Arisan Ilmu Semarang: Blog Berniche

Minggu, 15 Februari 2015 kemarin Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) mengadakan acara arisan ilmu di Semarang, Ini menjawab kemupengan emak2 luar jabotabek yang kepengen kotanya disambangi juga sama kegiatan-kegiatannya KEB. Akhirnya Semarang kebagian juga hehehe.

Bertempat di UMKM Center Banyumanik, arisan ilmu Semarang membahas tentang creativ writing. Termasuk di dalamnya tentang job review yang mendengarnya saja sudah membuat mata para blogger berbinar-binar hahaha.

Yang didaulat menjadi pembicara adalah Makpuh Mak Indah Julianti Sibarani co-founder nya KEB. Dan pembicara tamu Mak Diah Didi pemilik blog Diah Didi Kitchen yang pageview perharinya bisa mencapai puluhan ribu. Kereen maaak.

Dalam acara itu makpuh Injul menyampaikan beberapa poin penting yang ada dalam Marketers Magazine edisi khusus. Katanya saat ini yang lagi ngetren itu food blogger sama travel blogger. Ya udah lama juga sih saya dengar kalo blog berniche alias bertema khusus itu lebih dilirik brand, tentu saja brand yang target konsumennya sesuai dengan niche blog itu. Begitupun dengan adsense. Lalu apaklah lantas kita harus mengikuti tren blog berniche untuk menghasilkan pundi-pundi?


mak Didi lagi bertanya pada mak Injul, yang lain asyik nyimak
Sebenarnya tergantung aja sih, niat kita ngeblog murni untuk cari uang atau untuk senang-senang (mengeluarkan uneg-uneg, berbagi cerita, mendokumentasikan kehidupan) tapi sangat senang jika dari situ bisa dapet duit. Nah kalo niat kita yang kedua, pake aja prinsipnya mak Injul, "blogging with heart money will follow". Jadi ngeblognya sesuai hati bukan sesuai tren.

Mak Injul menyarankan meski blog kita random alias gado-gado tapi usahakan tetep ada benang merahnya. Ambil contoh kayak majalah Femina. Majalah Femina membahas macam-macam. Uang, politik, karier, ada cerpennya juga. Nah semua itu bisa saja dimuat di majalah Femina, akan tetapi ada benang merahnya yaitu perempuan. Politik dari sudut pandang perempuan, bagaimana perempuan mengelola keuangan, dll. Intinya isi blog kita meskipun gado-gado mencerminkan personal branding kita. Nah apa personal brandingmu? Tentuin dulu. Kalo raditya Dika, muda, lucu, dan gelisah. Ini kenapa jadi ngomongin Raditya Dika yak hahaha.

Kalo pengen buat blog berniche, buat yang sesuai dengan kesukaan kita. Seperti mak Didi yang punya blog masakan bukan karena mengikuti tren tapi karena doi emang suka masak. Oya kemaren Mak Didi bikin tahu bakso dan bronis untuk acara arisan ilmu. Hmm nyummie loh. 

Saya juga punya blog berniche. Karena emang pengen mendokumentasikan cerita anak-anak, maka saya buat blog diary mama mie yang bertema parenting. Sementara blog Mak Irits temanya finansial keluarga. Apakah berniat membuat food blog atau travel blog yang sedang tren sekarang? Nggg belum lah untuk saat ini. Secara jarang makan di luar dan jarang jalan-jalan juga. Jadi tau dirilah hehehe.

Bagaimana dengan kamu temans?

@rahmiaziza

Komentar

  1. Selama ini aku hanya bisa membaca kehebohan acara Arisan Ilmu... di Madiun gak ada yang menyelenggarakan ya? :D

    BalasHapus
  2. Betul3..dan saya belum punya blog berniche T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting ada benang merahnya kong, meski gado2

      Hapus
  3. aku masih pewe sama blog gado2ku, anggap aja diary, sama catatan ilmu apapun tentang hidup yang aku dapat, kalo lupa kan bisa diingetin kalo baca2 blog. hhoo

    BalasHapus
  4. Keren ya mak diah didi... blogku jg gado2 jd niche nya lifestyle aja deh xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh pageviewku suma sepersekiannya hiks :(

      Hapus
  5. sebenarnya aku udah penasaran dari dulu tentang niche ini mak :)

    BalasHapus
  6. Aku sudah punya 2 blog niche, Mak. Tentang Arya, dan fiksi. Tapi yang tentang Arya, lebih pada oleh-oleh buat dia dari emaknya :D

    BalasHapus
  7. aku punya tapi enggak diberdayakan dengan baik, ada yang food, anak, craft, opo meneh cobaZ?

    BalasHapus
  8. blogku masih serabutan hihi..tapi banyakan sih cerita ttg my life as a writer...itu udah niche blom ya? hihi maksaa...

    BalasHapus
  9. belum kepikir bikin blog berniche, masih nyaman dg blog gado2 hihihi..

    BalasHapus
  10. Blog ku tuh kayak nasi rames, semua masuk.
    Btw, RD jadi cameo di sini? :D

    BalasHapus
  11. blogku kayak nasi mawut hahahaa... tapi gimana lagi yaa..udah kadung mendunia *plaaakkk

    BalasHapus
  12. iya gak masalah ya isinya campur2 yang penting emang tulisan original (ini benang merahnya) dan bukan jiplakan. :)

    BalasHapus
  13. Aku sibuk nyimak sambil riweuh momong...tapi asli acaranya asyikkk...bikin semangat blogging (lagi) so far masih buat seneng2 buat curcol ha ha...seneng juga ketemu yang nulis mak irits

    BalasHapus
  14. kalo aku mbak sampai saat ini sering gagal fokus sama blog lebih dari satu >.<
    dah bikin blog baby ku, tapi sering males ngisinya hehee

    BalasHapus
  15. awalnya ya nulis aja, eh ada rezeki :)

    BalasHapus
  16. Aku masih gado-gado nih mbak, kurang kacang uleknya :D lagi berusaha bikin blog berniche juga, tapi lebih suka nulis ikutin kata, dokumentasi sehari, hari. Masih perlu banyak belajar^^

    BalasHapus
  17. Blog aku nih tante ber niche yaa.. padahal ibu baru tau niche itu apa belom lama ini x))

    BalasHapus
  18. Wah, kalau blog dibuat 1 niche. Kayanya harus butuh proses deh, mba. Dan kudu tau dulu mau dibuat seperti apa Hehehe..

    BalasHapus
  19. seruuu ya arisan ilmuuu...aku sih masih gado-gadooo isinya..masih blog suka-sukaaa hehee

    BalasHapus
  20. kalau saya pribadi sih lebih memilih yang niche.dulu pernah yang gado gado, tapi rasanya jadi gak berisi. thanks

    BalasHapus
  21. hai''''semuany ap kbrni...mau cerita penggalaman,aq salah satu penggangur tak punya kerja tetap tapi aq udah ber rumah tangga syukur udah punya anak 3.tapi aq slalu berusaha cr jalan untuk masalah ekonomi keluarga,aq temukan atas nama ki songo dgn noy,085217519919 atau blog dia di www.paranormal-kisongo.blogspot. com awalnya aq takut,penasaran dan takut berdosa ama yg kuasa tp aq cerita am beliau dan dia berikan saran,aq mulai percaya dan 3hari kemudian aq tunggu hasilnya betul nytah dan ada,berkat kisongo aq sekaran udah ada perubahan terima kasih ki,bg anda mau sperti aq slkn berurusan dgn aki yg pting anda sopan.wassalam

    BalasHapus
  22. btul bun aq percy krn aq dbntu jg

    BalasHapus

Posting Komentar