Jowo Deles: Mancing, Makan, dan Review

Udah beberapa hari ini, entah apa penyebabnya, ikut-ikutan siapa, Thifa suka ujug-ujug ngomong, "Mah, kapan-kapan ke sungai sama Ayah mancing ya."

Saya sih asal-iya-iyain aja, biar cepet, kalo kata orang Makassar "Pa'iyoi mi natippa" hehehe. Entah kapan bakalan beneran mancing, secara saya dan ayahnya juga ngga suka mancing. Tapi tiba-tiba kemarin kok kepikiran untuk ngajak Thifa mancing, sekalian nyobain makanan di resto itu, sekalian juga cari bahan tulisan buat web Hello Semarang hehehe.

Ada satu tempat pemancingan yang ngga terlalu jauh dari rumah namanya Jowo Deles, hari Minggu kemarin kami ke sana.

Sampai di sana, saya langsung nanya-nanya ke mbaknya mulai dari menu, tempat mancingnya dimana, masaknya lama apa bentar, ya maklumlah pendatang baru. Setelah tanya-tanya kami memutuskan untuk pesan makanan dulu, sambil nunggu kami mancing. Ntar kalo udah matang makanannya kami bakal dikasih tahu sama waitressnya. Saya memilih gurami goreng dan nila bakal. Untuk gurami harga perons nya Rp 6.750. Perekor beratnya bisa 3-5 ons. Jadi harganya dikalikan itu aja. Selain ikan ada menu lain berupa ayam, dan aneka gorengan (tahu, tempe, pisang).


tempat makan terletak di atas kolam

Untuk mancing di area pemancingan Jowo Deles dikenakan biaya Rp. 5000, baik yang bawa alat pancing sendiri maupun yang pinjam alat pancing yang sudah disediakan di sana. Harga segitu udah termasuk umpan berupa pelet.


Beberapa kali narok umpan selalu dimakan ikan tapi ikannya lolos. Ternyata cara yang bener itu, begitu gerak-gerak karena umpan dimakan ikan, langsung kita tarik, janagn nungguin ikannya selesai makan ya. Menyimpulkan sendiri sih inih hihihi, karena pertama-pertamanya, gerak-gerak gitu didiemin aja, dipikir otomatis ikan bakal nyangkut kalo udah makan umpan ternyata nggak. Tapi begitu ganti strategi, langsung tarik saat pancing gerak-gerak langsung dapet ikan, kecil tapinya hihihi.

Tak lama waitress datang menyampaikan makanan sudah siap, saya naik duluan pilih meja, sementara si Ayah masih lanjut mancing sama Thifa.

di balik minuman itu ada sambal dua porsi, sambal koreknya mantaap!

Setelah dapet ikan enam ekor, mereka selesai mancing, itu juga karena bolak-balik saya telpon, takutnya mereka keasyikan, trus dapet ikan banyak, kan harus dibeli tu ikan yang udah kepancing Rp 25.000/kg hehehe. Tapi ternyata ikan yang didapet kecil-kecil, yang sebenarnya boleh dibalikin lagi ke kolam. Tapi karena Thifa pengennya dibawa pulang ya udah dibawalah itu ikan yang total beratnya cuma dua ons, harganya cuma lima ribu hihihi.

Waktu Thifa dan si Ayah datang, saya udah selesai makan. Saatnya motret-motret lokasi buat bahan review hehe. Salah satu kelebihan Jowo Deles, lokasinya di daerah tanjakan jadi bisa melihat kota Semarang dari atas.

Memandang Semarang dari atas bukit

Tempat makannya luas, bisa pilih, mau yang terbuka atau dalam ruangan. Tempat makan yang terbuka ini bawahnya kolam ikan juga, ada air mancur mininya, jadi bocah betah berlama-lama di sini sambil nonton ikan. Cocok juga nih kalo mau ngadain acara arisan atau reunian. Bisa dipake free selama tiga jam katanya, asal mesen makanannya di sini ya. Ada juga gedung berkapasitas 250 orang yang disewakan.

Hari itu, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Datang ke satu tempat, yaitu Jowo Deles, selain makan siang, Thifa bisa mancing, saya dapet bahan buat nulis hehehe.

@rahmiaziza

Komentar

  1. Balasan
    1. Silakan bisa langsung pesen kok tanpa harus mancing :)

      Hapus
  2. seru ya bisa mancing2 dulu... :)

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke semarang, kayaknya seru yaw, oh iya, kalau saya mancing sama anak2 cukup ke halaman rumah neneknya anak2 hehehe

    BalasHapus
  4. Dulu udah pernah makan di sini, tapi enggak sempet poto2 karena langsung dimakan sajiannya, hahahaaa
    Trus juga waktu itu belum berjiwa 'narsis' dan belum jadi kontributor :D :D :D

    BalasHapus
  5. lucu banget itu yg lgi mancing kaya yg ketakutan , hehe

    BalasHapus
  6. Waaah seru bgt restonya mbak, dijakarta jg ada tp pertkilonya mah udh berkali2 lipat dr yg mbaknsebutin..

    BalasHapus
  7. Thifa senang dan ada bahan buat postingan he he he, mak juara banget deh..

    BalasHapus
  8. Asyik bisa mancing dan sekalian makan...biasanya harganya per ekor...eh ini per ons ya... salam kenal mak

    BalasHapus
  9. Aku heran dengan keluargaku. Kalau ada acara mancing gitu, mesti nggak pernah dapet. Padahal yg duduk sebelah kami selalu dpt gede2. Mungkin keluargaku kena kutukan dewa ikan. :D

    BalasHapus
  10. Akhirnya Thifa bisa mancing juga... hehehhe

    dan saya jadi pengen mancing juga nih... heheheh

    waah seru bangat itu tempat viewnya bagus ya Mba Rahmi... suka :)

    BalasHapus
  11. Mancing!! Satu hal yang belom pernah kulakukan seumur hidup hahaha. Jadi pengen nantang diri sendiri nih Mak Rahmi hihi

    BalasHapus
  12. Hanaaaa udah gedeee, jowo deles namanya yaaaa....hihiii

    BalasHapus
  13. Seru ya sepertinya. By the way aku belom pernah mancing hahahhaa

    BalasHapus
  14. Thifa seneng banget lihat makanan sudah datang :)

    BalasHapus

Posting Komentar