Kamis, 06 Maret 2014

CariCommunity.com: Berkomunitas, Bersocmed, dan Berpenghasilan

Terus terang saya baru tahu beraneka macam komunitas setelah aktif bersosial media. Dulunya saya ngeblog sih ngeblog aja sendirian ngga tahu kalo ada komunitas blog. Sampai suatu ketika seorang teman memasukkan ke sebuah grup yang isinya para blogger dan waw ternyata ngeblog lebih seru kalau banyak temennya ya. Selain tentu aja bisa nambah temen, saya juga tahu lebih banyak info seputar blogging, misalnya tips blog atau info lomba blog *ini yang terpenting, catet.

Mencari teman sepassion atau sehobi sekarang bukanlah hal yang sulit. Googling aja, cari komunitas yang sesuai kemudian bergabung di sana. Kalau perlu kita sendiri yang mempolopori membentuk komunitas baru. Jarak yang terbentang tak lagi jadi soal, sudah ada media sosial yang mendekatkan. Banyak loh komunitas yang terbentuknya dimulai dari media sosial.

Harus berterimakasih sama pencipta media sosial nih. Karena mereka kita bisa terhubung satu sama lain. Kita bisa bertemu orang lain yang punya kesamaan meskipun belum kenal sebelumnya. 

Eh tapi kalau direnungkan lebih dalam seharusnya kita yang berterimakasih sama si pencipta socmed atau mereka yang berterimakasih sama kita yang menggunakan produk mereka?

Simbiosis mutualisme lah ya. Jadi sama-sama menguntungkan. Kita mendapatkan fasilitas gratis buat eksis, tanpa perlu belajar IT dulu dan mereka bisa dapet penghasilan dari iklan karena socmednya diramaikan oleh kita. Begitu kan?

Tapi, kalau udah dapet fasilitas bersocmed gratis kemudian dapat pembagian penghasilan juga gimana? Waw keuntungnnya jadi dobel dong. Emang ada yang kayak gitu? Ya ada doong.

Udah pernah denger CariCommunity.com? Sebuah layanan Social Media berbasis Web, yang secara khusus bertujuan untuk memberdayakan Komunitas agar dapat menggunakan teknologi Internet untuk mencapai tujuan dan menghubungkan komunitas-komunitas ini dengan Usaha-Usaha Kecil-Menengah (UKM) untuk keuntungan bersama.

Berbeda dari layanan Social Media lainnya yang dimulai dari fokus Individu, dan berfokus pada memenuhi kebutuhan-kebutuhan individu, CariCommunity dari awal sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunitas.

Ngerasa gaptek? Jangan kuatir CariCommunity sangat mudah digunakan bahkan oleh pengguna komputer pemula. Kita bisa menggunakan CariCommunity untuk mengelola komunitas, tanpa dipusingkan oleh hal-hal membingungkan.

Trus soal bagi hasil itu gimana? 

Jadi, nantinya 10% dari semua pendapatan iklan platform CariCommunity akan dibayarkan kepada komunitas dalam sistem berdasarkan aktivitas.

Dari 10% itu dibagi dua lagi yaitu dana grup dan dana regional. Dana Group 5% adalah bonus yang diberikan langsung ke komunitas sebagai bagi hasil atas pendapatan yang didapatkan dari iklan di forum CariCommunity, dan diberikan langsung kepada bendahara komunitas untuk kepentingan Komunitas. Jadi kalo mau ngadain kopdar, udah ada dananya ngga perlu saweran lagi hihihi.

Sementara 5% nya lagi yang merupakan dana regional merupakan adalah bentuk Corporate Social Responsibility yang dilakukan langsung oleh pengelola CariCommunity di mana disiapkan sejumlah dana per regional daerah (ataupun propinsi dalam kasus Indonesia) yang akan dikeluarkan berdasarkan persetujuan proposal dari komunitas. Misalnya kalo komunitas kita mau bikin semacam konser amal bisa mengajukan proposal untuk mendapatkan dana tersebut.

Waw kebayang dong serunya berkomunitas, bersocmed sekaligus berpenghasilan. Jadi tunggu apalagi, daftarin komunitasmu sekarang yuk.

2 komentar:

  1. eh ada yang baru ya, saya langsung ke sana buat nyari yang cocok

    BalasHapus
  2. double keuntungan ya mbak daftar di caricommunity

    BalasHapus