Berburu Rumah Idaman

Beberapa hari belakangan, saya rajin banget berburu brosur rumah. Bukan.. bukan buat dikiloin ya.. plis deh jangan samakan saya dengan Mak Irits!!!

Ya saya sedang berburu rumah idaman.

Sebenarnya sih sekarang saya sudah menempati rumah sendiri, dan amat sangat betah tinggal di sini. Lah trus kenapa berburu rumah lagi?



Nah jadi ceritanya ada orang baik hati yang mau memberikan kami pinjaman tanpa bunga, tanpa jaminan, dan tanpa syarat yang ribet, untuk ngedak bagian atas rumah. Nah gara-gara itu saya jadi galau. Dih dikasih pinjaman malah galau? Seneng dong. Ya sih seneng yang bikin galau itu saya jadi mikir enaknya, rumah saya yang sekarang ini dibikin tingkat, cari rumah baru aja yang luas tanahnya gedean, atau beli tanah kapling aja, ntar kapan-kapan punya uang dibangun, gitu.


Ada sih saya naksir tanah kapling di sebuah lokasi, luasnya lumayan lah, jalan depan rumah juga luas, intinya saya suka lah sama lokasinya. Tapi sayang ndak dijual hiks.

Ada lagi nih tanah luas tanahnya 200m persegi. Luas ya, harga juga mayan terjangkau, tapi lokasinya dipinggir jurang.

Coba-coba main ke perumahan-perumahan baru ternyata harganya fantastik yak di atas 600 juta dengan luas tanah dibawah 100 meter persegi.

Mencari tanah dan rumah itu ternyata melelahkan loh, memakan waktu yang ngga sedikit juga. Tapi belum juga nemu yang sesuai.

Setelah sekitar empat lokasi saya kunjungi, saya baru inget kenapa ngga coba mengunjungi situs jual beli rumah aja yak? Kalo browsing lewat internet kan malah jangkauannya bisa lebih luas. Selama ini cari manual cuma yang deket-deket aja, untuk menghemat waktu. Tapi kalo lewat internet, jangankan yang cuma sekitar semarang, rumah dijual di Jakarta pun kita bisa tahu.

Yang enaknya lagi ada menu filter pencarian. Jadi kita bisa masukkan spesifikasi rumah yang kita inginkan. Mau yang minimal dan maksimal harga berapa, jumlah kamar berapa, dan luas tanahnya berapa. Jadi ga buang-buang waktu ngeliat rumah yang ngga sesuai dengan keinginan kita.

Ngga cuma itu aja sih, bahkan di sutus jual beli rumahpun ada kalkulator KPR nya. Jadi kita bisa tahu rumah seharga segitu kalo mau di KPR, harus nyiapin DP berapa, cicilannya tiap bulan berapa, dan total yang kita bayar berapa. Jadi sebelum ke lokasi kita udah ada bayangan harga dan bangunannya seperti apa.

Kamu juga lagi berburu rumah idaman? Coba cari aja di situs jual beli rumah. Lebih menghemat waktu dan energi ;)

@rahmiaziza

Komentar

  1. Aih bener Mbak Rahmi, adanya situs buat cari rumah dan perbandingannya memang membantu banget ya.

    BalasHapus
  2. Meskipun sudah punya rumah sendiri tapi aku masih pengeeen banget bisa punya rumah kayak rumahnya Upin Ipin...hihi, ada yang jual nggak ya... :p

    BalasHapus
  3. harga renovasi rumah sekarang makin mahal aja ya mbak, sama aja kayak beli baru

    BalasHapus
  4. Iya nih, aku lagi nyari rumah idaman. Tapi kalo di sits-situs gitu kok pada mahal, ya. Jadinya ya aku mah, nyari via sodara atau tetangga aja yang minta ngabarin aku kalo punya info. Cara jadul banget, ya. :D

    BalasHapus
  5. mencari rumah memang gak mudah, kaya mencari pasangan hidup yah mba

    BalasHapus
  6. Wow, ada orang ngasih pinjaman bisa baik gitu yaa.. Gak ada marginnya?

    BalasHapus
  7. Mi, kenalin donk sama yg ngasih pinjeman itu hihiiii...

    BalasHapus

Posting Komentar