Jumat, 24 April 2015

Hari Kartini, Hari Bumi, dan Hari Buku

Tiga hari kemarin, tanggal 21,22,dan 23 berturut-turut ada tiga peringatan penting,  baru ngedraf buat postingan buat hari Kartini eh udah hari bumi, besoknya hari buku.

Sebagai blogger kekinian yang ngga mau melewatkan posting tentang ketiga hal tadi akhirnya saya putuskan menjadikan tiga peringatan itu, hari kartini, hari bumi dan hari buku jadi satu posting saja, biar kesannya ngga basi. Halah blogger malas ini mah, sama boogger kebanyakan alasan :D


Hari Kartini
Tanggal 21 April kemarin diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. Salah satu moment tak terlupakan di tanggal itu adalah memakai kebaya di hari kartini pas jaman SMA.

Dari semenjak kecil saya sama adik emang suka gaya-gayaan, ambil kebayanya ibu, jarik atau sarung, kita pake trus difoto.



Pengennya sih dipake keluar tapi kok kayaknya ngga pas banget gitu ya, atas dasar apa coba saya jalan-jalan keluar pake kebaya. Makanya waktu pihak sekolah mengumumkan tanggal 21 April murid perempuan disuruh pakai kebaya, terus terang saya excited sekali. Jadi ada alasan kan keluar rumah mengenakan kebaya.


Untungnya di rumah mbah di Kudus waktu itu kebaya ibu ditinggal disitu, jadi bisa saya pakai *ngga jadi pinjem kebaya mbah hihi.*. Bagian bawahnya kalo ngga salah sih pinjam sama bulek apa pake jariknya mbah ya, lupa. Kalo alas kakinya pake sandal jinjit.

Pada tanggal itu kegiatan belajr-mengajar diliburkan, sebagai gantinya diadalkan berbagai macam lomba seperti lomba memasa dan kecantikan kelas. Yang terakhir ini kayaknya modus sekolahan aja biar sekolahan tambah kece, hihi becanda ding pak bu guruu.

Sebelum lomba itu dilaksanankan, kita upacara dulu. Karena hari Kartini, petugas upacaranya perempuan semua. Saya kebagian tugas dong ditunjuk sebagai wakil kelas tiga yang laporan ke pemimpin upacara, "Lapor kelas tiga siap!!" Beh berasa keren gitu ya.

Yang ribet sih karena saya pake jarik, jadi jalan dari barisan menuju ke tempat laporan serasa panjang dan laaamaa. Setelah selesai laporan mau balik ke barisan, bingung, barisan saya tadi yang mana ya? Hahaha. Untung ada salah seorang teman yang ngerti kebingungan saya trus manggil, "ssst..sttt, sini!!" Lega deh, kagak nyasar haha.

Pake kebaya pas wisuda, kebaya nya minjem punya kakak :p

Hari Bumi
Setiap tanggal 22 April diperingati sebagai hari bumi. Hayoo, apa yang sudah kita lakukan untuk melestarikan bumi? Bumi tempat kita tinggal, apa-apa yang tumbuh di atasnya kita gunakan atau kita konsumsi? Adakah sedikit saja kepedulian kita untuk melestarikannya, atau paling tidak, untuk tidak merusaknya.

Saya sih ngaku belum bisa melaukan sesuatu yang WOW. Yang sampai saat ini masih konsosten saya jalankan adalah diet kantong plastik demi mengurangi sampah. Kemana-mana sangu saya ya kantong belanja. Di mobil, di tas, di saku jaet bisanya sudah saya siaokan beberapa kantongan, baik yag terbuat dari kan maupun plastik. Jadi jika sewaktu-waktu mau belanja, saya tinggal ambil kantongan itu tak perlu menerima kantong kresek lagi dari penjual.

Saking seringnya saya melakukan hal itu, sampa dititeni sama penjual "Mbak'e mesti bawa plastik sendiri".

"Iyalah bu, biar ngga kebanyakan sampah. Kalo habis belanja gitu dapet kantong plastik kanngga langsung saya buang, saya simpen biar bisa dipake pas belanja di lain waktu.

"Kalo banyak plastik di rumah, kasih saya aja mbak, nanti tak tuker sama jambu apa strawberry."

Wihii, tawaran yang menarik, tapi tidak lantas membuat saya berhenti diet kantong plastik loh, apa yang ada saja mau saya berikan sama ibu penjual itu. Harapan saya sih lebih bantak konsumen mau melakukan diet kantong plastik juga, mengurangi sampah, mengurangi bujet penjual untuk membeli kresek. Mengurangi rejeki pabrik plastik dong? Haha rejeki kan udah ada yang atur, semua pasti ada konsekuensinya.

Hari Buku
Nah kalo tanggal 23 april kemarin hari buku, ngomongin buku jadi inget banyak buku yang belum saya tulis reviewnya di blog. Ya jangankan direview, sebagian dibaca aja belom, hihi. Terutama yang novel-novel nih yang mbacanya membutuhkan konsentrasi untuk mengingat nama tokoh dan jalan cerita dari awal. Malah ada nih majalah yang dibeli, dibuka dari bungkusnya aja belom haha, biasa emak-emak berbalita dan berbatita banyak banget alesannya hehehe.

@rahmiaziza

10 komentar:

  1. Tiga hari berurutan ada peringatannya ya Mak. Baru tau ada Hari Buku ya tahun ini *kemana ajah aku selama ini >_<

    BalasHapus
  2. Baru tahu kalo hari buku sama hari bumi itu bulan April juga....*emak kuper

    BalasHapus
  3. Sini klo ga dibaca kasiin aku aja novelnya mak ;)

    BalasHapus
  4. baru tahu klo kmrn hari buku mak.. Pas banget klo gitu, pas tanggal 23kmrn pas bersih2 dan tata ulang perpus miniku..thanks mak infonya

    BalasHapus
  5. Bertepatan semuanya yah.. :D

    BalasHapus
  6. setelah aku ingat-ingat selama sekolah aku gak pernah pakai baju adat untuk memperingati hari kartini

    BalasHapus
  7. ada hari minggu juga yah mba hahah

    BalasHapus
  8. Oh, ternyata ada komunitas Arisan Buku juga to? Hehe baru tauu :)

    BalasHapus