Tips Merawat Furniture Kayu di Rumah

Kamar yang penuh dengan furniture kayu, tapi bukan kamar saya :p

Banyak orang yang memilih furiture kayu sebagai perabot rumahFurnitur kayu dipilih biasanya karena menimbulkan kesan klasik, tradisional, atau hangat.

Kalau menurut saya, karakter seseorang bisa dilihat dari pemilihan perabot atau furniture Orang yang suka furniture kayu misalnya saya tebak,  pemiliknya adalah orang yang berkarakter telaten apalagi kalau modelnya yang ukiran. Perawatan mebel atau furnitur kayu itu lumayan kikrik (eh bahasa Indonesianya apa ya, detail atau rumit gitulah). Seiring berjalannya waktu, furnitur kayu bisa berubah menjadi kusam dan tidak menarik lagi. Penyebabnya macem-macem. Bisa karena cairan, debu, cuaca, atau rayap. Makanya perlu adanya perawatan yang tepat dan teratur.

Berikut ini tips merawat furniture kayu di rumah yang saya rangkum dari berbagai sumber. Sengaja di bookmark di sini, soalnya di rumah Papa saya yang di Kudus, banyak juga tuh perabot kayunya, ada dua set kursi dan meja kayu ukiran, tempat tidur, meja makan, sama lemari. Pfiuuh belum mulai bersihin aja rasanya sudah lelah XD



1. Hindari Matahari
Untuk menjaga kualitas bahan dan warna, furnitur sebaiknya ditempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Kalau terlalu sering dan lama terkena sinar matahari, warna furnitur akan memudar dan kualitas bahannya menurun dapat melengkung atau menyusut


2. Penempatan Furnitur

Supaya furnitur tidak lembab yang dapat berpotensi untuk ditumbuhi jamur, berilah jarak yang cukup antara furnitur dengan dinding serta perabot lain. Jarak yang disarankan setidaknya 5 cm. 


3. Bersihkan Furnitur

Lakukanlah secara rutin paling tidak seminggu sekali. Untuk memberishkan furniture, peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut : yaitu, kuas, kain, dan cairan khusus. Kuas digunakan sebagai penyapu bagian berdebu yang sulit untuk dijangkau dengan kain. Setelah debu dibersihkan, semprotkan cairan pelapis kayu atau pledge pada permukaan furnitur. Gosok menggunakan kain ball, untuk bagian yang sudah disemprot hingga tampilan kayu agar kembali mengkilat. Biarkan hingga kering. Sementara untuk perawatan harian, cukup membersihkan debu debu halus dengan kemoceng. Kalau mau lebih tahan lama usianya, gunakan cat vernis sebagai pelapis pada furniture kayu. Disamping mempercantik juga menjadikan furniture lebih awet.


4. Bila Ada Rayap

Ini musuh bebuyutan furniture kayu. Kalo yang di rumah Papa saya sampai sekarang sih Alhamdulillah bebas rayap. Mungkin ada tidaknya rayap tergantung, jenis kayu, kondisi rumah, dan keberuntungan jugak ya hehe. Nah bagi yang di rumahnya ada sarang rayap bisa pakai cairan pembasmi, tapi harus hati-hati pakainya, baca cara penggunaan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Atau kalau mau yang alami, coba gunakan air bekas cucian beras. Siramkan aja di tanah atau kayu tempat sarang rayap. Ada tips juga nih supaya rumah bebas rayap: jangan gunakan furniture berbahan multiplek, jangan birkan rumah dalam kondisi lembab, dan berikan jarak anatara furniture dengan tembok.


Tuh bener kan, agak rempong kalo kita punya banyak furniture kayu di rumah. Makanya saya bilang orang yang memilih furnitur kayu untuk memenuhi rumahnya adalah orang yang telaten. Beda dengan saya. Kalo kamu ke rumah saya, lihat deh di ruang tamunya, hanya ada kursi kotak kecil berlapis oscar tiga biji dan meja kecil dua biji, yang ada rodanya. Nah itu menandakan saya orang yang praktis (bahasa kerennya dari males) dan belum mampu beli rumah gede makanya perabotnya mini-mini kaya gitu huehehe.




Komentar

  1. perabotan kayu ini selain usianya yg juga vintage spt penampakannya, perawatannya jg kudu ekstra ya. Dan saya tuh sukaaa gt, sehabis di lap dgn cairan khusus kilapnya balik lagi cliiing hihihihi *malah curcol*

    BalasHapus
  2. Ada rayapnya Mi. Di lemari geser yg dulu di kamarku. Itu kan multiplek, bukan kayu

    BalasHapus
  3. Ibukku yang paling telaten sama perabotan kayu. Soalnya hampir 99% masih terbuat dari kayu jati. Hihi. Aku paling malas. soalnya susah dibersihin :D

    BalasHapus
  4. aku juga agak ribeeet nih dengan furniture kayu di rumah..apalagi kami sering pindah2..terima kasiiih yaaa tipsnyaaa :)

    BalasHapus
  5. Iya, rayap itu loh Mi, musuh banget utk perabotan di rumah. Sampai judeg ngusirnya :(

    BalasHapus
  6. musuh banget rayap bener. belum lama kitchen set temenku juga jatuh nimpa temenku karena rayap

    BalasHapus

Posting Komentar