Jumat, 06 Maret 2015

Makan Sore di Asem Jawa Resto Kampoeng Semarang

Kemaren, saya, duo bocah, dan si ayah makan sore di Asem Jawa Resto Kampoeng Semarang. Udah lewat jam dua siang, kayaknya ngga tepat kalo disebut makan siang, jadi makan sore aja ya :)

Ini adalah yang keempat kalinya saya ke Kampoeng Semarang tapi baru sekali nyobain makan di resto ini.

Sejak pertama datang ke Kampoeng Semarang pas acara ngabuburIT bareng dotsemarang, saya udah jatuh cinta sama tempat ini. Keren banget. Sayangnya waktu itu acaranya malam, dan kamera pinjaman saya kurang mumpuni untuk foto-foto.

tengahnya kolam ikan, kiri kanan berbagai macam outlet

penampakan restonya


Menu spesial di Asem Jawa Resto adalah bandeng serani dan bandeng kemangi. Hmm mungkin karena Semarang identik dengan bandeng (bandeng presto) jadi dibuat menu spesial berbahan bandeng juga. 

Masih banyak menu lainnya mulai dari makanan berat (maksudnya nasi dan segala lauknya) sampai yang ringan untuk camilan.

Karena waktu itu kami masih agak kenyang, kami pilih makanan yang ringan aja yaitu pisang goreng keju favoritnya Ayah dan lumpia yang merupakan makanan khas semarang, favorit saya.

pisang goreng keju dan lumpia

Sementara minumnya nyobain menu spesial dari resto ini yaitu wedang semarangan dan bir jowo. Wedang semarangan ini terbuat dari air sere, di dalamnya dikasih tape ketan sehingga ada rasa kecut-kecutnya. Manisnya bisa disesuaikan dengan selera, karena gula batu disediakan terpisah. Kalo gula batunya masih sisa, mau dibawa pulang boleh, tapi hati-hati ya ntar tasnya bersemut. Mbersihinnya ngga sebanding sama harga gula batunya hahaha.

coklat=wedang semarangan, pink= love story, kuning =bir jowo

Kalo bir jowo kata ayah rasanya kayak gabungan soda sama temulawak. Sempet serem waktu denger namanya "bir". Ternyata ini cuma namanya aja yang bir tapi aslinya non alkohol. Kedua minuman ini masing-masing dibandrol seharga Rp.13.000. Harganya standarlah kalo untuk ukuran resto. Inget lo yah resto bukan warteg! :D :D

Untuk Thifa, udah yakinlah dia ngga bakal doyan sama nimuman yang terbuat dari rempah-rempah, makanya dipesenin minuman yang namanya love story. Minuman ini hanya keluar pada saat moment tertentu aja, seperti kemarin itu momennya pas imlek, jadi ngga ada di daftar menu. Kalo dari rasanya sih, seperti gabungan antara susu dan stroberi, plus oreo di atasnya.

Di Kampoeng Semarang ngga cuma ada Asem Jawa Resto, banyak outlet yang bisa kita kunjungi di sini. Ada outlet oleh-oleh khas Jawa Tengah, craft, kids apparel, tas webe, batik, kaos semarangan, sampai arena bermain anak-anak yang bisa digunakan secara free. 

Jadi mengunjungi satu tempat cuci matanya banyak, hemat bensin kan.. Yang asik di sini juga free wifi. Mau ngopi-ngopi cantik sambil ngeblog bisa banget. Parkirnya pun lumayan luas, bukan di pinggiran jalan rayanya.

Kalo ke Semarang jangan lupa mampir Kampoeng Semarang ya. Tempatnya di Jl. Raya Kaligawe Km.1 Semarang, deket banget dari terminal, tapi ya ngga jauh-jauh amat dari kota, paling 15 menitan, dengan naik kendaraan lo ya, bukan jalan kaki. Kalo dari rumah saya (arah Pedurungan) lewat tol Gayamsari aja, keluar tol belok kiri dikit, nyampe deh.

Saya terima undangan makan sore, pagi, malam, kapan aja deh yang penting makan hehehe. Next time pengen nyobain bandeng serani atau kemanginya :)

@rahmiaziza

55 komentar:

  1. Aku tiap hari ngelewatin tmp ni klo mo ngampus tapi blm pernah kesini. Jadi pengeenn

    BalasHapus
  2. Wah kece nih tempatnya. Boleh jadi tujuan kuliner kalo ke Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir sini kalo ke semarang skalian beli oleh2 khas

      Hapus
  3. kebayang,segernya bir jowo..kayak bir pletok gitu ya..kayaknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bir pletok ki koyo opo to aku malah ga tahu hehehe

      Hapus
  4. hmm...kayaknya pengen nyobain bir jowo itu. Besok kalau pas aku ke semarang tempat adikku cobain mampir ke situ ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. adiknya rumahnya dimana mbaak? kalo k smg skalian kopdar yaa

      Hapus
  5. bandeng serani patut di coba kayaknya...jarang mampir ke rm khas jawa, mindsetnya manis jadilah melipir padahal ga semua ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumpia gabungan asin sama manis mak, makan pake kletusan lombok uenaaak

      Hapus
  6. Kaligawe to.. Adoh soko ngaliyan, wekekekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpak BRT too, eh ono jalure rak yo? komenmu kok dobel2 tak busak sijine yoo

      Hapus
  7. Liyane bandeng opo Mi? Ga begitu seneng bandeng je

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kakap, cumi, nasi goreng, buanyak maak

      Hapus
    2. Mak Uniek kamu jarang bw nggon omahku ya ..hikss ^_^ #sori merusuh disini :(

      Hapus
  8. Disitu aku suka liat2 outlet tasnya...tapi ngeces doang ha ha ha

    BalasHapus
  9. menunya mantap banget mbak.
    btw ni kunjungan perdana saya.
    nice blog, headernya bagus bingiiit. llike it.

    BalasHapus
  10. keren tempatnya yaa
    pasti aku suka ngelihatin kolam ikannya tuh

    BalasHapus
  11. Aiiih...bikin ngiler mak. Saya paling suka bandeng dan minuman berempah

    BalasHapus
  12. Tempatnya bagus ya mak... :) sempet penasaran dengan bir jowo-nya... kirain minuman yang memabukkan...eh ternyata.... :D

    BalasHapus
  13. Tempatnya cakep mak, makanannya juga kayaknya enak woohh :D

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Kesini karena dimintain tlg beli tas webe yg mihil itu. Trus beli bandeng sraninya yg maknyus krn dulu pernah dikasih oleh2 pakbojo :)

    BalasHapus
  16. Wedang Semarangan-e enak wiiii mbak.

    BalasHapus
  17. Tempat yang nyaman akan menggugah selera makan, apalagi kalau memang menunya juga menggoda
    mau juga dong kalau ada yang ngajak makan

    tapi kejauhan dech

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  18. wah bandeng seraniii??/amazinggg... nyummy

    BalasHapus
  19. bir jowo semacam bir pletok kali ya mii..ngiler dehh..pengen ke webe juga liat-liat tok tapi hihihihi

    BalasHapus
  20. Waaa enak banget. Salah nih lihat jam segini :(

    BalasHapus
  21. Saya klo ke smarang nyari wartek makanya gak tau ginian hihi

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah sudah pernah ditraktir di sini mbak. suasananya enak banget ya.

    BalasHapus
  23. Slama ngampus di Semarang, blm pernah kesini... ah mahasiwa mahasiwa...

    BalasHapus
  24. situ deket deket kampus yah mak....

    BalasHapus
  25. Deket bgt sama kostku mak tempatnya.. Tp malah belom pernah makan di restonya... Pernahnya ke Kopi Palang (ada di Kampoeng Semarang juga, tp bukanya cm malem)..

    BalasHapus
  26. sayur asem tiada duanya emang ya kak

    BalasHapus
  27. bisa jadi tempat hangout keluarga ya...anaknya main, bapaknya makan, ibunya belanja :D

    BalasHapus
  28. saya dan anak-anak suka sama bandeng. Suami enggak, kecuali kalau dipresto. Abis bandeng banyak duri, katanya :D

    BalasHapus
  29. Buatku Semarang kampung halaman yang terus ngangeni, baca artikel ini jadi pengin pulang n nyoba restonya hehehe

    BalasHapus
  30. bandeng serani itu apa mak? Enak mana sama bandeng kropyok? Ntar klo ke semarang colek2 mak rahmi ah, biar jadi petunjuk jalan hehehe

    BalasHapus
  31. semarang yg terkenal lumpia nya ya mbak...btw itu bir jowo oplosan temulawak sama soda gimana rasanya?

    BalasHapus
  32. enak nih,melepas dahaga dulu ah

    BalasHapus
  33. Apa bedanya warteg sama resto mbk hehehee...
    Itu 2 bocah kalau di kasih bir sepertinya bakalan puyeng enggk yah,,,
    Saya terima undangan,,,, ? kalau banyak yang ngundang brti siap siap makan gratis ya mbk :D
    Wah bisa saja si mbk ini,,, he he he he

    BalasHapus
  34. Wah murah ys minumnya ^^ di sini minuman di restoran sudah 25rbuan

    BalasHapus
  35. pisang goreng keju lumpianya bikin saya ngiler :)

    BalasHapus
  36. Mak glek. bayangno minuman kecut-kecut tape ketan nggari ngiler mbak.. hargane murah yo mbak, cuma 13 rebu! Kapan yo ke Semarang.. pengen, Jogya wes mblenger soale hehe..

    BalasHapus
  37. Suka sama tempatnya, euy! artistik dengan lantai kayu yang saya suka :)

    BalasHapus
  38. cakeeeep tempatnyaaa...kayaknya enak bangeeet nih :)

    BalasHapus
  39. tempatnya asyik banget dan penasaran sama rasanya bir jowo ^_^

    BalasHapus
  40. Rahmiiiii...
    Ini tempatnya kayaknya juga asyik banget buat dipake nongkrong2 gitu yaaah :)

    Nanti kalo aku main2 ke Semarang harus diajakin kesini lho yaaah..
    Traktir! *lho?*

    BalasHapus
  41. tempate enak ya....itu nyolek2 apa ituu

    BalasHapus
  42. Tempatnya kayaknya enak buat santai sm kluarga :)

    BalasHapus