Sabtu, 16 Februari 2013

Aceh, Berawal dari Sebuah Cerita...

Tau Jono kan? Itu loh warga Negara Inggris yang juga bassis dari band Indonesia beraliran blues, Gugun Blues Shelter.

Beberapa waktu lalu dia jadi bintang tamu acara Hitam Putih Trans7. Di acara itu dia cerita kalo pertamakali menginjakkan kaki di Indonesia pada awal tahun 2000 di Aceh. Awal mulanya ada seorang kawan yang bercerita bahwa ada tempat yang sangat indah namanya Sabang, letaknya di Aceh Indonesia. Ia juga ditunjukkan beberapa foto yang kemudian membulatkan tekadnya untuk pergi mengunjungi ke Aceh.

Cerita Jono membuat saya kemudian penasaran dengan Aceh. Kenapa Aceh? Saya pikir   setiap orang asing datang ke Indonesia untuk berwisata, yang pertamakali dikunjunginya, kalo ngga Bali ya pasti Jakarta. Hmmm ternyata saya salah ya?

Saya memang belum pernah ke Aceh. Tapi saya sudah banyak mendengar dan membaca cerita tentang Aceh.


Yang saya tahu, Aceh punya sebutan “Serambi Mekah”. Ada yang bilang ini karena dinamika keislaman yang sedemikian kental di Aceh. Tapi ada juga yang lebih detil menceritakan asal-usulnya. Konon katanya, pada awal masa penjajahan Belanda, ada serombongan calon jamaah haji yang hendak berangkat ke tanah suci dengan menggunakan kapal. Sesampai di Jakarta mereka bertemu dengan pasukan Angkatan Laut Belanda dan digiring untuk berlabuh di Aceh. Para rombongan haji mengira bahwa mereka telah tiba di arab. Dan karena dugaan yang salah itulah maka Aceh disebut Serambi Mekah.


Yang saya tahu bayak sekali Pahlawan Nasional Indonesia berasal dari Aceh. Waktu SD dulu, dinding kelas selalu dipenuhi dengan gambar-gambar pahlawan nasional. Dan ternyata yang berasal dari Aceh banyak ya

Yang saya tahu ada tarian keren berasal dari Aceh namanya tari Saman. Pertama kali saya melihat tarian ini dimainkan temen-temen SD saya saat menjelang acara perpisahan. Terpukau dengan gerakan tepuk-tepuknya yang kompak dan katanya tepukan ini punya makna yang sangat dalam loh.

Yang saya tahu, Aceh termasuk daerah provinsi yang bersifat istimewa dan diberi kewenangan khusus untuk mengatur dan mengurus pemerintahannya.

Yang saya tahu Aceh punya sajian minuman yang sangat unik yaitu kopi terbalik. Kopi ini disajikan dalam gelas terbalik. Katanya sih rasa kopinya lebih kental dan nikmat.

kopi terbalik, sumber gambar: acehkita.com

Yang saya tahu, ada makanan khas Aceh berupa mie kuning tebal dengan irisan daging sapidaging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) dan disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie ini disebut mie Aceh.

Yang saya tahu, Aceh diterjang tsunami dahsyat pada 26 Desember 2004. Untuk mengenangnya telah dibuat museum tsunami di Jl. Sultan Iskandar Muda.

Yang saya tahu, dari gambar yang saya lihat di TV dan internet, pemandangan alam Aceh memang luar biasa indah. Ada banyak wisata alam yang bisa kita kunjungi, seperti Pantai Lampuuk di Aceh Besar, Air Terjun Suhom, Iboih di Sabang, Danau Laut Tawar, dan Gunung Selawah Agam.

Gunung Selawah Agam, Air Terjun Suhom, dan Pantai Lampuuk

Aceh, berawal dari sebuah cerita.. Tapi pasti suatu saat saya akan ke sana, membuktikan sendiri kebenaran cerita itu. Insya Alloh, Man Jadda Wa Jadda…

Mau tahu lebih banyak tentang Aceh, ingin saling menyapa teman dan sanak saudara di Aceh, follow aja akun twitternya @iloveaceh



12 komentar:

  1. unik banget kopi terbaliknya. jadi minumnya itu pake sedotan dari piringnya ya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi penasaran pengen nyoba ya ko, *bikin kopi sendiri trus dibalik di piring*

      Hapus
  2. Dr dlu pnsrn sm aceh....sukses mbk :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh knp snxumny jd jecut gtu hehe....ne senyum aslinya :)

      Hapus
    2. qiqiqi typo nih hati2 ntar bisa terkenal kek Syahrini lo :D

      Hapus
  3. Pingin juga ke Aceh ... saya pernah ke SUmatera tapi di Pekanbaru, MInas (dekat Pekanbaru), Padang, beberapa tempat si SUmbar, dan Batam. KE Aceh belum.
    Oya, moga menang yaa mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa keren udah sampek mana2 mbak.. aku kalo sumatra baru ke medan dan sekitarnya aja, keluarga ibuku kan banyak di sana

      Hapus
  4. ie aceh itu kesukaan.. enak bgt

    BalasHapus
  5. aceh satu2nya daerah yg berani mengeluarkan perda "larangan untuk kaum perempuan berbonjeng ngangkang diatas motor seperti halnya kaum laki2"

    BalasHapus
  6. LANGSUNG INGAT SAMA Mbak Alaika, yg njanjiin kopi trebalknya neh:) hehehe

    BalasHapus
  7. Ayo, ayo, ke Aceh! Pantainya keren, lhooo :) *promosi*

    BalasHapus