Bermain dan Bereksplorasi di Dancow Ranch Adventure Semarang

Dancow Ranch Adventure Semarang
foto: @EventSemarang
Beberapa waktu lalu, saya melihat timeline socmed maupun blog teman-teman ramai membicarakan tentang event Dancow Ranch Adventure, di Jakata dan Jogja. Ada foto anak-anak yang sedang memberi makan kuda, menjaring ikan, memerah sapi, dan berpose ala cowboy. Bukan di peternakan sungguhan tapi di mall. Iya mall yang di sulap menjadi mirip peternakan. Seruuu. Kapan ya di Semarang ada event seperti itu juga.

Sebagai ibu dari duo bocah, yang masih balita, event semacam itu sudah pasti merupakan event yang sangat saya nanti-nantikan. Yaa pengen aja ajak mereka ke suatu tempat dimana mereka bisa bermain dan bereksplorasi di tempat yang berbeda dari biasanya.

Dan doa saya terkabulkan. Saya, beserta beberapa blogger lain dari komunitas blogger perempuan Semarang Gandjel Rel diundang untuk datang ke event Dancow Ranch Adventure Semarang yang diadakan tanggal 26-27 September 2015 di ADA Setiabudi Semarang. Horeee... akhirnya bisa ajak duo bocah bermain dan bereksplorasi di Dancow Ranch Adventure Semarang.

Lalu apa bedanya event di kedua tangga yang saya sebutkan tadi? Untuk wahananya tetep sama. Ada area kreativitas dimana anak bisa mewarnai gambar, area peternakan (bisa main sama kuda poni, kaish makan kelinci dan belajar memerah sapi), kolam ikan, konsultasi, dan booth foto.

Nah bedanya di hari Sabtu tanggal 26 September ada talkshow tentang nutrisi dan tumbuh kembang anak yang mendatangkan para ahli, sementara di hari Minggu ada RAN. Waaa jadi bimbang kan, enaknya datanga di hari Sabtu apa Minggu, apa dua-duanya? Hihihi.

Akhirnya saya putuskan untuk datang di hari pertama. Maaf ya RAN, kita belum jodoh hihihi.

Registrasi

Begitu masuk ke ADA swalayan dari pintu utama, saya langsung disambut mbak-mbak yang menggunakan baju kuning, berompi, dan bertopi ala cowboy. Wiih susana Ranch Adventurenya mulai kerasa nih.

Karena undangan sebagai blogger saya registrasi dulu di booth khusus media dan blogger. Kalo di event yang mengundang blogger saya sungkan mbawa-mbawa anak, kali ini nggak. Karena blogger justru disarankan membawa anak, supaya bisa nyobain wahana yang da. Daan bawa suami biar bisa momong anaknya, sementara emaknya ikut media gathering hehehe.

Untuk umum, tiket bisa didapat di loksi dengan pembelian produk dancow. Ada hadiah juga yang sudah disiapkan loh, mulai dari t-shirt sampai rice cooker!

Masuk Wahana

Karena acara yang harus diikuti blogger dimulai jam 12, saya masuk ke area dulu sama duo bocah. Ayahnya belum ikut masuk masih muter cari parkir. Begitu masuk lihat di sisi kiri ada kuda. Thifa disuruh pegang kuda ngga mau, yaudah liat yang lain dulu. Ada kolam ikan. "Mau mancing ngga kak?"

"Mau..."

Sayapun memberikan paspor sama mbak yang jaga. Thifa dikasih jaring buat ngambil ikan. Karena Hana juga kayak kepengen saya mintakan jaring juga dengan menunjukkan paspor punya Hana untuk dicap.

Kalo biasanya Thifa nyoba nangkep ikan di kolam milik yangkungnya di Kudus, susah banget, kali ini nangkep ikannya gampang, dia bisa dapet banyak. Kalo Hana beda lagi yang dijaring malah batu-batu yang ada di kolam hahaha. Akhirnya emak yang lagi sibuk jeprat-jepret turun tangan ngajarin. Eh ternyata ikannya boleh dibawa pulang dong, daan bisa ditebak lah, habis itu Thifa minta dibelikan aquarium. Huaaaa.

Kolam Ikan


Makan Siang dan Media Breefing

Pukul 12.00 saya keluar dari wahana. Makan siang sudah disiapkan untuk blogger dan media yang diundang. Duo bocah dan si Ayah dapet jatah voucher McD dari panitia.

Awalnya cukup susah bujuk duo bocah ini biar mau jauh bentar dari emaknya. Kakaknya malah udah mau mewek, pengen ikut mamah katanya. Doh!

"Katanya laper kan, beli burger sana sama Ayah, Mama nungguin di sini. Hana mau ikut Ayah ngga?" dengan segala bujuk rayu akhirnya mau juga mereka sama ayahnya. Pfiuuuh.

Sayapun masuk ke ruangan yang sudah disediakan, bergabung dengan para blogger dan awak media. Makan siang ala prasmanan sudah tersedia. Ada nasi dan berbagai lauk, snack, buah, dan jus, hmm nyummi. Bisa makan (sambil ngerumpi) dengan tenang bareng temen-temen Gandjel Rel.

Pukul 13.00  satu persatu nara sumber masuk, dan woww ada Shahnaz Haque. Asiik ngga ketemu Ran, tapi bisa ketemu Shahnaz. Media breefing DANCOW EXCELNUTRI+ pun dimulai.

Mbak Shahnaz sebagai MC membuka acara. Nara sumber pertama Dr.dr.Soedjatmiko, Sp.A(K),M.Si, mengatakan perkembangan otak sangat pesat dimulai dari masa kehamilan-usia 2th (1000hr pertama). Selain nutrisi yang akan memberikan perlindungan, mengajak anak bermain, membiarkannya bereksplorasi serta memberikan kasih sayang dapat membantu membentuk anak yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan mandiri.


Dancow Ranch Adventure Semarang

Nara sumber kedua, ada Ibu Sari Sunda Bulan yang merupakan ahli gizi. Pada kesempatan kemarin Ibu Sari banyak menjelaskan tentang asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia anak.

Ibu Sari juga menunjukkan sebuah gambar yang disebut tumpeng gizi seimbang. Dari gambar tersebut kita bisa mendapat gambaran tentang asupan nutrisi maupun stimulasi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak,


tumpeng gizi seimbang



Paling bawah ada aktivitas fisik seperti berjalan bermain bola, bersepeda yang dapat menstimulasi tumbuh kembang anak. Sementara asupan makanan yang dibutuhkan anak, yang paling banyak porsinya adalah karbohidrat, disusul kemudian vitamin yang bisa didapat dari buah dan sayuran, setelahnya protein yang dikandung ikan, tehu, tempe, maupun susu, dan yang paling sedikit jumlahnya serta harus dibatasi penggunaannya adalah garam, gula, serta minyak.



Selain itu Ibu Sari menghimbau para bunda untuk selalu memperhatikan label kemasan makanan. Seperti susu. Lihat kandungan gizi, cara membuat, dan cara menyimpannya. Karena kalau salah, bisa saja sia-sia kita mengkonsumsinya. Rugi kan udah keluar uang untuk beli susu eh ngga ada manfaat apa-apa bagi tubuh.


Cara membuat susu misalnya, yang benar adalah, air hangat dulu dituang ke gelas, kemudian masukkan susunya, jadi jangan sampai terbalik. Untuk penyimpanannya, setelah kemasan dibuka, biarkan susu tetap di dalam kemasan aluminium foil, dilipat bagian atasnya, kemudian masukkan toples yang tertutup rapat, simpan di tempat kering.


Pembicara selanjutnya psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi yang mengatakan bahwa cinta adalah berani memberi ruang pada si kecil untuk berusaha bangun saat terjatuh agar dapat belajar berjalan dan akhirnya berlari. Cinta bukan berarti memberi semua apa yang anak inginkan, tapi sebagai orang tua harus paham tentang kebutuhannya. Bukan memberi segala fasilitas untuk memudahkannya tapi mendidik agar ia mandiri di kemudian hari.


Biarkan anak bereksplorasi. Hal kecil seperti meminta anak membereskan mainannya, memancingnya dengan pertanyaan, termasuk hal-hal yang bisa mendukung eksplorasi si kecil.

Setelah itu giliran head of Corporate Communication PT Nestle Indonesia, Nur Shila Christanto tampil memperkenalkan DANCOW EXCELNUTRI+ yang merupakan inovasi terbaru dari Dancow. Dan kehadiran Ranch Adventure ini untuk membantu para orang tua agar si kecil dapat bereksplorasi untuk mendukung keterampilan sensorik, motorik, komunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif, dan kreativitas.

Setelah sukses diadakan di Jakarta, Jogja, dan Semarang, Dancow Ranch Adventure akan hadir juga di kota Surabaya, Medan, dan Makassar. Siap-siap ya bundaaa...

Setelah semua nara sumber melakukan presentasi, ada sesi tanya-jawab dan foto-foto. Horee dapat foto bareng Shahnaz dan para nara sumber keceee.

Dancow Ranch Adventure Semarang
foto by Noorma Fitriana


Kembali ke Area Ranch Adventure

Selesai sudah rangkaian acara media briefing, kamipun dipersilakan memasuki area Ranch Adventure.

Kami disuguhkan hiburan berupa operet yang seru. Lucu deh ngelihat anak-anak kecil berakting, menyanyi, dan menari di atas panggung, sempet nanya ke Thifa juga, "Berani kak kaya gitu?"

Operet Dancow Ranch Adventure


Selesai operet saya mengajak Thifa ke area kreativitas untuk mewarnai. Udah ada Alde dan NAi di sana. Ngga lama, nama my sista disebut, "Rizka Alyna, mendapatkan gift card dari ELC". Yeayyy, tupanya pengundian doorprize sudah dimulai.

Selain gift voucher ELC, ada juga yang dapet voucher ADA dan kamera Go Pro. Tapi bukan saya huhuhu.

Lanjut lagiii, takshow tentang nutrisi dan tumbuh kembang anak untuk umum, sambil dengerin materi talkshow, sambil ngelanjutin nemenin duo bocah main-main di area Ranch Adventure. Tadi kan baru mancing ikan, masih banyak wahana yang belum dicoba.

Thifa dan Hana, saya ajak kasih makan kuda, kelinci, dan naik di atas kuda-kudaan trus foto-foto.

Dancow Ranch Adventure Semarang


Ranch Adventure


Udah sore capek, waktunya pulang. Tapi sebelumnya foto keluarga dulu doong. Udah ada booth yang disediakan buat kita foto ala cowboy, ada kostumnya juga yang bisa dipake biar mirip cowboy beneran.


Cowboy


Ah senangnya hari Sabtu kemarin. Emak bisa dapet ilmu tentang tumbuh kembang anak, duo bocah bisa bermain dan bereksplorasi, sementara ayahnya bisa jadi baby sitter hehehe.

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

Komentar

  1. Waaah. Seru banget acaranya

    Apalagi duo cowboys nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ngajak anak main selalu seru mbaa

      Hapus
  2. pada senang sekali ya mbak anak-anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, emaknya juga ikut seneng hehe

      Hapus
  3. Surabaya ada lagi ya maaak?
    Kapan hari udah ada sih.
    Tapi bukan yang Ranch Adventure gini
    Cuma seminar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semarang juga dulu udah pernah mba yang seminar parenting itu dulu. Mudah2an segera ya yang Surabaya ada Dancow Ranch Adventure, seruuu.

      Hapus
  4. Asik ya bisa bareng aktivitas sekeluarga meski beda acara. Dancow pintar juga mengemas acaranya, kereeen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa tapi tetep sih mbaa anak2 belum selesai acara emaknya nyusul ke ruangan, ngga bisa lama2 jauh dari maknya hehehe

      Hapus
  5. Seru ya moga2 makin banyak acara keren begini di semarang biar blogger semarang makin berjaya ;)

    BalasHapus
  6. Thifa happy banget yaa... yang hr sabtu heboh ada shahnaz dan goodie bag nya bikin mupeng hehe

    BalasHapus
  7. Thifa minta aquarium dikasih ga sama mama? Hihi

    BalasHapus
  8. harga tiket masuk berapa mbak? bisa di beli di mana aja? please infonya

    BalasHapus

Posting Komentar