Senin, 21 September 2015

Kolam Renang Ngaliyan Semarang, Murah Meriah, Tapi....


Sekitar dua minggu lalu ngajak duo bocah berenang di kolam renang ngaliyan, murah meriah, tapi....

Udah lama nih sebenarnya pengen ngajak bocah berenang tapi belum ada kesempatan ayahnya ngga sempet mulu. Giliran sempet unagnya udah kepake buat beli beras hihihi.

Nah pas kemarin itu ke tempat mertua, kebetulan ada kolam renang deket situ. Namanya kolam renang Ngaliyan. Saya tanya adek yang sering renang di situ katanya bersih. Oke kita ke sana ya naka-anak.

Sekitar jam enam pagi kami sampai di TKP, tapi kolam renang maish tutup. Ngga lama kemudian berdatangan beberapa pengunjung lain. Diketok-ketok, dipanggil-panggil ngga kunjung nongol penjaga kolamnya. Hampir desperate pindah ke kolam renang lain. Tapi akhirnya setelah lima belas menitan kali, kolam dibuka juga.

Bayar tiket masuk Rp 17.500/orang murah meriah ya. Pas beli tiket saya taya ke penjaganya, "Ini anak belum dua tahun masuk ngga bayar kan?" (kemudian nunjuk Hana). Alhamdulillah ngga bayar hihihi. Gitu strateginya ya manteman kalo berharap gratis, tanyanya jangan, "Anak ini bayar ngga" tapi "Anak ini ngga bayar kan?" --> dengan muka yang sedikit garang, hahaha.

Duo bocah seneng banget nyemplung kolam, maklum biasanya kalo mau rendam-rendam hanya bisa di ember mandi jaman dia bayi. Mau nyemplung bak, sama saya ngga bolehlah. Padahal kelakuan emaknya dulu pas kecil pernah juga diem-diem kungkum di bak. Yah buah jatuh memang tak jauh dari pohonnya hihihi.

Di sini ada empat kolam renang. Yang dua buat anak-anak. Satu buat pemula banget kaya Thifa dan Hana, satunya buat anak-anak di atas 10 tahun atau orang dewasa yang baru belajar renang tapi tetep dibawah pengawasan pelatih.

kolam renang
kolam renang anak

Kalo yang dua lagi, kebanyakan yang renang remaja dan dewasa, ada juga anak-anak tapi yang sudah mahir berenang karena kolamnya agak dalam.

Kolamnya bersiiih. Ini poin plusnya. Ada mainan kaya ayunan dan perosotan juga, harusnya jadi poin plus juga ya. Tapi sayang ayunan sama perosotannya udah berkarat gituh >.<


kolam renang
kolam dewasa, viewnya kalo dari sini keren loh
Pas mau gantiin baju Hana di ruang bilas. Eh Hananya ngga mau turun. Ya sih agak jijay kamar gantinya, kramiknya bernoda-noda, mungkin karena udah lama ya. Sampe mau difoto biar dibilang no pict=hoax ngga tega hihihi.

Masuk ke kamar mandinya, banyak bungkus-bungkus shampo berceceran. Duh ilfil. Hana bener-bener ngga mau pipis dan ganti di situ. Padahal udah bawa perlengkapan mandi komplit dari rumah.

Yaudah akhirnya dihandukkin aja trus diganti bajunya. Kan rumahnya dekat ini, ntar mandinya di rumah ajalah.

Nah pas mau bilas Thifa, coba masuk ke kamar mandi yang lain mayan agak bersih, kalo baknya sih bersih banget. Ini kayaknya yang punya kolam rennag hanya menitikberatkan kebersihan pada kolam dan bak mandi aja deh kayaknya.

Setelah berenang, kami ke taman mungil yang ada deket pintu masuk di sana ada beberapa binatang yang dikurung, burung (ntah burung apa) sama sejenis kera (apa simpanse gitulah). Sayang juga taman kurang terawat. Banyak sampah juga ngga dibersihin di situ.

Jadi kesan saya buat kolam renang Ngaliyan ini murah meriah, iya kolam renang lain weekend rata-rata paling murah 30an loh. Tapi ya emang minimalis sih ga ada loker dan ngga dipinjemin handuk. Ya ngga masalah sih kalo itu. Yang paling bermasalah karena kurang terawat. Jadinya sayaaang banget. Coba kalo mainan yang berkarat itu diganti dengan yang baru, kamar mandi keramiknya diganti dan rutin dibersihkan. Pasti jadi oke banget deh.

Meskipun begitu, kolam renang ini tetep ramai pengunjung loh. Mulai jam tujuh-an berbondong-bondong datang pengunjung. Kalau mau agak sepi datengnya lebih pagi dari itu, tapi kalo yang di kolam anak tetep sepi siih meskipun agak siangan, yang ramai di kolam remaja dan dewasa.

Jadi kalo menurut saya, kolam renang ini recommended kalau rumahnya deket sini jadi bilas-bilasnya bisa di rumah aja. Atau buat yang baru ngenalin anaknya ke air, solanya rugi kalo ngajaknya mahal-mahal ke waterblaster tapi anaknya rewel begitu dimasukkin kolam.

Mudah-mudahan di kedepannya ada perbaikan deh, supaya kalo mau renang ngga perlu jauh-jauh bisa ke sini aja. Hehehe.

twitter: @rahmiaziza
I.G     :  @rahmi.aziza

28 komentar:

  1. Kapan2 coba deh ke kolam renang deket rumahku mak. Si cinde barat namanya laguna. Nadia les disitu..kolamnya bersih ruang gantinya juga bersih banget..itu yg aku seneng san haraganya juha gs mahal bgt.. cuma 20.000 aja tapi karena nadia member mo renang kapan aja gratis ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinjem katu membernya dong Nadia hihhihi *mak irits beraksi*

      Hapus
  2. wah kolam renangnya seger banget tuh buat mandi mandi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak2 suka banget langsung nyemplung

      Hapus
  3. Di belakang kompleks kami cm 7 rb per orang mak. Ada perosotan, air tumpah dari ember besar, kolam badut. Tapi, kantinnya kurang bersih. Mirip kolam di ngaliyan lah, murah ada tapinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbok murah tapi bagus dan bersih gitu yaa *maunyaaa*

      Hapus
  4. Heuheuu...dari kedua anakku cuma kaka Tazkia yang suka berenang, tapi semakin besar apalagi setelah memakai jilbab dia semakin segan kalau di suruh berenang lagi. Sean gak terlalu suka berenang...tapi sebenarnya saya berharap anak-anak kembali suka berenang apalagi kalau ada kolam renang seperti yg mak tulis ini...murah tapi tentu saja keberssihan dan fasilitasnya juga memadai ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya berenang termasuk olahraga yang dianjurkan Rosul untuk dikuasai kalo ngga salah ya mak, kaupun pengen anak2ku bisa renang jangan kayak emaknya

      Hapus
  5. Wah iyaaa. Kolam renang kalo weekend mahal beudh.. Enaknya ada yang dekat dan murah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dekat dan murah tapiii ya gitu deh, mikir2 jadinya mau balik ke sonoh lagi hehehe

      Hapus
  6. Itu kolam renang jaman aku belum married udh ada. Dulu setiap bulan renang di sini, jauh banget dari rumah ortu. Lebih deket rumah bikin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantesan ayunannya udah karatan ya mbak hihihi

      Hapus
  7. Pemandangan umum di kamar ganti kolam renang, bungkus shampo sachet..

    BalasHapus
  8. mungkin karena udah tua mba jadi begitu keadaan ruang gantinya

    BalasHapus
  9. waduh ngebayangin kamar ganti nya aja udah jijik duluan. sayang juga ya gak dijaga kebersihannya...

    BalasHapus
  10. lihat kolam renang jadi pengen nyebur :)

    BalasHapus
  11. Di sini (Cimahi) masih ada yang 5000 / orang mbak. Kapan2 aku mau review juga ah.

    BalasHapus
  12. emang paling malesin kalo berenang di kolam renang umum yang kamar mandi atau tempat showernya jorok.. apalagi kalo bungkus bungkus shampoo, bekas tissue dan sebagainya berceceran... ishhhh gak banget :(( ada tuh kolam deket rumah yang begitu.. jadinya kalau mau bernang malah ke tempat yang rada jauhan dari rumah, padahal harganya lebih murah yang deket rumah itu.. tapi ya karena jorok ya mending ke tempat yang lebih mahal tapi bersih..

    BalasHapus
  13. Kayak sebuah waterboom terkenal di sini Mak, bersih bagus tapiiiii.. siap2 bawa tissu basah soalnya air bilasnya selalu gak kebagian :D HaHaHa

    BalasHapus
  14. Di Pamulang juga ada tuh Kolam Renang yang murmer, bersih, dan ada kantin sederhananya. Boleh bawa makanan sendiri juga, asal menjaga kebersihan. Kalau liburan dan cucu menginap di Pamulang, sampai puas dia berendem tuh. Kapan-kapan kalo bunda ke Semarang, kita kopdaran, ya...#kapanya.

    BalasHapus
  15. bisa aja tuh mba jadi gratis satu masuknya :)

    BalasHapus
  16. Sudah lama sekali tidak renang, mungkin langsung klelep klo renang sekarang :D

    BalasHapus
  17. Hyaaah. . pengunjung ngga ikut jaga kebersihan juga yaaa. Buang sampah sembiriiiiingiiiin. . . :D

    BalasHapus
  18. Rahmiii...
    di komplek rumahku pun ada kolam renaaang...
    Dan murah meriah gitu cuma sekitar 15 ribuan deh, tapi ya ituuuu sama juga, kamar mandinya malesiiin...
    Tapi karena emang lokasinya deket banget, biasanya sih mandi di rumah aja siiih...

    BalasHapus
  19. wah mungkin karena murah itu gak bisa bayar tukang untuk perawatan kali ya..

    BalasHapus
  20. berapa ya mbk kursus prifat remaja

    BalasHapus