Sabtu, 27 April 2013

Sekolah Untuk Thifa

Thifa sekarang sih baru dua tahun lebih beberapa bulan, masih lama memang sekolahnya, tapi saya dan ayah udah memikirkannya dari sekarang.

Apalagi thifa sering bilang "Kakak mau sekolah, tas kakak mana?" Yah namanya anak kecil, liat anak-anak yang gedean dikit dari dia menyandang tas, mau berangkat atau pulang sekolah kepengennya ngikut.

Ayahnya sih sebenarnya kepengen thifa home schooling aja. Tapi saya bilang, "Ya kita liat sikonnya, kalau thifa memang pengen sekolah biarin aja, ngga usah dipaksa home schooling, tapi tetep kita pantau juga gimana sistem pembelajaran di sekolahnya."

Di Semarang sini ada yang namanya sekolah alam. Saat ini jenjangnya mulai dari PG sampai SMP. Tempatnya juga lumayan deket dari rumah. Sempet kepikiran ntar masukkin thifa di situ aja. Tapi habis liat-liat websitenya kok jadi ragu ya.

Masalahnya jam belajar di sana panjang banget. Sekolahnya Senin - Jumat, dan untuk waktu belajarnya sebagai berikut:

  1. PG  : 8.00 - 10.00
  2. TKA   : 7.30 - 11.00
  3. TKB   : 7.30 - 11.30
  4. SD 1-3  : 7.30 - 13.30
  5. SD 4-6  : 7.30 - 15.00
  6. SMP  : 7.30 - 15.00
Apa memang trend sekolah sekarang seperti itu ya? Apakah anak tidak terbebani dengan jadwal belajar yang panjang? Apakah anak nantinya masih punya waktu untuk bermain atau mengembangkan bakatnya di luar pelajaran sekolah?


Masih bimbang dan galau nih, smoga saja pada saatnya thifa sekolah nanti sudah ada keputusan yang terbaik untuknya. Kalo sekarang sih belajar di rumah dulu sama mama ya nak :D

15 komentar:

  1. Kirim salam buat Thifa Mbak...
    Kalau sekolah alam mungkin asyik sih mbak, sekolah sambil main, jadi saya fikir gak terlalu terbebani :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, ntar deh tak cari2 info dulu ke sekolahnya

      Hapus
  2. jam sekolahnya panjang mungkin karena sabtu nya libur bukan? kalo dulu kita sekolah cuma sampe jam 1 tapi kan sabtu nya masuk.

    tapi emang ribet sih kalo sekolahnya sampe sore gitu. sekolah Andrew soalnya juga gitu, sampe jam stg 3. jadinya kalo abis itu udah kecapean gak bias ngapa2in lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ternyata di LA juga gt ya, aku pernah baca2 di Belanda sama Finlandia katay cuma tiga kali sminggu, sehari juma 4 jaman

      Hapus
  3. Itu sekolah yg di bukit kencana bukan?aku lupa namanya. Anaknya kenalanku dulu skolah disitu, setahuku sih disitu skolahnya emang bagus. Wah, itu jam skolahnya panjang mngkin krn dpt jatah dari yg hr sabtu. Meski panjang, tp kan sabtunya libur mba...klo mo ada acr pas sabtu ga perlu deh thifa bolos hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Ar Ridho namanya, ntar coba deh tanya2 sana dulu, kalo thifa udah mau skolah, masih lamaaa haha

      Hapus
  4. kalo home schooling nanti gag ada temen dong mba..
    aku dengar kurikulum pendidikan 2013 mau ada pengurangan jam belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Homeschooling kan bukan berarti di rumah terus SYifa, dia diajak belajar outdoor juga biar ktmu brbagai macam orag, tapi emaknya kudu belajar keras sih biar bisa ngajarin, repot juga hehe

      Hapus
  5. Liat apa yg dpelajari mi, nai jg segitu jam belajarnya tk A tp ya main aja hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya juga sih, habis ikut sminar kak seto kmrn jadi mikir2 soal pndidikan thifa

      Hapus
  6. Alde kyknya tk a aja br skul, kl dia ngga merengek hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alde skolah bareng thifa aja yuuuk :D

      Hapus
  7. saranku sih mbak ya...bukanya sok tahu lho ini....

    mending disekolahin di sekolah yg pada umumnya dimana anak tidak terbebani dengan lamanya di sekolah dan dibebani dengan mapel2 tambahan.emang bagus sih mbak tapi kasian juga kalau anak kecil dijejali porsi yg berlebihan dari pola pikir mereka.

    atao thifa disekolahin di sekolah tante ajah..xixixix...yg pasti pendidikan anak yg paling utama dan nomer satu TOP BGT itu dari keluarga :)

    BalasHapus
  8. piye kalau saya jadi guru Thifa mbak.. materinya ngeblog dan pencinta alam

    hahaha.. eh selamat buat papan nama rumahnya yang baru ya... kereeeen

    BalasHapus