Rabu, 26 Juni 2013

Thifa, Mama, dan Musik

Cherrybelle style-nya Thifa
Sebulan ini Thifa udah mulai sekolah lo. Cuma seminggu sekali, tapi lumayanlah untuk kegiatannya di luar. Apalagi udah sejak lama Thifa ngerengek-rengek pengen sekolah, karena ngeliat anak tetangga yang biasa main dengan dia udah masuk TK.

Pelajaran favorit Thifa di sekolah adalah musik. Kalo gurunya udah putar lagu, dia paling bersemangat. Padahal awalnya, Thifa itu ngga mau lepas dari emaknya, disuruh ngapa-ngapain sama gurunya, pasti emaknya ikut diseret-seret. Eh begitu musik dimainkan, dia langsung bergoyang mengikuti gerakan gurunya, sampe maju-maju ke depan, dan tanpa sadar udah jauh dari emaknya. Setelah agak lama, trus noleh ke belakang baru ngeh, kalo posisi saya dan dia begitu jauh, langsung deh lari lagi ke pangkuan saya.Hihihi lucu.

Kesukaan Thifa akan musik sebenarnya sudah keliatan sejak lama. Tiap kali dia mendengar suara yang berirama dia pasti akan bergoyang-goyang. Ngga cuman lagu aja lo, bahkan mendengar suara burung berkicau, saya ngulek bumbu, atau tukang ngetok-ngetok paku dengan palu, anggota badannya langsung ikut bergerak. Kalo suaranya berhenti dia langsung bilang “Mah.. lagi mah.. lagi.” Thifa.. masak mama sepanjang hari disuruh ngulek siiih?!

Kalo kata orang-orang, prilaku anak itu bisa jadi terpengaruh karena kebiasaan ibunya pada saat mengandung kan ya. Nah, dari situ saya berpikir, mungkin Thifa jadi begitu suka musik karena selama hamil Thifa, saya siaran radio.

Siarannya di radio online. Jadi, saya bisa siaran hanya dari dalam kamar. Hampir sama aja sih kayak siaran di radio biasa. Bacain informasi, muterin reques lagu dan salam-salam. Tapi interaksi sama pendengarnya lewat chatroom.

Pendengar bebas request lagu, tapi mau saya puterin apa ngga, ya tergantung penyiarnya dong, yaitu saya hihihi.

emak sama anak keren yang mana nih?

Kalo lagunya menurut saya enak, ya saya puterin. Tapi, kalo yang di request ngga cocok dengan telinga saya, biasanya sih  alesan, entah itu lagunya ngga sesuai format acaralah, atau kasetnya lagi dipinjem sama tetangga sebelah hihihi.

Emang lagu yang enak versi saya itu kayak apa sih? Ya yang musiknya asyik dan liriknya juga oke. Ngga bisa nyebutin nama penyanyi, judul lagu, atau satu genre musik aja. Saya suka jazz, tapi ngga semua lagu jazz saya suka. Saya ngga begitu suka dangdut tapi ada juga sih lagu dangdut yang saya suka. Pokoknya selera musik saya ngga bisa di generalisir lah. Kadang tergantung suasana hati juga. Pas lagi seneng, pengen dengerin yang ceria. Kalo lagi sedih, suka nya denger yang mellow-mellow sambil melihat hujan turun dari balik korden biar makin berdarah-darah.

Ada pengalaman yang tak terlupakan pada saat saya siaran radio online. Waktu itu siaran perdana saya. Di detik-detik acara akan selesai, ada pendengar yang request lagunya Gigi, judulnya Ya ya ya. Berhubung saya ngga pengen ngecewain pendengar dan lagu itu juga saya suka, saya berusaha nyariin. Udah ngubek-ngubek isi komputer ternyata saya ngga punya lagu itu. Nyari di komputernya ayah juga ngga ada. Akhirnya saya download deh tu lagu di tempat download yang gratisan. Biasanya sih sebelum lagu diputer, saya dengerin dulu sendiri. Ya kali-kali aja audionya kurang bagus alias ngelokor. Tapi karena waktunya mepet, mana sempat. Begitu selesai download, saya langsung mengucapkan kata-kata perpisahan pada pendengar. “Sebagai penutup, sebuah lagu dari Gigi Yayaya, special di request sama Gunawan yang ada di Denpasar. Saya rj amie pamit, sampai jumpa..” Klik! Musikpun mengalun.

Tiba-tiba, ngek-ngok-ngek-ngok…. Aihh.. kenapa jadi dangdut begini. Lah kok suaranya Roma Irama yang muncul. Huaa. Chat room langsung rame. “Eh lagu apa nih? Gigi versi dangdut ya..? Siarannya amie dibajak nih pasti”

Huhuhu daku tertipu. Dalam hati langsung mengutuk mahluk yang tega-teganya meng-upload lagu Rhoma tapi menuliskan nama Gigi pada file-nya. Merusak siaran online pertamaku yang seharusnya sempurna.

Begini emang kalo download lagu secara illegal. Bagaikan membeli *eh nyolong kucing dalam karung.

Besok-besok mending kalo nyari lagu di tempat yang berlisensi aja. Di langit musik misalnya. Di sini kita bisa mendownload lebih dari 800.000 lagu lokal maupun internasional. Kualitas suaranya ngga perlu dipertanyakan dan pastinya kita ngga akan tertipu, mendownload lagu Gigi padahal isinya Rhoma Irama.


20 komentar:

  1. hahahahahahaha.... dulu sy juga pernah download cobalah mengerti-momo eh yg keluar lagunya kanjen band... *eh kok ngaku ya..

    BalasHapus
  2. kayaknya mulai sekarang kudu narsis ya, apa2 di foto *salut ma mak Rahmi yang bisa matching-in foto ma postingan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbagai blogger kayaknya emang kudu gitu mak, karena postingan tanpa photo bagaikan sayur tanpa masako, *lo

      Hapus
  3. Yang paling ngeselin tuh kalo download lagu dan ketika diputar suaranya malah gak jelas mba hehehe...
    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo di tempat donlot yang abal2 emang suka gitu ya mba

      Hapus
  4. wah ketahuan deh mba.. kalo ternyata mau reuest lagu penyiarnya langsung bilang ' maaf lagunya ngak ada diganti lagu lain aja ya" heheh...

    salam kenal, n sukses ku juga ikutan nih kontes,http://newmyinspirationsister.blogspot.com/2013/06/musik-yang-asyik-buat-si-galau.html jangan lupa mampir yooo :

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pnyiar slalu punya 1001 alasan untuk tidak memutar lagu yang tidak disukainya hehe

      Hapus
  5. horeee.. Thifa sama persis kayak aku, sama-sama punya mama yang 'doyan' sama musik :D

    BalasHapus
  6. ahahah...

    ayoo tifa marahin mama kok lagunya ganti haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. om Ari aja yang dusruh nyanyi ntar Thifa joget2 :D

      Hapus
  7. Itu Thifa saat kecil tembeem ya, imuuut. :D

    Aku juga suka jazz, MBa. Enak alunan musiknya. :)

    BalasHapus
  8. Haha..
    Trimakasih atas partisipasinya dalam lomba menulis blog "Musik Yang Asyik", ya, Mbak. Sukses selalu untukmu dan kita semua. Saleum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw, waw juri udah berkunjung, makasih mba Al kunjungannya :)

      Hapus
  9. Keren tuh, mbak foto2nya bisa matching. Liat foto chubbinya Thifa jadi gemes. Hehehe. Semoga sukses dengan lomba blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat fotoku bikin gemes ngga mak hihih

      Hapus
  10. Balasan
    1. sama cantiknya ya mana Calvin hihihi

      Hapus