Kamis, 14 Mei 2015

#CurhatanRasa Thifa: Masakan Kita Enak!

Anak seribu pulau, begitu saya memberi julukan pada diri saya sendiri. Lebay huehehe, karena meskipun dulu saya sering tinggal berpindah-pindah sesuai tempat dimana Papa ditugaskan, tapi ya ngga sampai seribu juga kali pulaunya. Jangankan seribu sepuluh aja ngga ada. Tapi biarlah, biar kedengaran keren gitu yak, kaya acara di tv jaman dulu ada kan "Anak Seribu Pulau" *langsung ketahuan jamannya hihi.

Karena berpindah-pindah itulah, selain saya melakukan jelajah daerah tempat tingggal, otomatis saya juga melakukan jelajah rasa. Tiap kota yang saya singgahi punya kuliner khasnya masing-masing. Semuanya berkesan, tapi ada satu yang pernah saya kangenin banget tapi ngga tahu harus cari di mana di Semarang, kota yang saya tinggali saat ini. Sekalinya udah nemu resto yang menjual makanan itu, harganya lumayan mahal. Rp 30.000 seporsi, bagi Mak Irits itu pastinya mahal banget kan yaaah. Emang makanan apa siih? MIE TITI alias mie kering khas Makassar yang disiram kuah panas kental dengan berbagai macam isian.

Seorang kawan menyarankan untuk masak sendiri. Hah masak sendiri? Sayah? Masak mie titi? Kalo mie instan sih bisa hihihi.

"Gampang kok, kukasih resepnya ya by email," begitu kata si teman. Dan begitu saya buka email dari teman saya itu.. "Hah  begini doang?" Bumbunya gampang banget, ngga perlu ngulek-ngulek. Hanya butuh satu bumbu halus yaitu merica. Aah itu mah gampang kan udah ada lada putih halus bubuk Koepoe Koepoe.


Kebetulan nih hari ini kakak saya yang di Tangerang mau datang ke rumah. Dan saya memutuskan untuk masak mie titi. Thifa girang banget. Dia emang seneng liat maknya masak dan bawaannya pengen bantuin, padahal maknya aja ngga suka masak hihihi. Dan Thifa juga selalu lebih suka makanan yang dibuat emaknya daripada makanan serupa yang dibeli di luar. Pernah saya bikin bolu. Menurut saya rasanya ya biasa, kayak bolu pada umumnya, malah secara penampakan ya bagusan bolu-bolu yang dijual di luar sana, tapi dia bisa habis banyak banget padahal biasanya kalo dibeliin bolu ngga suka. Coba deh kalo mie titi ini dia bakal suka ngga ya?

Bahan:
Mie basah (atau mie telor), daging sapi (1 ons atau sesuai keinginan), ayam, bakso, sawi sendok hijau, bawang putih 5 siung digeprek, bawang bombay 1 siung diiris, lada putih/merica bubuk Koepoe Koepoe, 2 butir telur dikocok, 3 sdm mayzena, garam, gula.


Cara buatnya
Siapkan Mie kering. Bisa mie basah yang dijual di pasar kemudian digoreng sampai kering. Tapi kalo saya sih biasanya pake mie telor, direbus dulu trus digoreng. Kali ini saya memakai dua bungkus mie telor.

Untuk kuah panas isiannya bisa daging, udang, ayam, bakso, sosis, atau bakso. Seberapa banyaknya tergantung selera aja, kalau saya cuma pakai 1 ons daging sapi, 2 potong ayam, dan 5 butir bakso.
Daging sapi dan ayam direbus dulu sampai empuk. Air rebusan daging (kira-kira sebanyal 3 mangkuk bakso) disimpan. Setelah dingin, ayam dan daging dipotong kecil-kecil.



Saat proses memasak, Thifa ribut aja pengen bantuin, yaudah dia saya kasih bagian ngocok telur, yang gampang hihi. Saya yang bagian ngoseng-ngoseng di atas kompor.

Pertama, lelehkan margarin, tumis bawang Bombay sampai layu, masukkan bawang putih dan lada putih Koepoe Koepoe. Masukkan isian daging, ayam, dan bakso. Oseng-oseng sebentar kemudian masukkan irisan sawi. Masukkan air rebusan daging tadi. Didihkan, larutkan 3 sdm mayzena, aduk sampai mendidih. Masukkan telur yang sudah dikocok, aduk. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Kuah sudah jadi. Tuang di atas mie kering. Tadaa.. beginilah penampakannya, menggiurkan kan... 



Bisa ditambah tetesan jerul nipis dan saus sambal sesuai selera. Jangan lupa lada putih bubuk Koepoe Koepoe juga ikut dihidangkan bersama mie, kali ada yang doyan pedes. Soalnya tadi saya cuma ngasih lada sedikit aja, karena ini mau dimakan sama anak-anak juga, jadi jangan sampe kepedesan.

Rasanya gimana? Kalo #CurhatanRasa Thifa, "Masakan kita, enak!" Begitu katanya.

Alhamdulillah senangnya... meskipun mama chef abal-abal, tapi kalau Thifa bilang enak, mama sudah gembira bukan kepalang, apalagi lihat kamu lahap makannya.

Besok kita jelajah rasa lagi yuk Thifa!



Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes blog #CurhatanRasa Koepoe Koepoe

@rahmiaziza

50 komentar:

  1. Thifa hepi bener ya kayaknya hihihi. Kok gak kirim-kirim mie nya ke rumah Ubii seeehh, Mak iritsssss :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ubii main semarang siniiih, eh minggu lalu aku ke Jogja loh, tapi dirimu lagi di Jakarta ya?

      Hapus
  2. Balasan
    1. suka ngerusuhin mama tepatnya hahaha

      Hapus
  3. Waah keren loh bisa bikin mi titi sendiri, nanti aku contek resepnya yaa... Kangen makassar nih jadinyaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook bikin juga mak Noe, buat tombo kangen hehehe

      Hapus
  4. wah keliatannya enak nih mie nya :)

    BalasHapus
  5. Jadi pengen buat juga nih hehehe

    BalasHapus
  6. mauu nyobain makkss!!
    jd ngidam hihii. asik bgt ya anak cewek bisa di ajak seru2an di dapurr ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo coba bumiil, jadi pengen anak cewek apa cowok niih hehehe

      Hapus
  7. mauu bikin jugaaaa...makasih mii, kangen kampuung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin makdew, ntar aku nyicip hehe

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. ups sori barusan typo...
    aku juga sukaa mi titi. nyam nyamm
    semoga menang yaaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enak kaan emak riweuh, bikinnya ngga riweuh pulak hihihi

      Hapus
  10. hebat mba anaknya masih kecil udah bsa mba :)

    BalasHapus
  11. Baru tahu ada mi titi khas makassar. Maklum, jarang jelajah kuliner, jadi tahunya mie ngklok. :D


    Thifaaaa bikin emeesh anggeeetz ih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nyampe aja jelajah kuliner nya ke mie titi idaah hehehe

      Hapus
  12. Wah tifa jg ikutan jelajah rasa ya..hihihi..
    Pokoknya kalau si kecil udh blg sukak plus lahap, rasanya seneng bgd y mak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, jadi koki keluarga saja sudah cukup ^_^

      Hapus
  13. Ehlhakok sama itu Mbak sama yang di pinggir kompor saya? Mihihihin. Pengen nyicip mi titinyaaaa. Huheheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh apaan yang dipinggir kompor mas Dani *brb ngecek

      Hapus
  14. Ah..Fatih juga suka bantu2 masak. Pengen ikut, tapi dah mepet DL. Lagi, ini masih di solo..Sukses ya Thifa :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sesi foto di dapur hotel Kong >,<

      Hapus
  15. Balasan
    1. EMaknya yang pinter maak, emaknyaaa *butuh pengakuan

      Hapus
  16. hahahaa.. gagal fokus, boleh gak jowal jawil pipi Thifa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga minat coal coel mie titi nya mbaak hehehe

      Hapus
  17. kangen makan mie titiii.. huhuhuh

    BalasHapus
  18. pertama kali nyobain mie titi waktu dines ke makassar 2mggu lalu, enaakk yahh. mirip2 ifumie sih tp mienya beda.
    ternyata itu mie basah yg digoreng yah, hihihi baru tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. I fu mie kayaknya agak lebar trus pipih kan mie nya, kalo mie titi mie keriting kecil2

      Hapus
  19. kalo di jawa mungkin kayak ifu mi gitu kali mbak, mi kering disiram kuah capcay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsipnya sama, mie kering disiram kuah, tapi rasanya beda loh mba Ayuu

      Hapus
  20. Aih Thifa pinter bantuin mama...lagian mi titi itu emang endang gurindang deh, sukses untuk kontesnya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Tanti, itya enyak banget apalagi masakanku #eh

      Hapus
  21. mau donk thifaa..tante dikasih :D

    BalasHapus
  22. waah ternyata ngga susah yah masaknya. Aku suka banget nih mie kering khas Makassar ini. Mo cobain resepnya juga ah

    BalasHapus
  23. Penampakan mi Titii khas Makasar ini mirip Ifumie, benar gak sih Mi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip mbaa, tapi ada bedanya, aku sih lebih suka mie titi

      Hapus
  24. thifaaaa makan yang banyak ya..biar mama jadi rajin masak..^^

    BalasHapus
  25. Wiih Thifa jago banget, kecil2 udah bisa bantuin mamanya! Pasti mie-nya enak banget deh itu. Tante jadi pengen nyobain, nih! Nanti jadi chef aja, ya, Dek? :)))

    BalasHapus
  26. Thifa lucuu... bisa jadi asisten mamanya ini nanti..

    BalasHapus
  27. Hii Thifaaa, itu mienya digoreng saja udah enak, apalagi disiram bumbu dan ladanya koepoe-koepoe..wenak pasti y

    BalasHapus
  28. Enaknyaaa. Thifa, bagi dong mie nya, pingin nyicip juga nih :)

    BalasHapus
  29. Aku baru tau makanan mie titi ini, kuper tu de meks xD
    Keliatannya sedep banget yaaa.. Pingin ah nyoba, mumpung gampang :D

    BalasHapus