Belajar Sambil Bermain Bersama Boci

Halo temans... siapa yang suka ngegame???

Kalo saya sih ngga terlalu suka main game. Bagi saya kebanyakan game kok malah bikin stres ya, apalagi game yang biasa dimainin si ayah. Padahal harusnya kan sebaliknya hihihi. Saya suka sebel misalnya game menembak trus ngga kena-kena, malah bawaannya pengen marah loh. Hahaha.

Tapi... game tetep menjadi item wajib yang harus ada di smartphone saya. Waktu saya baru aja mendapatkan tab hadiah dari salah satu lomba, saya langsung request ke si Ayah donlotin game edukasi buat Thifa. Biar Thifa bisa bermain dan belajar dari situ. Karena saya tahu Thifa ngeliat emak bapaknya megang tab pastilah pengen utak-atik juga. Ngga papakan sesekali anak mainan tab, yang penting tetep didampingin orang tua.

Salah satu aplikasi edukasi yang tersedia di tab saya adalah Petualangan Boci . Aplikasi ini diperuntukkan untuk anak usia 2-6 tahun. Jadi paslah buat Thifa yang sekarang umurnya empat setengah tahun, dan bentar lagi si Hana bisa ikut mainin. Ada tiga seri yang sudah saya donlot yaitu Boci Play: Alfabet, Boci Play: Berhitung, dan Petualangan Boci (cerita). Tiga-tiganya Thifa suka dan dimainkannya berulang-ulang.



Thifa bersama temannya. Thifa niruin lafal abjad yang disebutkan Boci

Boci Play: Alfabet sengaja saya pilihkan buat Thifa yang sudah mengenal huruf meski belum hapal semua sih. Di sekolahnya juga diajarin nulis dengan cara menebalkan titik-titik yang dikasih sama gurunya. Tapi Thifa masih suka kesulitan kalo saya saya suruh nulis huruf meski udah dicontohin, kaya bingung harus memulai dari mana gitu. Nah dengan belajar alphabet bersama Boci membantu banget untuk dia latihan nulis sambil menghapalkan huruf dengan fun.

Selain huruf,Thifa juga sudah mengenal angka, dia bisa menyebut angka satu sampai sepuluh. Tapi kalo itung-itungan tahunya baru satu tambah satu sama dengan dua itupun kayaknya tahu karena ada lagu anak liriknya seperti itu hehehe. Nah aplikasi Boci Play: Berhitung  bisa membantu dia lebih memahami konsep penjumlahan.

Ada dua setting yang bisa dipilih, rumah dan kebun. Misal kita pilih rumah, ntar instruksinya  "Boci mau makan dua pisang" trus di piringnya ada macam-macam makanan, kita pilihlah yang pisang masukin dua kali ke mulutnya. Begitu terus yang berubah cuma nama makanan sama angkanya. Hmm coba kalo lebih variatif misal, habis makan, dia mau minum segelas air, bisakah kamu membantu boci mengambilkan air?  Habis itu ia ingin bermain kelereng bisakah kamu mengambilkan tiga buah kelereng untuknya? Kayaknya lebih seru deh hehehe. Ini sih masukan dari emaknya, kalo Thifa keliatannya asik-asik aja maininnya, ngga ada komplen.

Nah untuk yang satu lagi, Petualangan Boci saya suka banget. Kita bisa milih mau baca sendiri atau dibacakan. Karena Thifa belum bisa baca ya pilih yang dibacakan, jadi Thifa kayak didongengin gitu. Ngga cuma sekedar cerita, di tengah-tengah cerita anak disuruh melakukan sesuatu juga, seperti membantu Boci membersihkan lumpur, menyingkirkan daun, jadi ada aktivitasnya sehingga anak ngga bosen cuma dengerin aja.

gambarnya lucu dan colourfull

Yang menarik lagi, ada permainan eksperimen mencampur warna. Kaya warna merah kalo dicampur kuning jadinya oranye dst.

Over all saya suka sama aplikasi ini. Apalagi gratis heheh. Ya sampai kemarin saya donlot masih gratis ngga tahu deh besok-besok. Tapi kalo saya sih selagi memang bagus dan bermanfaat bayar ya gapapalah. Coba disuruh bikin aplikasi sendiri opo rak mumet koe, heheh. Asal jangan mahal-mahal kali lah yaa... hahah teteep.

Kalo mau donlot gampang, tinggal cari aja di play store. Klak-klik aja sesuai instruksi berees hehehe. Saya aja yang gaptek bisa. Iya kemarin tumben saya donlot sendiri loh biasanya kan harus suruh-suruh si Ayah karena takut salah pencet hehehe. Tetep ngga bisa juga, baiklah ini saya kasih tahu caranya ya



Nah selain tiga yang sudah saya donlot, masih ada beberapa aplikasi Boci yang bisa dipilih, tinggal disesuaikan aja lah sama kesukaan dan usia anaknya.

Oya, ada seri terbaru "Belajar menulis Bersama Boci"  dan "Pasar Malam". Tema dari seri ini adalah nostalgia. Ada permainan jaman dulu sama jajanan unik di pasar malam. Bisa gagal mup on nih maknya, ikutan mengenang masa kecil dulu hihhi.

Biar gampang sekalian saya kasih link donlotnya ya untuk android:

Belajar menulis bersama Boci: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rollingglory.bocitracealphabet&hl=en 

Pasar Malam: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rollingglory.bocithemepark&hl=en 

Selamat belajar sambil bermain ;)

@rahmiaziza

Komentar

  1. wahh coba donlod ah buat alde, lagi suka belajar angka dan huruf dia...

    BalasHapus
  2. Mi, besok aku ajari downloadnya ya..hihihi..

    BalasHapus
  3. gua juga gak suka game. tapi emang game itu kadang bisa bantu anak jadi belajar ya. asal dibatasin aja waktu nya untuk main game biar gak kecanduan. :)

    BalasHapus
  4. Aku juga enggak suka game, enggak suka kalo kalah maksudnya, hihiii

    BalasHapus
  5. belajar sekarang lebih asyik ya dengangame2 keren seperti Boci ini :D

    BalasHapus
  6. Boleh ni Mak besok donlot buat ponakan, daripada maen game mobil, mending ini sekalian belajar ya ^_^

    BalasHapus
  7. Kayaknya seru nih. Kapan2 mau download juga ah buat anak2ku :-)

    BalasHapus
  8. memang sekarang teknologi sdh canggih tinggal kita manfaatkan saja dan mengajar anak untuk menggunakannya dg benar

    BalasHapus
  9. Wah, keren kayaknya nih. Aku juga mau download ah.

    BalasHapus
  10. dulu jaman Nadia masih kecil banyak download aplikasi kaya gini, tab jadi penuh game...eh jadinya main game keterusan ... sekarang banyak yg tak hapus mak dan dibatasin. udah gede juga pelajaran di sekolah juga makin susyee :(

    BalasHapus

Posting Komentar