Rabu, 29 April 2015

Horeee!!! Nemu Coto Makassar di Semarang

Horeee!!! Nemu coto Makassar di Semarang, dan rasanya enaaak. Sama lah kayak coto yang suka saya makan di Makassar sonoh.

Sebenarnya sih udah cukup lama saya tahu resto khas Makassar ini, cuma mau ke sana kok ragu-ragu, pertama restonya kecil, rasanya kira-kira enak ngga ya. Haha underestimate banget ya. Trus soal harga, takutnya udah masuk sana harganya mahal, mau ngga jadi beli kan ngga enak gitu.

Kalo di Makassar sih harga coto relatif murah. Jaman saya kerja di sana (tapi bukan di warung coto ya kerjanya :p), tahun 2007an harga coto semangkuk Rp.4.000 juga ada. Tapi kalo bukan di tempat asalnya biasanya kan harganya agak mahal. Nah kebetulan kemarin ada temen yang habis makan di sana, jadi saya tanya juga, harga perporsi berapa. Katanya sih sekitar Rp.18.000,- Oke agak mahal memang tapi masih bisa terjangkau lah ya daripada ngidamnya ngga keturutan kan atau harus naik pesawat ke Makassar demi mendapatkan coto murah huehehe.

Yawis, sepulang jemput kakak dari stasiun Tawang, mampir ke Daeng Baba' resto di Jalan Brigjen Katamso persis depan RB Bunda. Tombo kangen sekalian ngereview buat web HelloSemarang.com. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui hehe.

Pertamanya mau dateng ke outlet yang baru di Jalan Veteran, katanya tempatnya lebih luas. Tapi ngelewatin Jalan Veteran kok restonya ngga nampak, ya udahlah bablas aja ke resto yang udah kita tahu tempatnya aja.

Melihat daftar menu, rasanya pengen pesen semua huehehe.Tapi bagaimana mungkin sangu aja pas-pasan. Untuung aja loh pas kita ke sana, pas ada promo diskon 20%, hari terakhir pulak!

Saya pesan coto yang semangkuk kecil harganya Rp 19.000 sama es pisang ijo porsi besar Rp 13.000, kalau porsi kecilnya Rp 7.500. Kalo Thifa, tetep setia sama menu favoritnya BAKSO. Dimana-mana mintaknya bakso, untung ada loh. Baksonya enak, meskipun kecil-kecil.

coto dan es pisang ijo (dokumentasi pribadi)


Makan di Daeng Baba' resto lumayan mengobati rasa rindu saya terhadap Makassar. Menu sudah cukup komplit, selain coto ada sop konro, sop saudara, buras, es pallubutung, dan beberapa menu tambahan lainnya. Tapi masih ada yang kurang nih yaitu pisang epe sama es teler. Es teler Makassar sama yang dijual di sini beda. Kalo disini kan banyak kuahnya, kalo di sana, es teler biasa diwadahi gelas besar dan penuh buah, jadi kuahnya malah dikit.

es teler Makassar nih, gambar dari tempo.co

Oya sama satu lagi, kopi toraja. Ada sih di daftar menu tertulis kopi, tapi ntah itu kopi biasa atau toraja ya karena ngga ada keterangannya. Next time deh kalo ke sana ditanyain, soalnya si Ayah suka banget sama kopi toraja.

@rahmiaziza

19 komentar:

  1. Pernah makan di sini jugak, porsinya pas, mengenyangkan dan maknyusss :D
    Penasaran juga sih sama tempat baru di Veteran, tapi aku belum sempat klenong-klenong...

    BalasHapus
  2. Wah di Semarang makan Coto Makassar. Hihihi. Es telernya menggoda banget tuh Mbak fotonya. Hihihi.

    BalasHapus
  3. Dulu pernah nyobain sop konro...enaaak banget. Tapi itu dulu...duluuuuu sekali, hehe

    BalasHapus
  4. Coto nya kelihatannya enak. Cocok dengan kombinasi es pisang ijo nya. Jadi ngilerr

    BalasHapus
  5. kuliner mulu nih,
    coto nya kaya yang enak mba :)

    BalasHapus
  6. ya ampun bikin ngiler aja nih malem2 begini... hahaha

    BalasHapus
  7. Seger nih siang-siang gni icip-icip es telernya

    BalasHapus
  8. Ngences huhuhu sayang lagi diet daging huhuhu...mantap kopi torajaa...

    BalasHapus
  9. ngiler es pisang ijonya, kayanya manis dan segerrr gitu y mak ^_^

    BalasHapus
  10. wah makasin infonya mbak, nanti aku tagih suamiku pas di Semarang :-D

    BalasHapus
  11. palu butungnya membahana sekali, pengen ngacir ke makassar....

    BalasHapus
  12. uwaaa,es teller makasarnya menggda banget

    BalasHapus
  13. Es pisang ijoenya rancak bana..menggodah..
    Daeng baba obat rindu kuliner makassar y mak

    BalasHapus
  14. Kalo melihat penampakan foto-fotonya uueenak tenan iki. Es teler Makassar itu aduh bikin mupeng.
    Dicatat nih kalo ke Semarang tak jajal..

    BalasHapus
  15. Di Bogor pun cuma 2 tempat jual cotto ini. Duuuh itu pisang ijo nyaa *Glekkk!

    BalasHapus
  16. Di Medan kayaknya belom ada, Mbak.. Padahal aku pengen banget nyobak :'

    BalasHapus
  17. Kabar bagus nih untuk pemilik usaha kuliner di semarang, kini ada take away box bernama Greenpack yang dapat menunjang kebutuhan usaha kuliner anda. Greenpack terbuat dari bahan foodgrade yang berarti aman untuk makanan. Selain itu Greenpack sesuai namanya dibuat dengan tujuan agar dapat didaur ulang sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Selengkapnya coba cek di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus
  18. aduhh dari kemarin ngiler ma makan coto makasar akhirnya dapat info...hehehe akhirnya dapat obat kangen kampung halaman

    BalasHapus