Senin, 28 April 2014

Mau Ngeblog, Tapi...

Mau ngeblog, tapi...

Hey pernah ngga sih terlintas yang kayak gitu jaman belom ngeblog dulu. Saya pernah dan ternyata saya ngga sendiri. Banyak teman-teman saya (bukan blogger) yang ngomong ke saya (ntah itu ketemu langsung atau japri) "Pengen juga deh ngeblog kayak kamu, tapi..."

Banyak yang mereka dan saya (dulu) pertimbangkan sebelum memutuskan untuk ngeblog, dan karena saya udah melewati fase ini, saya biasanya dengan sok-sok bijak gitu menyemangati mereka. "Tapi kenapa?" tanya saya.

Mau nulis apa?
Tulis yang kamu suka dan paling dekat dengan keseharian. Kamu sukanya apa sih? Masak? Ya tulis resep masakan. Suka jajan? Review makanan yang kamu makan. Contoh, saya punya dua anak yang ingin mengabadikan kisah mereka, maka saya buat blog khusus cerita anak-anak. Selain itu, saya juga ibu rumah tangga yang sehari-hari mengatur keuangan rumah tangga, saya buatlah blog finansial ala emak-emak. Harus tematik kah sebuah blog? Ya ngga juga. Blog saya yang ini juga isinya campur-campur kok. Saya hanya bikin blog khusus untuk hal-hal yang paling sering saya alami dan jumpai sehari-hari, biar ngga bingung juga mo diisi apa. Punya blog campur-campur juga perlu, karena isi pikiran saya campur-campur. Kadang kala pengen ngomong politik, artis, tempat wisata, dll.

Saya ngga pandai nulis
Sebenarnya sih isi blog ngga melulu harus tulisan ya. Bisa juga foto, ntar dikasih keterangan tulisan dikit. Ngga perlu nulis panjang-panjang dulu, nulis seadanya, semampunya, semaunya, ntar lama-kelamaan jarinya juga lincah sendiri ketak-ketik di atas keyboard. Saya dulu waktu baru ngeblog juga gitu. Bingung mau ngomongin apa. Udah dapet idenya, gantian bingung mulai dari mana. Kalo saya sih, anggep aja nulis itu kayak kita ngomong ke sahabat dekat. Yang terjadi alamiah, mengalir, ngga pake setting-settingan.


Aku, Saya, atau Gue?
Ini juga pernah ditanyain sama temen, dia bingung enaknya kalo nulis di blog itu pake aku, saya, atau gue ya. Kalo saya sih senyamannya aja. Situ kalo ngomong sama orang biasanya pake apa? Ya udah kayak gitu aja. Kalo saya, ngomong ke orang kadang pake aku, kadang pake saya. Tapi nulis di blog rasanya lebih enak pake saya. Kalo misal sekarang pake saya trus besok berubah jadi aku juga ngga masalah sih ya, namanya juga blogger baru, masih mencari jati diri  hehe.

Mau dikasih nama apa blog saya?
Mencari nama blog itu emang gampang-gampang susah ya. Ada orang yang pikir sampe njelimet, ada juga yang nyante, pake nama sendiri sebagai nama blog. Saya aja beberapa kali gonta-ganti nama blog sampe akhirnya memilih nama desperate housewife. Untuk alamatnya, pake nama sendiri karena males mikir lagi hehe. Saran saya sih, bikin blog seadanya dulu aja. Nama dan alamat bisa pake nama sendiri kalo males mikir kayak saya. Kalo tiba-tiba suatu saat mau diganti bisa kok.

Saya kan gaptek
Sammma dong. Dulu awalnya saya mengharapkan si ayah yang bakal membantu saya untuk utak-atik blog, tapi nyatanya sekarang saya yang lebih jago huahaha somboong. Paling dia bantu gambarin banner aja, selebihnya kalo saya ngga tahu ya.. googling tau nanya sama temen-temen blogger yang lebih paham. Tapi kalo cuma bikin blog aja, dengan template standar gampang kok, ntar kan bakal ada petunjuknya pas kita bikin blog.

Kalo nanti lantas saya males posting gimana?
Yah, itu mah urusan nanti, lagian ngga bakal ditangkep polisi kok, tenang aja. Tapi kalo udah ngerasain manfaat ngeblog sih pastinya ngga bakal males. Hehe.

Mungkin masih mau menambahkan "tapi" yang lain? Monggo...

@rahmiaziza

27 komentar:

  1. wah ini saya banget mbak ... sebagai newbie saya kadang - kadang bingung ... tapi ya saya coba-coba terus hehehe

    Kadang ngebleng mau nulis apa, kadang lancar banget. . . Yang penting semangat dan keep blogging terus mbak ... Belajar dan terus belajar... Nice mbak :D

    Salam hangat tanpa gosong dari Jogja

    BalasHapus
  2. Kl cerita sm teman malah tnya balik...ngeblog itu apa sih hehe...aku g bisa nulis.dkira nulis di blog itu kyk nulis skrpisi hahaha.

    BalasHapus
  3. Huhuhu, sama Mbak part gapteknya. Pengennya ngedit template jadi aneh-aneh getuuu XD

    BalasHapus
  4. Tapi, tetep harus menulis :p

    BalasHapus
  5. aku dulu awalnya dari MP nyoba2 gak ngerti apa itu blog trus bikin di WP

    BalasHapus
  6. sama juga ternyata..
    salam dari newbie..
    tros skr mau nulis apa nih.. ^_^!

    BalasHapus
  7. Wah daku diajarin dong..supaya sering update mbak...kalo bs diberi hadiah dong biar aku rajin blogging :))

    BalasHapus
  8. Saya yang hampir lima tahun ngeblog aja kadang2 masih suka bingung mau nulis apa. Dianggap wajar saja. Tapi ya itu, doronga untuk berbagi akan tumbuh terus, kok.

    BalasHapus
  9. kalo mau ngeblog sih ya ngeblog aja ya.. gak perlu dipikir2. hahaha.

    BalasHapus
  10. Rahmiiii...
    aku juga pengen ngeblog...tapiiii...gorden ku yang inspiratif itu lagi dimasukin londri, jadilah aku gak ada ide...hihihi...

    BalasHapus
  11. Tapi nanti dibilang pamer kalau ngeblog...hahaaaa, buatku ngeblog ya ngeblog, kalau ada yang bilang ngeblog itu pamer yaa...berati yang ngomong gitu ngali yaaak..hudah aach, ngeblog ituh enak banget...

    BalasHapus
  12. Saya pakai nama sendiri Mbak, ehm...adarencana mau ganti. Hahahaha.
    Berkaitan dengan aku, saya, dan gue, sekarang lebih sering pakai saya, dulu pakai aku.

    BalasHapus
  13. Teringat banget pertama x ngeblog gara-gara liat salah satu blog di myopera tulisannya dan temanya bagus-bagus banget, jadi ga pake tapi-tapian langsung ikutan. hehehe, tapi ya gitu sering absen.. hehehehe..

    BalasHapus
  14. kalo lagi bingung mau nulis apa di blog, tulis aja kebingungannya. jadi deh 1 postingan hihihi

    BalasHapus
  15. enak ngeblog, bisa ngalor-ngilur, follow the mood :)

    BalasHapus
  16. Enak ya mak ngeblog.Bisa nulis yang penuh dikepala ternyata...

    BalasHapus
  17. Kalau sama orang, menggunakan aku. Tapi, kalau di Blog pake saya, Mba. Itulah GUE. Hahaha

    I Love Blogging. .. :D

    BalasHapus
  18. alhamdulillah...ngeblog bikin nagih, karena banyak hal yg kudapat dari blog... :)
    tapiii....masih sering macet jugak! haha...

    BalasHapus
  19. Yup! betul banget, dulu sih gitu sebelum jadi blogger, sekarang mlaha ketagihan ngeblog apalagi kalau ada GA yang hadiahnya syurrr! sampe rea begadang begiding hehehe

    BalasHapus
  20. Pengen ngeblog udah lama banget, tapi baru kesampaian dua tahunan ini. Kadang males, kadang keluar rajinya bisa nulis ampe 5 tulisan sebulan. Ini versi saya lho ya hahaha...

    BalasHapus
  21. pernah jg ngerasain fase itu..
    akhirnya setelah ikutan yg dpt duit dr blog ketagihan deh
    saat ini 1 id google ku dah ada 60 blog
    1 id di blogdetik sudah ada sekitar 10 blog
    tp yg aktif cuma beberapa, selebihnya parkir domain sewaktu² mau dipake
    salam blogging mbak rahmi...

    siomponk.com

    BalasHapus
  22. Kalau aku, pokoknya nulis, asal bertema radio :)

    BalasHapus
  23. ini terkadang yang suka di pikirkan semua orang jika ingin memulai sebuah blog, semua yang ada di atas semaunya benar. karena saya mengalami sendiri.terima kasih atas artikelnya

    BalasHapus
  24. makasih bos infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  25. di butuhkan otak yang smart :) , semoga bermanfaat terima kasih,

    BalasHapus