Senin, 25 Mei 2015

Bagaimana Sebaiknya Membuat Alamat Email

Halooo udah pada punya alamat email? Hare gene gitu loh, yakinlah yaaa 7 dari 10 warga dunia udah punya alamat email. Lah sisanya yang ratusan juta, yang di luar sepuluh orang??? Pada ngga punya huehehe.

Nah kali ini saya pengen ngobrolin bagaimana sebaiknya membuat alamat email. Pentingkah? Penting sih menurut saya.

Pernah ngga kamu bertanya alamat email seseorang, dan dia menyebutkan alamat yang bikin kamu mengrenyitkan dahi. Misalnya..

"Alamat emailku Vxcryy.xmail.com."
"Oh fikri?"
"Ehtapi pake v ya bukan f, trus pake x bukan k. Aku eja aja deh.."
"Eh sik sik, ambil kertas dulu"

Huaaa tanya alamat email aja ribet bener yaaak. Beneran ada alamat email kayak gitu? Iya bener ada, bisa dibilang orang dekat saya sendiri kook. Tapi no mention ya, mudah-mudahan dia ngga baca postingan ini haha.

Masih mending ya kalo yang tanya cuma orang biasa macam saya, palingan mau kirim request friend di FB, coba kalo yang nanya si bos, atau orang-orang yang mungkin pengen ngasih job ke kamu, dan mau kirim detailnya lewat email. Bisa jadi dia mikir daripada bikin gue stress mending ngga jadi aja deh. Cari alamat email yang normal-normal aja huehehe.

Tapi saya pernah juga sih bikin alamat email yang agak-agak alay. Jaman duluu, jaman modem masih belum tercipta di dunia ini. Internetan di warnet dengan tarif mulai dari Rp 6.000/jam, kalo mau murah ya beli paket internet tengah malem huehehe.

Pernah bikin email dengan username deeply. Terinspirasi dari lagunya Savage Garden: Truly Meadly Deeply. Emailnya sekarang sih udah musnah, penyedia layanannya udah banting setir hehe.
Trus setelah itu, bikin alamat email lagi : alfaiza_04. Ada artinya ituu. Jadi alfaiza gabungan antara nama saya rahmiaziza dengan suami  (namanya Alfa, tapi waktu itu belum nikah). Trus 04 tahun jadian kami. Gimana? Udah cukup alay kan alamat emailnya hahaha. Untung loh saya beneran jadi nikah sama dia, kalo ngga yaudah dimusnahkan aja tu alamat email kali ya hahaha.

Karena kebutuhan admistratif blog sayapun bikin email baru lagi di gmail. Kali ini alamatnya ngga neko-neko, pake nama sendiri aja biar gampang ngga pake mikir dan mudah diingat. rahmi.aziza@gmail.com. Bandingkan dengan dua alamat email sebelumnya, lebih baik yang mana? Ya tetep lebih baik yang sebelumnya doong --> kata anak alay hihihi.

Jadi gimana sebaiknya membuat alamat email? Alamat email yang baik adalah alamat yang mudah diingat, mudah saat diucapkan, ngga menimbulkan pemahaman ganda. Saran saya. Saya ulangi SARAN SAYA. Bukan saran pakar IT atau pakar bahsa tubuh *lah apa hubungannya*?
  • Jangan buat email gabungan nama kamu dan pacar, terlalu alay dan kalo putus repot
  • Jangan buat email dengan embel-embel perusahaan tempat bekerja. Ngga jaminan kita kerja di situ terus kan? Keuali email yang memang khusus untuk keperluan perusahaan tersebut.
  • Jangan buat alamat email dengan embel-embel narsis. Misalnya rahmi_imoet. Kalo masih remaja unyu-unyu lucu kali ya. Tapi kalo udah beranjak dewasa, di lingkungan kerja misalnya trus ada klien minta alamat email, ngga enak aja nyebutnya.
  • Jangan buat alamat email gabungan dengan angka misalnya r4hm14z1z4, kalo yang kayak gitu lebih baik untuk password. Atau rahmiaziza84, mungkin angka itu menunjukkan tahun kelahiran, tahun jadian atau umur *hah?* Selain susah diingat orang lain, bisa jadi kita sendiri yang punya email yang lupa. "Eh wingi kae pas nggawe email aku pas umur piro yo?" :D
  • Jangan buat alamat email dengan tanda strip atau underscore. Ntar panjang pengucapannya dan kadang suka kebalik-balik antara tanda strip sama underscore itu karena di satu tombol yang sama. Kalo tanda titik kaya alamat email saya, menurut saya sih gapapa, itu kan buat pemisah suapa gampang mbacanya juga.

Dari tadi jangan mulu, jadi sebaiknya gimana dong? Kalo menurut saya, buat nama email sesuai dengan nama asli kita aja atau nama populer kita (misal nama pena). Lah kalo nama kita udah ada yang make? Ya buat alternatifnya. Misal rahmi.aziza udah ada yang pake. Bisa rahmiaziza, r.aziza, azizarahmi yang penting ngga jauh-jauh dari nama kita yang dikenal sama orang lain.

Setahu saya sih alamat email ngga bisa diubah. Atau ada yang tahu cara merubahnya, tolong saya dikasih tahu, pengen ngerubah alamat email yang alay itu soalnyaah hahaha.

Bikin aja alamat email baru. Ya bikin email baru emang gampang sih ya.. Tapi kalo relasi udah terlanjur tahu alamat email kita yang lama misalnya. Ngirim tawaran kerjaan yang menggiurkan disonoh, ternyata email itu udah ngga pernah kita buka-buka lagi. Rugi kan ya.. 

Ada yang mau kasih tips tambahan bagaimana membuat alamat email? Monggo loh!

@rahmiaziza





34 komentar:

  1. Aku pernah tuh dikasih tahu, kalau melamar kerja pakai alamat email allay, biasanya bikin kening berkerut HRDnya. PAdahal nama alamat emailku yg 1 bondut hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin emailnya jaman masih alay ya

      Hapus
  2. Pernah bikin pake yang alay juga...tapi akunya lupa pasword haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha udah mup on sih ya dari masa2 alayy hihiii

      Hapus
  3. La masih pake alamat email alay juga mbak sampai sekarang, tapi khusus buat medsos ajaa..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan emang masih alay to hihihi

      Hapus
  4. kalo gue punya banyak alamat email tapi yang inget passwordnya cuma atu biji -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasword kalo aku biasanya disamain hihii

      Hapus
  5. Samaaa. Mau tau alamat e-mail bisa diubah ga ya? Abis males punya email baru lagi hihihi. Atau gimana ya caranya kalo org e-mail ke alamat lama, tapi langsung di terusin ke alamat baru kita. Bisa ga ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari tahu Liaa, ntar kalo udah tahu aku dikasih tahu yaa hihihi

      Hapus
  6. Sy punya dua Mak, yg satu pake nick name, agak alay juga hahahaha! Yg kedua pake nama asli. Akhirnya yg sering dibuka yg baru aja. Lebih mengenalkan jati diri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang alay disimpen mungkin sewaktu2 butuh untuk ngevote misalnya hihihi

      Hapus
  7. Punyaku dua-duanya gabungan namaku ama suami, hihiii ----> pertanda sayang suami ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa mba kan udah jadi suami, yang sebaiknya jangan pake nama pacar, statusnya belum jelas hihihi

      Hapus
  8. munamadrah@gmail.com.....kutunggu emailmu ya mak...qiqiqiqiiii...aku bisa share nih ke mahasiswa...yang alamat email fb dan tweetnya ajib banget..eseperti..ikhechelaludichayank #oposehiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. OMG maak, beneran begitu alamat emailnya, wis kasih nilai E aja hihih #Kejem

      Hapus
  9. Emailku gak alay, tapi passwordnya alay bingits mak.... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasword emang seharusnya alay, biar lebih aman mak Nia hihihi

      Hapus
  10. Saya juga pas dulu bikin email suka alay :D

    BalasHapus
  11. saya punya alamat email yang alay dan yang resmi juga heheh

    BalasHapus
  12. hihi......klo faiza nama anak sya mak hihi...gagal fokus

    tpi bener emang bikin singkat,padat, berisi...nadan kali ya hihi

    BalasHapus
  13. berhubung aku ga kreatif jadi aku sejak pertama emailnya pakai nama aja. btw itu savage garden kemana ya sekarang

    BalasHapus
  14. Klo aku banyak e-mail mbak...tp imbasnya paawordnya ketuker2....klo nggak gitu lupa.:-)

    BalasHapus
  15. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih

    BalasHapus
  16. iya betul, nama email itu simpel aja ya mbak, gak membingungkan orang, dan merepotkan kita yg kudu jelasin satu satu huruf, hehehe..:)

    BalasHapus
  17. saya kuga sering bikin email yang alay, hehe

    BalasHapus
  18. Mbaakk.. Emailku andic.noorma itu karena aku ngefans sama andik firmansyah. Ora alay mbak, tp lebay..

    Underscore itu untuk email yahoo mbak. Kalo gmail kan pake titik, kalo yahoo pake strip. Tenan lho.. Email alay ku masih dipake sampe skrg

    Piepiet_gds@yahoo.com

    Muehehehehehe

    BalasHapus
  19. Buat nama alamat email menurut saya bebas ya...mau yg alay atau yg gabung2. Tapi kalau utk melamar kerja, usahakan pake nama asli supaya terlihat profesional, hehehe...nice sharing mbak! :)

    BalasHapus
  20. lebih dianjurkan untuk menggunakan nama yah mba ^^

    BalasHapus
  21. ada bakul obat juga disini, kwkwkwkw
    ++++++++++++++++++++++++++++
    emailku dr jaman masi jualan ember, sampe jual es kecap,skrg ni, ttp sama mie
    ariesh4dipati dg @ dr mulai gm*il, ym*il, y*hoo, hotm*il, livem*il dsb. sama, untuk menghindari clonengan

    BalasHapus
  22. heheehehe....aku suka dapet email yang unik-unik....tapi memang betul, yang diperlukan tuh yang gampang diinget yaaa :)

    BalasHapus
  23. nah cilakanya begitu
    aku bikin imel jaman masih alay padahal aku tipenya setia ga suka gonta ganti pasangan
    terus gimana dong...

    BalasHapus
  24. hi..hi..jadi inget masa muda dulu bikin email gabungan sama nama pacar...udah gitu putus lagi. alhasil emailnya juga ikut raib...kalau sekarang yang simpel pake nama lengkap sendiri, gampang diinget :)

    BalasHapus