Rabu, 29 Januari 2014

Hana dan Kemiripan Nama

Banyak hal yang ingin saya ceritakan tentang Hana, salah satunya tentang namanya Amira Raihana.

Hana, hampir tiga bulan hobinya miring2
Jadi, begitu di USG dan katanya anak yang dalam kandungan saya ini perempuan (lagi) ayah langsung blang, pengen ntar namanya Hana. Awalnya rada kurang setuju, karena tantenya si Ayah ada yang namanya Hana, kok kesannya kayak ngga kreatif gitu ya.

Kira-kira memasuki bulan kesembilan kehamilan saya mula nyari-nyari nama. Karena Ayah pengen namanya Hana ya wis ditturutin aja. Saya cari-cari di internet, untuk nama panjangnya Hana. Ketemu nama Raihana, kalo di web itu sih katanya artinya jiwa yang baik, tapi kalo kata Papa (eyangnya Thifa) artinya harum dari kata Raihan pada bahasa Arab. Sayapun mengajukan nama Raihana itu, ayah setuju, papa juga bilang katanya bagus.


Sayapun mencari satu kata lagi buat namanya. Asalnya mau Almira, tapi saran Papa Amira saja yang artinya pemimpin. Sibngkat kata singkat cerita sepakatlah kami dengan nama Amira Raihana, Pemimpin yang harum atau Pemimpin yang berjiwa baik.

Kalo dipikir-pikir, kedua anak saya namanya mirip sama anaknya kakak, Raihan Fatih. Yang satu namanya Thifa, kebalikan dari Fa-tih. Dan yang kedua Raihana, cuma beda satu hurup aja dengan nama depannya Fatih. Awalnya Papa menyarankan namanya Raihana Alfaiza. Alfaiza artnya juga bagus tapi saya lupa apa, dan bisa juga berarti singkatan dari Alfa dan Rahmi Aziza. Tapi saya menolak, kalo Alfaiza mirip sama namanya kakak kedua dong Faza. Masak dari dua kata namanya mirip smua sama sepupu-sepupunya.

Ternyata mencari nama itu tidak mudah ya, butuh pertimbangan sana-sini. Bukan hanya ayah ibunya aja, tapi sampe ke eyang-eyangnya juga, takut aja sih kalo udah dibuat akte eh ternyata arti nama dari si anak itu jelek, jadi perlu dikonsultasikan sama yang lebih paham.

Kalo kamu pernah ngerasain rempongnya cari nama juga ngga sih?

@rahmiaziza

21 komentar:

  1. banget mak. soalnya kelg suami 11 bersaudara nama depan pk D semua. trus nama anak2nya jg harus alias wajib pk D sbg nama depannya. anak saya 2 laki smua smtara ipar saya yg laki jumlahnya 6 dan ponakan sy yg laki2 dah ada 7. jadilah ngublek2 kamus. sampe sy ngopi kamus bahasa jawa kuno dan sanskerta dari teman, khusus di bagian D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waak.. 11 bersaudara, bisa bikin kesebelasan dong mak hihihi, kalo aku empat bersaudara inisialnya RA semua

      Hapus
  2. Iya. Agak drama juga dulu waktu pilih nama Aaqil. Yang Ti Yangkungnya sempet protes. Hihihi. Alhamdulillaah karena kuasa Allah yang kasih respon ke jabang bayi, si calon bayi pun ikutan pilih namanya. Dan ternyata kapan hari kondangan ketemu sama temen kuliah yang nama anaknya mirip banget. Anak saya Aaqil Omar, anaknya temen Umar Aqila. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nolak saran kakek nenek ngga enak juga ya mas, itu namanya persis banget cuma bolak-balik aja yaa hihi

      Hapus
  3. hehehehe....namaku pasaran bangetttt hehe,jadi teman2lah yg kreatif nyari nama buat pangilanku biar g bingung kl ketemu nama yg sama ^^...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu pas smp, ada temenku yang namanya juga sama kayak aku mak, sekelas pulak

      Hapus
  4. hehehe, dulu juga pas nyari nama buat adekku sampe harus nyari yang cocok dulu. biasanya bapaknya yang lebih heboh, kalo emaknya sih yang penting anaknya punya nama bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dua anakku sih yang nyariin nama aku, kasih beberapa pilihan. ntar diajuin ke ayahnya setuju apa ngga.

      Hapus
  5. oh,,iyaa mak,,repot bgt milih nama,,coz nama kn seperti doa ke anak kita,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kakakku dulu udah buat akte, namanya dirubah karena kata eyangnya nama itu artinya kurang baik

      Hapus
  6. Aku aja sampai detik terakhir masih berantem masalah nama, hehehe. Sungguh pertempuran sengit yang akhirnya aku menangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, selamat mbak udah jadi pemenang :D

      Hapus
  7. kakak ku waktu mencari nama anaknya sampai muter-muter gramedia tuk beli buku nama-nama baik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin buku kumpulan nama anak kayaknya bakal laris ya hihi

      Hapus
  8. walah mak, saya tuh repot banget cari nama anak pertama. akhirnya, menyerah dan dicarikan ipar saya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepupuku juga ada yang minta tlg bapakku untuk nyariin nama anak

      Hapus
  9. Nama yang penting kan baik dan mengandung doa mbak...walaupun sama ya tidak masalah to..pastinya tidak akan sama semuanya, paling awalan atau akhiran saja.

    Salam kenal
    Edi Padmono

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. pasti bakal ada yang sama ya, kecuali mau bikin nama yang aneh2 hihhi

      Hapus