Selasa, 10 Desember 2013

Si Peniru

Sudah sewajarnya kalau anak batita memasuki fase suka meniru. Apa saja. Mulai dari dialog di tv sampe percakapan mamanya sama bakul sayur juga ditirunya.

Yang harus diwaspadai di fase ini adalah... bukan hanya temen-temen sepermainannya atau tayangan yang ditontonnya. Tapi diri kita sendiri, iya orang tuanya, khususon emaknya yang paling sering bersamanya.

Percaya... kalo emak ngga mungkin ngomong jorok, kasar atau sejenisnya di depan anak karena takut ditiruin *tapi entah ya kalo anak ngga ada hihihi.

Tapi yang perlu diperhatikan bukan hanya itu, pemilihan katanya juga. Jadi... di depan anak usahakan jangan menggunakan kata, yang jika ditirukan oleh mereka akan berubah menjadi kata-kata yang tidak pantas diperdengarkan secara bebas.

Misal nih ya, waktu nelpon ke klinik bersalin mau daftar buat kontrol kehamilan. Lebih baik gunakan kata PERIKSA atau CEK daripada KONTROL. Kenapa? ya tahu sendiri lah anak batita gitu loh masih susah mengucapkan huruf "R". Maksudnya sih mau niruin kata kontrol tapi jadinya.... *sensooor

12 komentar:

  1. anak-anak memang peniru ulung ya mbak, kita sebagai orang tua harus hati-hati :)

    BalasHapus
  2. ngikut kata mbk lidya,anak2 memang peniru ulung hehhe...

    BalasHapus
  3. apalagi kalau liat tivi, pasti udah bisa goyang caesar semua mbak, hehe

    BalasHapus
  4. Hihihi... aku nyetel lagu kesukaanku berulang kali, padahal lagu Jepang, eh sepupuku yang masih 6 tahun udah apal aja sama nadanya meski liriknya ngaco ngaco ngomongnya :D :D

    BalasHapus
  5. haha, ada2 aja, mba :D tapi kadang ada ibu2 yang suka ngomong jorok, mungkin pas ngumpul sama temennya

    BalasHapus
  6. Hati hati lho mbak , kalo kl anak masuk kamar waktu Mbak berduaan sama Mas Robby hihi

    BalasHapus
  7. emaaaang...
    aku pun selalu hati2 kalo ngomong di depan anak2...
    Kalo mau ngomong rahasia ama abah sering pake bahasa isyarat..hihihi...

    BalasHapus
  8. Bener, Mak. mesti ekstra hati-hati..

    BalasHapus
  9. Bener bgt tu mak, jgn kan kata2 kelakuan pun ditiru lho. Pernah suatu kali aku liat nadia main boneka Trs pura2 marah gtu, nah itu gaya maraknya persis kya aku, tgn di pinggang Trs ngomel2 ga jls gtu... Hiks... Isin tenan aku :(

    BalasHapus
  10. Iya, Mak
    Babyku aja juga udah ketauan bakal jadi peniru ulung sikap ortunya hehe
    Mesti belajar jadi ortu bijak neh :D

    BalasHapus