Sabtu, 10 Oktober 2015

Emak Rempong Ngeblog


Cerita di balik blog? Hmm.. kalo asal muasal kenapa ngeblog, kenapa blog saya diberi nama desperate housewife, kenapa saya bikin blog lagi diary mama mie dan Mak Irits, kayaknya udah sering saya ceritain ya, sampai munek-munek kali yang baca. Ada yang belum tahu, bisa japri saya deh, kalo beneran penasaran ntar tak critani :D

Sekarang mau cerita aja tentang di balik layar proses membuat sebuah postingan yang selama ini saya jalani.

Blogging. Menulis di blog, kesannya sederhana ya. Yaudah tulis aja sih apa yang ada di pikiranmu. Padahal ngga sesimpel itu loh. Kalo semudah itu udah semua lomba blog saya ikuti kali :p
Ngeblog itu tak semudah kamu membaca tulisan para blogger, usaha untuk ngeblog tak seringan kata-kata yang begitu mengalir ketika kamu membacanya. Ada perjuangan besar dibalik terciptanya sebuah blog post. Dan ini cerita saya dibalik blog.

Ngeblog bagi saya bukan mengisi waktu luang.

Bagi emak rempong, dengan dua anak, satunya berusia dua tahun, dan satunya menjelang lima tahun, mana ada waktu luang. Somboong. Hihi iyalah. Pagi sampai malam waktu bersama anak, ngurusin makan mereka, mandi, nemenin sekolah, main, dll. Untung-untung kalo mereka bisa tidur siang, emaknya bisa leyeh-leyeh sebentar ngelurusin punggung. Tapi biasanya juga ngga bisa, karena adaa aja yang harus dikerjain ntah itu menyapu sisa makanan yang tercecer di lantai, ngucek pakaian yang terkena noda makanan, de-el-el.

Malam hari ketika mereka tidur nyenyak, ada suami yang baru pulang kantor harus disambut. Makanya itu salah besar kalau menyebut ngeblog untuk mengisi waktu luang, yang benar adalah meluangkn waktu. Dan biasanya untuk itu selalu ada yang harus dikorbankan. Saya memilih mengorbankan waktu tidur. Malam hari, saat semua terlelap, saya bangun, dan menulis di blog.




Setelah itu apakah semua bisa berjalan mulus? Ya ngga juga, dan seringnya sih memang ngga. Setelah menghidupkan laptop bukan serta-merta kemudian bisa langsung menulis lancar, satu blog post jadi dalam sepuluh menit. Waa enak banget yak kalo bisa gitu.

Sejam pertama ngga ada ide, facebookan dulu. Sejam kedua, udah ada ide mencoba nulis sekalimat, rasanya garing hapus, nulis lagi garing lagi hapus. Bete, blogwalking dulu lah.

Sejam berikutnya, mulai nulis lagi, lancar, dapat separagraf, anak bangun atau udah Subuh huaaaa.
Oya tentang ide juga. Ide nulis suka datang di waktu tak terduga, kadang pas lagi ngucek-ngucek bekas ompol kok mak cling terlintas ide. Buru-buru ngetik di laptop, eh tadi habis megang ompol kan belum cuci tangan ya... Waaa (yang ini lebay hii ntar dikira jorok, laptopnya bekas-bekas ompol hihi).

Ide juga seringnya datang di detik-detik terakhir menjelang deadline. Kayak ikutan GA ini nih, udah jauh-jauh hari sebenarnya mikirin enaknya nulis tentang apa, tapi ngga kunjung datang tuh ide. Ntar kalo pas har terakhir baru kepikiran ide cemerlang. Niat mau nulis setelah ngelonin bocah, malah ketiduran atau mati lampu, lewat deh deadlinenya.

Padahal sebenarnya suerrr pengen banget ikutin semua lomba dan GA yang dibikin temen-temen blogger. Sampe dibookmark infonya di page khusus info lomba, tapi ya gitu deh. Jadi mohon maap ya temen-temen yang bikin GA dan saya ngga ikutan, bukan berarti ngga mau ikutan hore-hore dan berpartisipasi, alsannya seperti yang udah saya sebutin tadi.

Tapi meski banyak aral melintang dan godaan menghadang saya tetep memilih konsisten untuk ngeblog. Alhamdulillah manfaat yang saya rasakan dari ngeblog jauh lebih banyak dari tujuan ngeblog saya dulu. Ya tujuan ngeblog saya dulu hanya sekedar mencatat sejarah, menuangkan isi kepala biar ngga stres, latihan nulis karena katanya pengen jadi penulis. Dan yang saya dapatkan sekarang, Alhamdulillah, rejeki dari Alloh mengalir melalui blog. Mendapat banyak ilmu baru, teman baru, undangan event, menerbitkan komik, berbagai produk gratis, hadiah dari menang lomba, uang hasil monetize blog. Semua ini sungguh tak pernah saya sangka-sangka sebelumnya.

Nah, kalau teman-teman punya hobi apa? Coba ditekuni deh. Hobi yang ditekuni dengan sunguh-sungguh bisa ciptakan peluangmu. Saya yakin dan sudah membuktikan dari ngeblog :)

Tulisan ini untuk memeriahkan giveaway Cerita di Balik Blog

30 komentar:

  1. setuju mak, blogging is our job, our profession...we live it with passion...

    BalasHapus
  2. Kalo aku karena anak-anak udah gede, ada waktu luang waktu mereka sekolah jadi sempatin blogwalking...*eh :p

    BalasHapus
  3. takjub Mak Mi sama hobimu, hobi yang bermanfaat

    BalasHapus
  4. Kalau aku karena dipaksa olehmu dan mas Annas **Mencari kambing hitam

    BalasHapus
  5. Kalo bunda mah ngeblog benar-benar cari waktu luang, coz komputer or leppy bareng Cucu yang udah pinter tak tik tuk di ke-board kompi or leppy. Apalagi malem jam 7 p.m. at the latest udah masuk kamar tuh nemenin bobok. Trus? Keluar lagi ketika Cucu udah lelap, hehehe.. Btw itu koq super pinter nih organize foto-foto koq bisa bagus gitu sih, banyak foto dalam satu bingkai, trus unik lagi lbentuk tulisan segala. Ajarin, donk... #celamitan #penasaran

    BalasHapus
  6. Super sekali Maak..

    aku banyak belajar dari mbah Rahmi. tengkiyu... ;)

    BalasHapus
  7. hehe... jungkir balik mau ngepost di blognya, hampir sama nih sama saya :)

    BalasHapus
  8. Bener banget
    Melahirkan sebuah tulisan tu susah
    Belum lagi social media yang selalu menggoda :)

    BalasHapus
  9. Setuju..ngeblog bukan ngisi waktu luang tspi meluangkan waktu. Aku sekarang maksain mak seminggu at least 1 post. Meskipun disambi banyak hal aku tetep pengen serius ngeblog...kaya dirimu nih yg udah profesional ^-^

    BalasHapus
  10. Kagum sama dirimu,Makmi. Bisa bangun tengah malam buat ngeblog. Aku pasti udah teler maksimal. Hihi. Ndak kuat :)

    BalasHapus
  11. Kereeen. Kagum sama Ibu-Ibu seperti Mbak Rahmi! :)

    BalasHapus
  12. menulis blog adalah ajang pengalihan, dari komunikasi verbal ke media tulis

    BalasHapus
  13. wah, bener banget nih. mang kadang tuh susah banget nyari inspirasi. pas giliran deadline, eh...nongol dah tu inspirasinya. ngetik jadi lebih cepet N seakan2 apa yg ingin di tulis bisa ngalir gitu ja kl dah dpt inspirasinya.

    BalasHapus
  14. kalau masalah ide nulis memang suka datang di waktu yang tak terduga ya

    BalasHapus
  15. Iyyees, ngeblog emang butuh perjuangan. Apalagi buat paa IRT yg ngga pakai rewang, tuh. Harus banyak trik agar bisa ttep ngeblooog.

    BalasHapus
  16. kalo aku ngisi blog karena murni ngisi waktu luang mak hehehe
    daripada ngerjain hal yang ga jelas :D

    BalasHapus
  17. Keren deh mbak. Udah banyak kesibukan gitu masih konsisten ngeblog. Kalau udah jadi passion mah sesibuk apapun juga bakal disempetin sih ya? :D

    BalasHapus
  18. Hahahaa hampir sama dengan aku yang lama didepan laptop tapi malah macem2, nggak segera ngeblog. Tapi salut ah dirimu dg anak2 yg masih kecil2 tp termasuk produktif ngeblog & membesarkan mak Irit.

    BalasHapus
  19. Sama mbak, bisa ngeblog pas mlm,itupun gagal fokus krn fban dulu dan tau2 subuh,hehe

    BalasHapus
  20. tuh kaaaaaan lebih rempong dirimu daripada aku :v

    BalasHapus
  21. Iya...kadang idenya dapet, waktunya pas nanggung.... Bnyak pr kerjaan rumah yang dah nunggu. Giliran ada waktu, idenya dah menguap....bingung...mo nulis apa.....

    BalasHapus
  22. blogging is about having fun!

    BalasHapus
  23. Aku juga rasanya pengin bisa ikutan semua lomba dan giveaway, tapi bukan cuma masalah waktu, kapasitas otak juga gak cukup. bisa meleduk wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  24. Rahmi mah luar biasa, ga ada matinya energi bloggingnya. Salut banget padamu Mi, meski rempong dg banyak hal tapi kamu masih konsisten ngeblog :)

    BalasHapus
  25. saya punya blog banyak juga mbak, tapi begitu megang 1 blog, blog yang lain terlupakan.
    akhirnya semua blog saya boyong dan dipindahkan jadi satu. ada konsekuensi tersendiri memang.
    salut dengan mbak, yang bisa mengelola semua blog

    BalasHapus
  26. walau rempong tetep ngblog, dan sering juara ya mak

    BalasHapus
  27. emang kalo udah kepepet, yang namanya itu tu bakalan ngalir terus.

    BalasHapus
  28. Emang ngeblog itu asik banget. Selain itu, bisa nambah2 uang jajan juga. kan lumayan.

    BalasHapus
  29. ngeblog jg bisa menghasilkan, dan mjd pekerjaan yg menjanjikan. bs adsanse blog atau untuk jualan pun bs

    BalasHapus
  30. Mantab emak rempongnya...he7x

    BalasHapus