Sebagai Penulis, Disitu Kadang Saya Merasa Sedih

Lagi happening ya kalimat, "disitu kadang saya merasa sedih" :D

Ya bagi siapapun pasti pernahlah mengalami kejadian yang membuatnya kadang merasa sedih. Tak terkecuali penulis.

Ada beberapa hal yang membuat penulis ingin ikut-ikutan mengatakan, "disitu kadang saya merasa sedih". Ini saya rangkum dari kisah nyata beberapa teman penulis yang agak dilebaykan. Sebagian ada yang saya alami, tapi ngga semua *sedikit pencitraan*

Misalnya:

  1. Sudah mengetik di laptop/komputer dua setengah halaman, eeeh.. tiba-tiba mati lampu dan ternyata belum di save 
  2. Pas lagi masak, nyuci, atau ngurus bocah, tiba-tiba ide bermunculan. Cepet-cepet nyelesein pekerjaan, setelah itu nyalain laptop atau cari notebook buat nulis idenya, tapi malah lupa mau nulis apaan
  3. Ngirim naskah ke sepuluh penerbit secara bergantian, dan hasilnya .. DITOLAK!!
  4. Udah acc naskah sama editor, tapi buku tak kunjung terbit
  5. Dan yang menjadi puncaknya adalah.... setelah susah payah nulis, kirim penerbit ditolak mulu, akhirnya ada satu penerbit yang mau menerbitkan. Pontang-panting revisi naskah. Ahh akhirnya terbit juga buku pertama. Woro-woro sama temen-temen di socmed berharap mereka mau membeli buku kita, tapi komentar mereka, "Aku kasih bukumu gratis dong, kita kan temen.." Sebagai penulis, di situ kadang saya merasa sedih.

*kemudian nangis di bawah shower

@rahmiaziza




Komentar

  1. disitu ya, mbak sedihnya.....?
    tapi saya kadang juga salut lho, sama penulis penulis yang bilang begini, " boleh pinjem buku ke temennya, tapi tidak boleh minta gratisan ! "
    katanya, minjem itu lebih terhormat dari pada ngemis minta gratisan.

    kalau mbak rahmi sendiri gimana, lebih seneng pembaca minjem buku apa minta gratisan ? * kedip kedip mata *

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada yang minjem ke saya aja saya pinjemin kok mba. Asal bacanya di rumah, atau kalo dibawa pulang ya hanya untuk tetangga yang deket rumahnya aja. Ya mungkin mereka lagi pas ga ada duit atau emnag ngga tertarik koleksi buku, masa maksa.

      Hapus
  2. wkwkwkwkkw..kasihan nih mak irit..udah irit ..giliran bukunya terbit semuanya pada minta gratisan...sabar mak..banyak pahala :)

    BalasHapus
  3. ahaha... iya bener mba.. boro2 penulis, aku aja yang dagang kalo temen2 pada minta gratisan 'disitu kadang saya merasa sedih'. aku mah bermodal, aku mah cape, eehh mereka pada minta diskonan bahkan gratisan. bahkan ada juga yang nungguin giveaway biar dapet gratisan -__-

    BalasHapus
  4. Kalo mau gratisan mending ikut GA aja ya Mak yg berhadiah buku..hehe

    BalasHapus
  5. hehehhehe......no 1,aku bangett

    BalasHapus
  6. Sama Mbak, di situ kadang saya merasa sedih :D

    BalasHapus
  7. wahahahaha,,,ngakak baca komenya mbak Rizka...iya juga ya,ketularan iritnya mak irit,makannya minta gratis hehehe

    BalasHapus
  8. Wakakakakakak :D disitu kadang merasa sedih ya mak :D

    BalasHapus
  9. Ntar lama kelamaan mirip polwan Dewi lho :D hahah

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Udah sering ngalamin nomer 1 dan 2 :D
    Duh Mbak, masa mereka itu gak punya ati ya.. asal minta aja buku gratisan. :3

    BalasHapus
  12. nah di situ kadang saya merasa sedih.. hehehe.. kesabaranlah yang akan membantu kita.. hehe...
    produktif nih nulis blognya...

    BalasHapus
  13. adaaa aja emak ini.......tpi benr bngt tuh mak///seih smpe gulung2 hihi

    BalasHapus
  14. Saya pengalaman sama semua, eh kecuali yang no 3 :D

    Sebagai penulis, disitu kadang saya merasa sedih hahaha...

    BalasHapus
  15. Lagi semangat2nya nulis, eh perut ga bisa kompromi - keroncongan. Kalo ditinggal makan, idenya bubar jalan. Disitu kadang sy merasa sedih :D

    BalasHapus
  16. Hiks..... disini pun sya merasa sedih kl kejadian itu terjadi padaku .....apalagi yg terakhir :p

    BalasHapus
  17. Sayq belum pernah nerbitin buku. Tapi sebagai blogger, kadang saya merasa sedih saat tau postingan saya jadi bahan komersil, tidak dicantumkan sumbernya dan tidak diberi royalti. Di situ kadang saya merasa sedih :(

    BalasHapus
  18. Udah diniatin begadang gegara ide bermunculan...baru aja nyalain laptop udh nguap2 gak karuan..disitu kadang saya merasa sedih

    BalasHapus
  19. Udah diniatin begadang gegara ide bermunculan...baru aja nyalain laptop udh nguap2 gak karuan..disitu kadang saya merasa sedih

    BalasHapus
  20. Udah diniatin begadang gegara ide bermunculan...baru aja nyalain laptop udh nguap2 gak karuan..disitu kadang saya merasa sedih

    BalasHapus
  21. tapi tetep semangat nulis kan mak..??? :D

    BalasHapus
  22. Hi..hi..hi...bener banget. . Saya yang no 2 mak... ide udah bermunculan, begitu di depan laptop hilang entah kemana... di situ kadang saya merasa sedih. .. :)

    BalasHapus
  23. Hahahaaa...mak irits lagi galau banget iki ketoke :D antemi wae sing njaluk gratisan hehehee...

    BalasHapus
  24. Kalo ak udh banyak ide, eh giliran d depan laptop gagu mau ngetik APA. Disitu kadng saya merasa sedih. Xii

    BalasHapus
  25. keren ya pas lag imasak inget aku, eh salah ya :)

    BalasHapus
  26. Disitu kadang saya merasa sedih

    BalasHapus
  27. lbh prh klo pinjem trus d foto copy mie.. kwkwkwkw

    BalasHapus
  28. nangisnya dibawah shower bo, nggak irit lagiii hihihi.. pernah ngalamin semua yang diatas kecuali no 5..ajaib ya...apa pada nggak ada teman yang berani minta bukuku? Hahaha...mungkin aku terlalu galak...

    BalasHapus
  29. Tapi sedihnya kan masih "kadang" to? hehehe...
    Kalo setiap orang minta gratisan buku yang susah payah aku tulis, maka aku akan bilang "dis itu saya selalu merasa sedih" hehehe

    BalasHapus
  30. Hahahaha... asli curhatan dari lubuk hati yang terdalam nih hahahaha

    BalasHapus
  31. Hahahahha... itu curhatku juga mak. Suka seduh eh typo sedih kalo pada minta gratisan

    BalasHapus
  32. Entah kenapa aku merasa tulisan saya dicatut juga ya, wakakakaka... #soktenar

    BalasHapus
  33. huuhu...dilema penulis ya mak..
    tapi aku juga seneng kalau dapat buku gratisan hehe...

    BalasHapus
  34. di situ saya ikut bersedih ya Mbak, hehehee

    #ta tungggu buku gratisanya deh #taboklemper

    BalasHapus
  35. "Kita kan teman" hahahaha, merasa sedih dan merasa emosi ya mbak :D

    BalasHapus
  36. hehehehee.....
    aku juga seneng kalo dapat gratisan....

    jangan sedih ya Tante...

    BalasHapus
  37. wahhh.. poin 1-3 aku banget mak :D
    'disitu kadang saya merasa sedih'

    BalasHapus
  38. memang rada-rada susah punya profesi penulis capeknya tambah berasa ketika pada minta buku gratis kecuali emang ada jatah buku gratis ikut merasakan sedihnya jadi penulis

    BalasHapus
  39. Kalo tulisannya di copas ga sedih, Mak? Hehe

    Aku mah apa atuh, ga bisa komen. Wong tulisan aja baru dipublikasikan sekali, itu pun keroyokan dan emang hasilnya buat donasi, hehe.

    BalasHapus
  40. No 2. paling sering.. No 3 kebawah belom pernah euy.. hehehe..
    Ditambah suka ngerasa ga pas ada ide menggbu-gebu, udh ditulis terus kadang suka kepikiran.. penting ga ya di share? ato emang penting ya di share?? terus ga jadi di publish deh.. disitu kadang merasa sedih juga.. hihihi

    BalasHapus
  41. Klo no 1 dan 2 iya mak, sama. Yg no 3 sampai 5 nggak, soalnya aku belum pernah ngalamin sih, belum jadi penulis seperti mak rahmi :)

    BalasHapus
  42. huahahaaa...aku ngg minta gratis kan ya maaak hihihi...

    BalasHapus
  43. Kalo aku mba..beberapa kali ngalamin peristiwa disitu-kadang-saya-merasa-sedih...
    pas udah cape2 ngedraft postingan..pas mau publish pas bgt jam plg kantor *blogger ga modal* ->fyi dkntor aku internet mati tepat jam 4 TT
    Disitu saya merasa gondok mba :D

    BalasHapus
  44. hehehe dalem ya mbak...senang berkenalan dengan mbak ...

    BalasHapus

Posting Komentar