Kamis, 08 Oktober 2015

Ketika Telinga Kemasukan Serangga

Ketika telinga kemasukan serangga, rasanya sakiiit banget. Pernah ngalaminnya ngga manteman? Jangan sampe deh yaa..

Jadi ceritanya hari kamis kemarin saya lagi masak. Ngerasa sih kaya ada yang merambat-rambat deket telinga, gatel, jadi saya usap-usaplah pake tangan, sekalian pengen menangkap basah si pelaku, tapi kayaknya tangkapan saya meleset.

Tiba-tiba, di telinga tuh rasanya kayak brebeg-brebeg gitu. Habis itu rasanya nyeri banget, dalam bayangan saya kaya ada serangga yang sedang melompat-lompat di gendang telinga. Iya dugaan saya itu sernagga, sepertinya sih semut.

Beneran sakit deh sampai saya merintih-rintih di atas tempat tidur. Dilihat sama suami telingnya ada kotoran, jadi mau coba dibersihkan kali bisa ngeluarin serangganya. Tapi ternyata cottonbud di rmah habis, meluncurlah dia ke toko terdekat.

Sambil nunggu suami saya masih merasa sakit yang teramat sangat. Sempet rasa sakit ilang sebentar trus saya kepikiran untk googling "telinga kemasukan seranggga".

Keluarlah berbagai cerita tentang telinga kemasukan serangga dan tips untuk mengeluarkan serangga dari telinga, yaitu diteteskan baby oil atau minyak zaitun, katanya supaya serangga yang di dalem mati. Habis itu masukkan air hangat secukupnya ke telinga, dan keluarkan lagi, ini untuk mengeluarkan serangga tersebut. JANGAN menggunakan cottonbud untuk mengeluarkan sernagga karena itu justru akan mendorongnya semakin masuk ke dalam.


Saya coba mengikut tips, cari-cari baby oil, untuuung ada dan gampang nyarinya. Biasanya produk perawatan bayi di rumah selalu hilang secara misterius ketika sangat dibutuhkan dan ketemu dengan cara yang ajaib keika sama sekali kita ngga memikirkannya.

Saya teteskan baby oil ke telinga yang terasa sakit. Eh bener ilang rasa sakitnya, masih terasa nyut-nyutan dikit sih.

Meski udah mayan ilang rasa sakitnya saya tetep pengen ke dokter, pengen mastiin aja sih semua baik-baik saja.

Dokter meriksa saya dengan senter kecil, katanya usdah tidak ada serangga dalam teling, tapi kotorannya lumayan banyak. Duh jadi malu hihi. Emang saya kalo bersihin telinga paling cuma di permukaan aja sih, ngga sampe dalem-dalem, karena katanya ngga boleh kan, bisa ngerusak gendang telinga atau apa. Kapan hari juga pernah baca postingan seorang blogger tentang suaminya yang suka bersihin telinga sampe dalem gitu trus ada bagian dalam telinganya yang robek, jadi serem.

Saya tanya ke ke dokternya cara lain bersihin telinga tanpa harus dikorek. Katanya coba dengan renang, atau kalau pas mandi masukkin air ke salah satu sisi telinga, trus dikeluarkan, dan begitu selanjutnya untuk sisi telinga yang lain. Jadi inget jaman kecil cara itu rutin saya lakukan tapi kemudian mandeg lama. Sekarang saya mulai lagi kebiasaan itu termasuk ke Thifa dan Hana.

Duh jangan sampe kejadian lagi deh telinga kemasukkan serangga. Jadi semakin rajin nih bersihin sofa, tempat tidur, dll, solanya namanya punya anak kecil, makanan kan suka kececeran ke mana-mana. Dan namanya semut, ngga ada makanan aja suka datang bergerombol, hii ngeri.

Saya kok jadi ingat sama permainan suit. Ituloh yang biasa kita lakukan kalo mau main, menentukan siapa dulu yang jadi. Ntah itu jadi orang yang ngejar-ngejar atau jadi penjaga yang nyariin temen yang ngumpet. Jari telunjuk simbol manusia, jempol gajah, dan kelingking semut. Saya sempat tanya ke kaka, ko semut sama gajah menang semut sih, kan besaran gajah.

"Semut kan bisa mausk ke telinga gajah," begitu jawaban kakak ketika tu.

Tapi ternyata bukan hanya gajah yang kalah sama semut kalo semutnya masuk ke telinga. Manusia juga...

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

23 komentar:

  1. saya pernah ngerasain, memang nyeri banget di telinga..pernah dikasih tau temen, katanya ambil gula terus dekatkan ke telinga, semutnya nanti keluar secara suka rela...saya sendiri belum nyoba sih, temen cerita belum kemasukan semut lagi dan semoga jangan lagi dech...ups komentarnya kepanjangan ya :D

    BalasHapus
  2. Naudzubillah , jangan sampai mak,, terimakasih tipsnya,, sapa tau ada orang lain kena (nggak doain ya,,) dan bisa kasih saran ini ke mereka2,,

    BalasHapus
  3. Pernah ngalamin mbak. Nggak nyaman banget. Biasanya aku masukin air biasa sambil posisi kepala masih miring menunggu hewannya mati. Kalau mati kan dah nggak ada gerakannya. Kalau dah nggak bergerak baru deh posisi kepala kembali seperti biasa.
    Terima kasih mbak untuk tips membersihkan telinga yg sudah mbak sharingkan.

    BalasHapus
  4. haduh serem banget kalo serangga sampe masuk kuping ya...

    BalasHapus
  5. kalau bersihin telingga emnang rada-rada gimana gitu. Tapi emang perawatan telingga harus rutin ya Mak, saya coba untuk membasahi telingga ketika mandi,lalu digosok untuk di permukaannya. Kalau untuk di dalam, hati-ati sekali memasukkan cutton bud

    BalasHapus
  6. Rahmiiii...
    kok serem siiiih :(

    Aku atau anak2 belum pernah siiih, dan jangan sampe atuhlaaah *ketok2 meja*
    Tapi makasih infonya yaaah...okay noted, untung punya minyak zaitun yang biasa dipake luluran ituh halah...

    BalasHapus
  7. Eh... ada deh kayakny tokoh pewayangan yg kalah gara2 telingannya digigit serangga. Tapi aku lupa. Apa salah satu tokoh di cerita Mahabarata ya?

    BalasHapus
  8. Eh... ada deh kayakny tokoh pewayangan yg kalah gara2 telingannya digigit serangga. Tapi aku lupa. Apa salah satu tokoh di cerita Mahabarata ya?

    BalasHapus
  9. dulu aku pernah mbak! Tapi gak sampe sakit gitu, cuma ada suara 'bzzzzzz' kepakan sayapnya aja dan rasa ngganjel. Akhirnya semaleman kepalaku jadi miring sebelah hehehe *berharap serangganya jatoh* XDDD

    BalasHapus
  10. Harus hati-hati merawat telinga, jangan sembarang colok2 pakai cotton bud.

    BalasHapus
  11. Oh, jadi caranya seperti mengatasi telinga yang kemasukan air ya. Makasih, makasih, sharingnya.

    BalasHapus
  12. Suamiku pernah katanya.. Emang sakit banget. Ada2 aja ya tu serangga nyari goa sampe masuk ke telinga hihi

    BalasHapus
  13. Masya Allah ngeri yaa, gara2 itu gagal ikutan lomba makan pedas level 5 mi...Alhamdulillah cepet pulih ya mi..

    BalasHapus
  14. Mbayanginnya aja udah serem mbakk.... >.<

    BalasHapus
  15. Oh ternyata karena ini ya jadi nggak bisa ikut makan pedas level 5, hihii
    Sekarang udah nggak sakit lagi kan, aku pernah juga sih, dan emang mesti ke dokter

    BalasHapus
  16. Oh..pke baby oil ya mbak... Aku pernah juga...kemasukan nyamuk malah...berisik gitu ditelinga, trus tak masukin air ke telinga...untung mati

    BalasHapus
  17. Hemmm, jangan sampe deh telinga kemasukan serangga. Kemasukan air aja udah bikin bingung hicks

    BalasHapus
  18. jangan sampai deh telinga kemasukan serangga
    kelihatannya sepele tapi ya begitulah

    BalasHapus
  19. alhamdulilah belum pernah :) serem ihh

    BalasHapus
  20. boleh juga nih tipsnya, terimakasih sharingnya :)

    BalasHapus
  21. waduh mbk rahmi... ngeri kali mbk... jangan sampek deh mbk ya

    BalasHapus
  22. Gue pernah nih ngalamin yang kayak ginian, waktu itu kuping kemasukan semut, sakit banget rasanya. Itu gara2 gue habis makan es krim di kamar (Biasa semut cari makan) Eh, malah masuk ke kuping.

    BalasHapus
  23. duh ngeri juga ya kalau kemasukan serangga gitu, yang seirng sih nyamuk tapi gak sampai masuk ke dalam banget

    BalasHapus