Senin, 25 Maret 2013

Thifa Suka Jalan-jalan


Waktu Thifa masih bayi banget, paling malas mengajak dia jalan-jalan  jauh. Jangankan pergi jauh,  ke rumah neneknya yang jarak tempuh hanya sejam dari rumah saja sudah repot, bawaannya segambreng, seperti mau pindahan rumah. Mulai dari baju, popok, perlak, selimut bayi, troller, bonchair, penuh deh tuh isi mobil.

Sekedar jalan-jalan ke mall juga jarang. Kecuali kalau ada orang dewasa lain yang menemani entah itu ayah atau eyangnya. Mau pergi berdua aja dengan Thifa? Waw, siapa nanti yang mau gantian menggendong, belum lagi kalo dia rewel, atau tiba-tiba di jalan saya kebelet pup hihihi.

Tapi, setelah Thifa usia di atas setahun, bosan juga di rumah terus, jenuh menjadi katak dalam tempurung, hehe. Ingin aktif lagi ikut kegiatan yang sempat vakum setelah berbagai kerepotan mengurus baby. Apalagi setelah Thifa mulai bisa jalan dan sudah tidak ngompol lagi, rasa-rasanya bepergian meskipun hanya berdua dengan Thifa sudah bisa lebih santai. Bawaannya juga sudah tidak sebanyak dulu.


Thifa jalan-jalan
Jalan-jalan sama Kakek di Malioboro

Tapi ya yang namanya pergi dengan anak kecil apalagi cuma berdua, tetap harus memperhatikan persiapan jalan-jalan. Ibu mertua saya yang paling sering mewanti-wanti dan mengingatkan ini itu. Katanya, setiap kali  mau jalan-jalan dengan thifa, saya harus membawa:
  1. Baju ganti yang agak banyakan. Selain anak mudah berkeringat, bisa jadi di perjalanan bajunya ketumpahan makanan atau minuman, kan kasihan kalo kehabisan pakaian.
  2. Makanan seperti biskuit, roti, atau wafer dan minuman terutama air putih.
  3. Payung, ntah mau naik mobil pribadi atau kendaraan umum, perlengkapan yang satu ini harus selalu ada. Kasihan thifa kalo turun dari mobil harus kehujanan atau kepanasan.
  4. Obat-obatan, seperti obat flu, pusing, diare, masuk angin, plester untuk luka, dsb. Bukan hanya buat thifa tapi untuk ortunya juga. Kalau ortunya sakit pasti anak juga akan merasa ngga nyaman kan.
  5. Uang, yang ini juga wajib yah, takutnya di jalan tiba-tiba ada keperluan si kecil yang harus dibeli saat itu juga. Kalo lagi ga punya uang sih saya ngga mau ngajak thifa pergi jauh-jauh, beresiko. 
Sekarang di usianya thifa yang sudah menginjak dua tahun lebih, tidak perlu menunggu saya mengajak dia jalan. Tiap kali melihat emaknya dandan rapi dia pasti langsung bilang, "Mau ikut!" Begitupun kalau melihat ayah, eyang, atau tantena sedang bersiap-siap mau pergi.

Di usia ini dia juga sudah mulai lebih mengenal orang terdekat lain selain ayah dan ibunya. Dia sering menanyakan eyang, tante, om, dan saudara sepupunya. Untuk para bunda yang punya anak seusia Thifa, jangan kaget kalau tiba-tiba si kecil minta jalan-jalan. Bahkan terkadang sedikit memaksa, maunya pergi saat itu juga tidak boleh ditunda-tunda.

Seperti Thifa kemarin tuh, rewel banget minta diajak ke rumah sepupunya yang ada di Kudus. Karena ayahnya lagi ada pekerjaan, akhirnya saya dan thifa hanya berdua ke sana naik bis. Siang-siang, bis nya yang kebetulan tersedia hanya bis ekonomi, tanpa AC. Sempat khawatir jangan-jangan nanti dia rewel karena kepanasan, sumpek, atau rasa tidak nyaman lainnya. Tapi Alhamdulillah dia terlihat senang-senang saja tuh. Bahkan pernah di lain hari saya tanya “Thifa mau naik mobil apa motor?”. Jawabannya,”Bis!” Hehehehe.



13 komentar:

  1. mantabh persiapannya Mba Rahmi. Bisa dicontoh nih kapan-kapan kalo mau jalan berdua aja sama anak.. :)

    BalasHapus
  2. Pantes, thifa sering diajak kopdar juga hehe

    BalasHapus
  3. uwaaa,senengnya thifa jalan2 yaaaa.....yg penting sehat terus ya sayang,biar bundanya senang :D

    BalasHapus
  4. Thifa juga seneng jalan2, ya :)

    BalasHapus
  5. iya anak2 mah gampang bosen kalo di rumah terus ya... :)

    BalasHapus
  6. keren deh bundanya tifa ini ;)
    persiapannya ditel banget :D

    BalasHapus
  7. anak sehat bisa jalan-jalan terus ya :)

    BalasHapus
  8. Rahmiiii..
    emang sih, asalkan udah bisa jalan dan udah bisa makan nasi ajah...
    lebih praktis deh kalo bepergian :)

    gak ribet harus gendong dan bawa bawa bubur kan yah...

    BalasHapus
  9. Jangankan Thifa,
    Om aja suka jalan2 tapi ga pernah minum vitamin

    BalasHapus
  10. Sippp...boleh dicontoh deh persiapannya..klo anakku hobby naik angkot, klo naik bis katanya takut (pdhl belum pernah naik bis??) mba rahmi, sevenseas keluaran mana ya??hehehe...mahal ga sie mba??sapa tau anakku cocok,hehehe...mo ikutan...

    BalasHapus