Jumat, 24 Mei 2013

Ibu-ibu Doyan Nulis Bukan Pengangguran

Rahmi Jr. sedang nulis nih :D
Sebenarnya saya tipikal orang rumahan yang betah berlama-lama di rumah, asalkan satu syaratnya ada internet!

Kenapa internet? Ya karena dari sana saya bisa melihat dunia meskipun hanya berada di dalam rumah. Apalagi setelah adanya facebook kemudian mengenal blog, rasanya jadi tambah gaul ajeh. Terpatahkan deh tuh pendapat orang-orang yang mengatakan wanita yang ngga ngantor sama dengan minim pergaulan. Mereka yang bilang begitu pasti belum mengenal peradaban deh hihihi.

Tapi lama kelamaan di rumah terus ternyata juga bikin jenuh ya. Udah kayak katak dalam tempurung, pengangguran tingkat akut. Mulai goyah dengan status di KTP "Mengurus Rumah Tangga". Kok rasanya kurang keren, itu seperti istilah lain untuk "ibu-ibu pengangguran", hiks.

Pengen jalan keluar, tapi bingung juga mau kemana. Apalagi Semarang ini kan minim tempat wisata yah. Eh sebenarnya banyak ding tapi sayang ngga dikelola dengan baik (menurut saya loh..). Paling-paling ya ke mall. Tapi gimana wong saya juga bukan tipikal orang yang suka jalan-jalan ke mall. Habisnya kalo belanja di mall ngga bisa nawar sih hihihi *naluri emak-emak*.

Mau ngajak temen jalan.. ah mereka kan juga udah punya urusan masing-masing susah juga. Pengennya sih kalo keluar rumah, keluar yang bermanfaat gituh.

Suka iri ngeliat temen-temen blogger atau penulis ikut kegiatan ini dan itu.. Sayang di Jakarta, mau ikut berat diongkos. Mbok sesekali ngadain kegiatan di Semarang gitu *yang ini giliran mereka yang berat diongkos hihihi*.

Suatu hari dikala sedang blogwalking, seorang blogger menyebut-nyebut nama Wuri Nugraeni yang merupakan salah satu anggota komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang. Baru tahu saya kalo ternyata di Semarang ada komunitas penulis juga. Langsung saya cari nama itu di FB, kemudian tanya-tanya tentang komunitas IIDN.

Singkat cerita saya bergabung dengan komunitas IIDN Semarang yang koordinator wilayahnya adalah Dewi Rieka. Seorang penulis yang sudah tidak asing namanya bagi saya. Karena beberapa bukunya udah pernah saya baca. Sebagian besarnya sih minjem hihihi.

Setelah itu sayapun aktif mantau grup FB IIDN Semarang dan mulai mengenal beberapa nama lain yang sering bersliweran di grup seperti Lygia Pecanduhujan.

Sayapun akhirnya tahu kalau IIDN ini ternyata berpusat di Bandung tapi cabangnya sudah sampai dimana-mana bahkan luar negeri. Didirikan oleh Indari Mastuti yang juga merupakan pemilik dari Indiscript Creative *owner disebutnya malah belakangan hihihi mapkeun...*

Nah karena IIDN ini ada dimana-mana termasuk Semarang, kita-kita jadi bisa berkegiatan dengan bendera IIDN. Lebih bergengsi gitu loh. Suka dapet undangan juga mengikuti event-event secara gratis. Diminta untuk wawancara dimana-mana *berasa artis*, trus masuk koran (kalo yang ini kok ndilalah selalu yang pas ngga ada akunya ya *dengki).

Banyak manfaat yang saya rasakan setelah bergabung di IIDN. Nambah temen, nambah ilmu, kenalan dengan para penulis hebat, dan yang nggak kalah pentingnya membuat saya tidak lagi merasa menjadi pengangguran akut. Ibu-ibu doyan nulis ituh bukan pengangguran loh. Meskipun kebanyakan di rumah kita juga punya kegiatan yaitu nulis. Dan menulis pun bisa menghasilkan kalau kita mau bersungguh-sungguh.

Selamat Ulang Tahun yang ke-3 IIDN. Terimakasih untuk mbak Indari yang telah mempersatukan kita dalam komunitas ini. Sukses selalu untuk kita semua, para penulis dan calon penulis hebat. Aamiin...



12 komentar:

  1. met ultah IIDN
    Moga fotonya Mak Rahmi kelak bisa nampang di media massa :-)

    BalasHapus
  2. Sayang ketika di Semarang aku menjadi Ibu Rumah Tangga yang setia...cuma ngurus anak, komputer cuma googling menu makanan tanpa ngelirik ke medsos...

    Selamat Ulang Tahun IIDN

    BalasHapus
  3. happy milad IIDN...baarakallah :D

    BalasHapus
  4. met ultah IIDN..

    idiihh Thifaa ikuut mejenk :D
    #tetep emak2 slalu ada buntut

    BalasHapus
  5. aku mau gabung dong mbaa... ajakin dooong :D

    BalasHapus
  6. Wuih jadi makin bermanfaat ada d rumah :-)
    Smg g jenuh lagi
    seruu deh,aku d bandung mau gabung dong :-)

    BalasHapus
  7. syarat masuk group ini harus bisa menulis ya?

    BalasHapus
  8. met ultah IIDN.. wow Thifa nampang juga tuh jadi anggota paling muda

    BalasHapus
  9. Met ulang tahun yan gke-3 untuk IIDN. . .
    Aku juga anggota IIDN, tapi kurang aktif, Mba. :)

    Mba Dedew?
    Aku tau, kenal, pernah nyumbang pas acara GA Langkah Catatanku, Hihihihi

    BalasHapus
  10. keren nih tulisan...
    like this yo...

    BalasHapus
  11. Ih kok belum main kemari ya... seru kopdarnya :)

    BalasHapus