#BeraniLebih Pede, Kesempatan Yang Sama Tak Datang Dua Kali

"Saya harus #beranilebih pede, kesempatan yang sama tak datang dua kali."

Itu yang kerap kali saya ucapkan lantang pada diri saya sendiri. Masih teringat jelas di benak saya, ketika mengikuti workshop parenting yang menghadirkan Kak Seto Mulyadi sebagai pembicara. Kala itu Kak Seto pamit untuk pulang lebih dulu pada peserta dikarenakan ada agenda lain di kota yang berbeda. Acara memang sudah hampir selesai, setelah sesi Kak Seto tinggal games dan makan siang saja.

Dalam hati saya merasa pengen banget keluar ruangan minta foto bareng Kak Seto. Ya kapan lagi saya dapet kesempatan ketemu Kak Seto kan? Tapi saya ragu, saya malu, saya nggak percaya diri. Saya takut dibilang ndeso minta foto bareng, saya takut ditolak sama Kak Seto karena mungkin dia terburu-buru. Butuh cukup waktu lama untuk saya meyakinkan diri saya sendiri, cuma seorang saja yang minta foto bareng masa ditolak. Karena waktu itu memang ngga ada sama sekali peserta yang beranjak dari tempat duduknya mengejar kak Seto. Kalaupun ditolak ya udah gapapa. Akhirnya sayapun keluar ruangan, mencari Kak Seto. Tapi, saya sudah terlambat.

Ada penyesalan mendalam kenapa saya tidak #beranilebih pede kala itu. Keliahatannya sepele, cuma gagal foto bareng aja, kok menyesalnya sampai seperti itu. Tidak sesederhana itu. Perasaan minder, malu, ragu, seperti sudah mengakar dalam diri saya. Bukan hanya sekali saya melewatkan kesempatan baik hanya karena tidak pede. Pernah dulu, seorang teman kos meminta saya ngemsi di acara ultah anaknya, tapi saya tolak, dengan berbagai macam alasan, yang sebenarnya saya ngga pede karena belum punya pengalaman ngemsi. Padahal untuk menjadi "berpengalaman" harus ada sesuatu yang baru pertamakali dilakukan.

Pernah juga, saya punya ide sebuah program acara untuk radio tempat saya bekerja. Tapi saya selalu ragu mengutarakannya. Takut ide saya dianggap jelek dan tidak bisa diterima. Selang beberapa hari kemudian, program acara yang persis dengan ide saya, dijalankan di radio, tapi bukan berdasar usulan saya, melainkan usulan rekan kerja yang lain. Ya ide yang sama bisa saja terlintas di kepala yang berbeda tinggal siapa yang lebih dulu #BeraniLebih pede mengungkapkannya.

#BeraniLebih pede, itu tekad saya sekarang. Beberapa cara saya lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, setiap ada event, saya duduk paling depan. Setiap ada kuis saya ngacung untuk menjawab tanpa peduli jawaban itu benar atau salah, setiap diminta untuk tampil saya selalu bilang BISA. Grogi, pastio. Apalagi saat saya melakukan yang pertama kalinya. Tapi seperti kata pepatah ala bisa karena biasa. Ngga perlu takut terlihat canggung atau gemetaran di atas panggung, karena itu adalah proses untuk #beranilebih pede.

efek latihan #beranilebih pede, pede ngajak foto bu Sisca pas break syuting :D

Seperti kata bijak, orang yang berani bukan orang yang tak punya rasa takut, tapi orang yang mampu menglahkan rasa takut itu sendiri. Jadi, yuk #beranilebih pede, kesempatan yang sama tak datang dua kali.

Facebook: https://www.facebook.com/rahmi.aziza
Twitter: @rahmiaziza



Komentar

  1. waaa syenangnya mejeng sama sisca sowitomo hehehhe
    aku jadi pengen ikutan lombanya ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga cuma mejeng dimasakkin macem2 jugaak. uk ikut lombanya DL diperpanjang loh

      Hapus
  2. Bravoooo... aku tertinggal dengan dirimu untuk hal yang satu ini. Aku sampe sekarang kebanyakan mikirnya kalo mau ngapa2in gara2 gak pede. ... bener juga ya...kalo gak beranilebih pede kapan majunya aku? Kesempatan kadang cuma datang sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mak, sebenarnya kita sama aja tentang kebanyakan mikir ini. Sedang dikit2 kurubah kebiasaan buruk ituuh

      Hapus
  3. Dinamika itu perlu ya mb... biar gk stagnan... slm knal mb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul nikmati aja rasa gugup, gemeter, dll heheh

      Hapus
  4. Saya jg sering ngalamin yg namanya kurang pede Mak. Punya ide ini itu tapi mikirnya lamaaaa, takutnya begini begitu :D

    BalasHapus
  5. Aku juga suka ngalamin. Padahalmah pede aja lah ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pas momennya udah kelewat baru mikir, kenapa harus ga pede >,<

      Hapus
  6. Aku juga punya masalah dengan pede mbak... dan emang sih ujung2nya bakal nyesal karena kehilangan kesempatan :(
    Makanya mari kita saling dukung utk berani lebih pede! Yookk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa harus dipaksa maak, kalo ngga yaudah bakal gini terus >,<

      Hapus
  7. Bener juga ya mbak kita emang harus berani pede. Saya ini orangnya pemalu, hasrat hati ingin berbuat sesuatu tapi terlalu banyak pertimbangan akhirnya banyak moment yang terlewatkan. Sepertinya untuk saat ini kita harus berani, toh kita juga yang untung...sukses mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, lawan rasa takut berlebihan pada diri kita, harus #beranilebih pede, berani ditolak, berani kecewa, berani malu jugak

      Hapus
  8. Yup kesempatan memang gj dtang 2x y mak, makanya ada kesempatan lngsung sikat mendekat lalu jepret2 dah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, udah di depan mata masak dilewatkan gitu ajaa

      Hapus
  9. Aku dulu gak percaya tiap kali MakMi cerita kalo gak pede, karena lihat penampilan luarnya yang pede banget. Ternyata kita sama ya, hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, aku cuma sok pede, aslinya gemeteeer

      Hapus
  10. Ihhh....sama. Sering krisis pede. Lebih sering diam ditempat, krn takut dibilang malu-maluin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa padahal orang lain mungkin ga mikir kaya gitu

      Hapus
  11. Mrmang berani lebih pede itu penting ya Mbak Rahmi. Jadi lebih asertif gitu ya istilahnya. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, asertif ya, aku lali apa artinya asertif hahaha

      Hapus
  12. berani lebih pede juga perlu kita lakukan ya mbak apalagi berani lebih pede bagi hal yang baik dan positif :)

    BalasHapus
  13. Klo mslh minta foto saya juga sok gengsi mak, sering ktmu artis tp ga brani alias malu, tapi klo artisnya Ariel, saya ga pake malu lagi,hehe

    BalasHapus
  14. Waaa itu acara apa dg bu Sisca. Beliau idolaku. Yang dirumah mak Uniek bukan?

    BalasHapus

  15. ok gan..!!

    ciri vimax asli
    vimax
    viagra Usa

    terima kasih gan semoga bermanfaat...dan semoga sukse selalu

    BalasHapus
  16. Terima kasih untuk berbagi di sini
    saya sangat senang untuk membaca ulasan Anda
    Saya harap Anda memberikan topik yang bermanfaat untuk semua orang.


    Vimax

    Khasiat Vimax

    Ciri Vimax Asli

    Alat Pembesar Penis

    Obat Pembesar Penis

    Cara Memperbesar Penis

    BalasHapus
  17. Thank you for sharing in this article , you may be useful and successful always .

    BalasHapus
  18. TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT

    BalasHapus

Posting Komentar