinya ada banyak yang ingin disampaikan oleh perempuan dari buah pemikirannya kan?

Etapi ada kok yang kalem, ngga banyak bicara, bicara sekecap dua kecap. Hmm iya sih, yang disuarakan mungkin dikit karena emang dasarnya pendiam, tapi saya kok yakin ya yang dibatin pasti juga banyak. Yang pengen ngomentarin infotainment lah, berita politik, sampai sinetron uttaran.

Nah itulah gunanya blog. Menulis apa yang ada dipikiran biar ga berlalu begitu saja, membekas, memberikan kenangan, dan tidak mengganjal di hati.

siaran di radio imelda fm
Ngobrolin tentang Gandjel Rel dan IIDN Semarang di radio Imelda Semarang

Di Semarang ini blogger perempuan banyak banget loh. Makanya kami berlima ingin membuat wadah untuk blogger perempuan wilayah Semarang dan sekitarnya. Bagaimanapun juga terkadang ada hal-hal yang lebih nyaman jika diobrolin dengan sesama perempuan kan ;)

Alhamdulillah berbagai kegiatan sudah kami laksanakan bersama, diantaranya memberi pelatihan internet dan blogging  juga menjadi partner beberapa brand dalam penyelenggaraan event.

Di acara Dancow Ranch Adventure, foto bareng Shahnaz
Mengisi pelatihan di event "Nasyiah Menulis"

Nah kalo kamu perempuan, suka ngeblog, tinggal di sekitaran Semarang, bisa gabung di komunitas Gandjel Rel. Bagi yang belum ngeblog, tapi pengen tahu dan pengen bisa ngeblog, bisa juga loh belajar ngeblog bareng kami, caranya gampang aja. Kamu yang bikin event, kami yang jadi pengisi materinya. Jangan buru-buru mbayangin ribetnya bikin event. Bikin yang sederhana aja, kumpulin 10-15 orang, sediakan tempat yang kondusif, InsyaAlloh pelatihan blogging udah bisa jalan kok. Nah kalo yang ini mau laki-laki atau perempuan, ibu-ibu atau anak sekolahan, bebas aja ya... ;) Yang minat bisa colek me, atau @gandjelrel yaa... Udah kaya onlen shop aja sis hahaha...

Selamat ulang tahun Gandjel Rel, semoga dengan kehadiran Gandjel Rel dapat membawa kebaikan dan keberkahan bagi kita semua ya. Aamiin.

26 komentar:

  1. Selamat ulang tahun, Gandjel Rel. Semoga makin sukses selalu :*

    BalasHapus
  2. Huraayyyy... selamat ultah Gandjel Rel, semoga makin eksis, banyak prestasi dari anggotanya, banyak lagi brand yg ngajak kerja sama dan rukun ayem sesama anggota aamiin :)

    BalasHapus
  3. Yeaay.. Happy bday gandjel rel.. Trima kasih sudah menyuntikkan semangat untuk terus blogging :)

    BalasHapus
  4. Selamat ulang tahun gandjel rel, sukses terus ya

    BalasHapus
  5. baru tau itu nama makanan, dan filosofinya mantep banget mak..

    BalasHapus
  6. Dan aku masih ngganjel..hihihi..Belum sempat ngedraft T.T

    BalasHapus
  7. Selamat Ulang tahun Komunitas GR. Setahun udah banyak kegiatannya, semoga makin sukses ya. :-*

    BalasHapus
  8. aamiin..
    selamat ulang tahun gandjel rel,semoga semakin hari semakin menginspirasi

    BalasHapus
  9. Keren ya kalian berempat, semoga makin solid dan hepi bedey Ganjel REl

    BalasHapus
  10. selamat ulang tahun gandjel rel, semoga tetap eksis dan menebarkan manfaat bagi semuanya.

    BalasHapus
  11. Terima kasih suah mengizinkan qku jd bagian dr komunitas yg keren iini. Semoga GR makin berkibar ^^

    BalasHapus
  12. Met ultah Gandjel Rel...bangga menjadi bagian dari komunitas keren ini...semoga makin berjaya, makin berkibar, makin diperhitungkan kiprahnya...love you pull Gandjel Rel...love you pull..para mimin ;)

    BalasHapus
  13. Selamat ulang tahun ya, semoga menjadi wadah yang bisa mengurai hal2 yg ngganjel :))

    BalasHapus
  14. 1 tahun ya. Gak berasa :*

    BalasHapus
  15. Selamat ultah gantjelrel...

    BalasHapus
  16. terima kasih ya mbak dengan ide briliannya mendirikan GR...*terharus* seneng bisa menjd bagian dr GR...

    BalasHapus
  17. Terima kasih telah menginspirasi dan membuat saya makin semangat untuk menulis

    BalasHapus
  18. bisa juga kali ya mba..nyari jodoh lewat blogging :D

    BalasHapus
  19. aku balik semarang lagi boleh gak yaaa.. ? seru banget pas udah aku meninggalkan semarang gini huffff

    BalasHapus
  20. tetep semangat dan inspiring others Gandjel Rel :)

    Salam dari Jogja

    BalasHapus
  21. Barakallah.. Makasih buat para founder :*

    BalasHapus
  22. Nama komunitasnya keren plus gokil .. "Gandjel Rel" :D Kirain isinya cowok doang eh ternyata cewek semua hehe

    Sukses buat Gandjel Rel !

    BalasHapus
  23. Selamat ulang tahun Gandjel Rel, sukses selalu ya.

    BalasHapus
  24. Namanya unik bikin nyantol hehe ^^.. Sukses ya mb Rahmi dengan gandjel rel nya ^^ .. salam untuk teman2 semua.. :)

    BalasHapus
  25. Seru banget ya :D heheh. Semoga makin jaya deh

    BalasHapus