Status Socmed Yang Menginspirasi

Pernah ngga kepikiran bikin status socmed yang menginspirasi?

Bicara soal inspirasi saya jadi ingat sama kelas inspirasi. Kelas inspirasi Semarang sudah masuk season dua loh manteman. Tanggal 14 September besok, teman-teman mulai beraksi terjun ke SD-SD. Ada adik ipar saya juga yang akan menginspirasi adik-adik dengan profesinya sebgaia komikus. Moga lancar ya dek :)

Apa itu kelas inspirasi? Kelas Inspirasi (KI) bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia. Pada kegiatan ini, para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya di hadapan siswa Sekolah Dasar (SD). Dengan harapan, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita, serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar.

Kelas inspirasi ini sudah saya tunggu-tunggu kehadirannya di Semarang. Ketika pertamakali akan diadakan di Semarang kalo ngga salah tahun 2014, kepengeeen banget ikutan, tapi waktu itu Hana masih bayi, masih nyusu, belum bisa pisah lama-lama sama ibunya, akhiranya ya pas aja. Dan sekarang ketika season dua sudah dibuka, sama aja. Hana belum dua taun, dan memang belum pernah jauh dari saya lama-lama. Diajak orang lain yang udah dikenal mau sih. Tapi coba setengah jam aja ngga lihat emkanya pasti udah nyariin, kalo ngga ketemu ya mewek. Akhirnya pas lagi ^^'


Saya menyadari keterbatasan saya dan ngga mau memaksakan diri. Tapi saya tetap ingin bisa menginspirasi, memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam keterbatasan ini. Bukankah sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain?

Maka dari itu saya kepikiran untuk mulai dari sesuatu yang paling mungkin dilakukan yaitu dengan membuat status socmed yang menginspirasi. Baik itu di faceook, twitter, dan instagram. Ya ngga harus tiap saat bikin status kaya gitu sih. Status atau postingan curhat ngga penting masih tetep ada kok hehehe.

Bukan sesuatu yang berat juga kaya perpolitikan, dll. Belum sih, belum nyampe kesitu, karena ilmunya belum ada takut salah ngomong. Saya mulai dari hal-hal kecil yang sering terlupakan dan memang jadi konsen saya selama ini yaitu tentang lingkungan.

Dari dulu saya memang punya cita-cita turut ambil bagian dalam pelestarian lingkungan. Saya ingin menjadikan cinta lingkungan sebagai gaya hidup. Dulu saya dan suami pernah terjun ke dunia bisnis clothing. Beberapa desain kaos sengaja kami buat bertema lingkungan. Kami ingin ketika orang menggunakan t-shirt tersebut, dia akan ingat tentang pentingnya mencintai lingkungan, bagitupun orang lain yang melihatnya menggunakan t-shirt tersebut..


salah satu desain kaos


Dalam blog saya pun, ada label khusus yang saya buat untuk postingan-postingan yang bertema lingkungan. Di blog ini ada tips hijau, ya emang baru dikit sih postingan. Kalo di blog satunya ada label Mie-Green Act, dan di blog Mak Irits ada label Go-Green.

Di Facebook pribadi beberapa kali saya membuat status peduli lingkungan dengan tagar #GoGreen. Sementara, di komik Mak Irits, dari awal sewaktu saya mengkonsep komik cetaknya, saya sudah bikin sub-sub tema (chapter) yang salah satunya berjudul: Ngirit=Go Green

Nah kali ini saya kepikiran bikin kampanye #AntiMubazir bersama Mak Irits, sebagai follow up dari komik Mak Irits chapter Ngrits=Go Green tadi.

Saya mengajak teman-teman turut ambil bagian dari kampanye ini. Caranya (boleh pilih salah satu socmed, boleh juga ikut di sema socmed):

Facebook: cek pinned post di fanpage komik Mak Irits. Share post tersebut di wall FB kamu dengan caption gerakan #AntiMubazir versi kamu. Jangan lupa kasih hestek #AntiMubazir.

Twitter: Tulis gerakan #AntiMubazir versimu, mention @eMakIrits, beri hestek #AntiMubazir dan setakan link blog post ini.

Instagram: Upload foto gerakan #AntiMubazir yang pernah kamu lakukan. Tambahkan sedikit cerita mengenai foto. Mention @emakirits dan beri hastag #AntiMubadzir

Contoh 1: Saat hujan turun saya tampung airnya di ember kosong, besok kalo pas ngga hujan bisa buat nyiram taneman #AntiMubazir (ditambah mention kalo di twitter ya)

Sengaja saya minta teman-teman untuk menulis di timeline-nya masing-masing, supaya lebih banyak orang yang terinspirasi melakukan gerakan #AntiMubazir ini. Untuk seru-seruan saya sudah siapkan tiga bingkisan bagi yang beruntung. Tapi saya harap, teman-teman ikut menyebarluaskan ini bukan karena hadiah, tapi lebih karena kepedulian menularkan lifestyle positif di masyarakat.

Periode kuis sampai tanggal 15 September, tapi saya harap, sampai kapanpun teman-teman tetap mengkampanyekan gerakan #AntiMubazir ini.

Udah lumayan banyak yang ikutan. Beberapa memberikan inspirasi tips #AntiMubazir yang banyaaak banget, sampai puluhan. Makasih partisipasinya ya manteman, moga hal kecil yang kita lakukan bisa jadi perubahan besar bagi dunia :')

beberapa twit #AntiMubazir


Berbuat baik bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti membuat status socmed yang menginspirasi. Salah satunya dengan ikut kampanye gerakan #AntiMubazir bareng Mak Irits. Yuk, tunggu apa lagi :)

twitter: @rahmiaziza
IG      : @rahmi.aziza

Komentar

  1. akuikutanna di twitter aja boleh ya, gak di fb :)

    BalasHapus
  2. Asik juga nih kalau memang bisa dijadikan pemasaran dalam penjualan kita, makasih ya inspirasinya.

    Saya sendiri jual sesuatu di media sosial.

    BalasHapus
  3. keknya aku masih jauh dari anti mubasir, kadang lupa..., masih bisa ya...aku ikutan ach

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba astin, biar jadi motivasi diri sendiri juga utk #AntiMubazir

      Hapus
  4. Balasan
    1. asiiik ikutan ya mba arin, dirimu kan banyak pollowernya, biar semakin banyak yang terinspirasi :)

      Hapus
  5. Lagi prihatin dengan kondisi kabut asap Riau gini, sementara suami disana, jadi sadar banget pentingnya peduli lingkungan. Juga kondisi air nggak lancar disini jadi sadar pentingnya anti mubazir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh iya Riau aku juga prihatin mbak, moga segera teratasi ya kabut asapnya

      Hapus
  6. saya wes meluuu, via twitter ya Mbak #AntiMubazir

    BalasHapus
  7. masih ada waktu nih, mau ikutan ah

    BalasHapus
  8. Tentang "green", sa saya lagi memulai ngeblog dg niche "sampah". Minimal buat kontrol diri biar ga nyampah :)

    BalasHapus
  9. aku sudah ikutan gerakan anti mubazirnya..hehehe

    BalasHapus
  10. lucu tuh design kaosnya :D

    BalasHapus

Posting Komentar